|

Tetap produktif di masa pandemi (bagian 2)

Tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan saya sebelumnya, yaitu “Tetap Produktif Di Masa Pandemi”. Hanya sekadar untuk diketahui oleh para pembaca semua yang pastinya pengunjung setia portal trendmarching, bahwa apa yang saya sampaikan di sini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, sebagai aktivis marching band yang mencoba untuk tetap istiqomah di masa pandemi yang sudah berlangsung hingga hampir setahun (saat tulisan ini dibuat).

Pada tulisan saya kali ini, saya ingin berbagai bagaimana tetap berpikir positif supaya otak bisa menemukan ide “gila” yang berlanjut pada tahap menemukan inovasi. Gila di sini bukan gila yang segila-gilanya atau gangguan pada kesehatan, sama sekali bukan, namun bagaimana dengan berpikir positif saya bisa berbikir secara out of the box.

Bagaimana cara berpikir positif? Itu yang sering kawan-kawan tanyakan kepada saya. Bukan berarti saya selalu berpikir positif dalam setiap hal? Secara manusiawi, saya juga selalu terpikir untuk berpikir negatf, seperti mencela, memaki situasi, dan lain sebagainya. Namun ketika saya pikir ulang, sepertinya hal yang saya lakukan itu tidaklah bermanfaat bagi saya secara fisik. Bikin kepala pening, asam lambung naik, emosi, Iya…

Cari sisi positif dari setiap hal. Cari solusi dan lakukan solusinya. Hindari mempermasalahkan solusi. Dalam konteks dunia per-marching band-an, maka saya selaku praktisi sekaligus pegiat drum band di sebuah daerah, saya berpikir. Harus ada inovasi dalam cara mengajar drum band/marching band, setidaknya sama seperti pelajaran lain di sekolah. Jika kegiatan drum band adalah cabang olahraga, dan saya pernah melihat adanya lembar Kerja Siswa untuk pelajaran olahraga di sekolah, maka saat itu terpikir ide gila (menurut saya), untuk meng-LKS-kan “pelajaran ekskul” drum band.

Karena banyak kawan-kawan guru ekskul drum band yang terdampak dengan adanya pandemi ini, maka saya pikir dengan saya membuat LKS, akan sedikit bisa membantu kawan-kawan utamanya di daerah untuk tetap bisa mengajar. Akhirnya berbekal kemampuan menulis dan diskusi dengan beberapa guru TK, saya mencoba membuat LKS dan saya bagikan ke teman-teman yang sekiranya memerlukan. Alhamdulillaah, sedikit bermanfaat di masa pandemi.

Saya yakin, kawan-kawan para pembaca tullisan saya yang tentunya pengunjung setia trendmarching, pasti mempunyai “ide gila”. Beranikan saja untuk mewujudkan “ide gila” Anda. Inshaa Allooh bermanfaat bagi anda dan orang lain.

Tetap semangat untuk berprestasi di masa pendemi.

 

Hendri Cahya Wibowo

_____

-Tetap produktif di masa pandemi (bag. 1)

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=7366

Posted by on Feb 19 2021. Filed under Coach, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply


Recently Commented