|

Miliki Bermacam Tipe Mallet

Sebagai pemain pit instrument atau keyboard percussion, baik sebagai pemain marimba maupun pemain vibraphone, memiliki berbagai macam tipe mallet merupakan suatu keharusan atau bahkan idealnya seperti itu.

Itulah mengapa, pada marimba atau vibraphone biasanya terdapat kantong mallet yang menyimpan bergagang-gagang mallet. Padahal yang memainkan marimba atau vibraphone hanya 1 (satu) orang saja.

Jika memang seperti itu, berapa macam tipe mallet yang harus kita miliki?

Secara umum ada 3 (tiga) macam tipe mallet. Yaitu tipe soft, tipe medium, dan tipe hard   Tentunya ketiga tipe tersebut memiliki karakter suara dan kegunaan yang berbeda-beda.

 

Tipe Soft

Karakter mallet seperti ini biasanya bercirikan diameter kepala mallet yang besar, menggunakan jenis benang yang besar dan berserabut. Suara yang dihasilkannya pun juga lembut dan berkarakter tebal. Cocok untuk digunakan bermain marimba atau vibraphone pada range bawah alias nada-nada bass. Umumnya nuansa lagu atau repertoar yang cocok adalah slow, melo, dan dinamika piano. Ibarat orang ngomong, mallet ini seperti ngomong bisik-bisik.

 

Tipe Medium

Sesuai namanya, mallet jenis ini cocok dimainkan pada marimba atau vibraphone di range tengah. Ibarat orang ngomong, mallet ini ngomong dengan tenaga normal. Tidak bisik-bisik, tidak berteriak. Ciri dari mallet tipe medium adalah, diameter kepala mallet lebih kecil dari mallet tipe soft, dengan gulungan benang yang lebih padat dan tidak berserabut. Mallet tipe ini merupakan mallet yang umum digunakan dalam penampilan-penampilan.

 

Tipe Hard

Ibarat orang ngomong, mallet tipe hard menyajikan suara “omongan” yang lebih keras volumnya, atau cenderung tegas bahkan mungkin bisa dibilang berteriak. Cocok digunakan untuk memukul marimba atau vibraphone pada range atas atau nada tinggi. Ciri khas mallet tipe seperti ini adalah, diameter kepala mallet paling kecil jika dibandingkan kedua tipe sebelumnya yang sudah diulas di atas.

Jika seperti itu, bisakah ketiga tipe mallet di atas digunakan untuk memukul bilah marimba atau vibraphone tidak sesuai dengan range-nya?

Jawabnya adalah BISA, namun akan TETAPI…

Karakter suara yang dihasilkan berbeda.

Misalkan, mallet tipe soft digunanakan untuk memukul bilah range atas, maka dengan kekuatan normal, suara tidak akan terdengar. Bahkan jika menggunakan tenaga ekstra, suaranya pasti masih di bawah ekspektasi.

Saat mallet hard digunakan untuk memukul bilah range bawah, maka karakter suara bass yang seharusnya “membungkus”, jadinya suara bass terdengar “pecah”.

Namun jika memang perlu dilakukan untuk mendapatkan efek suara tertentu, maka hal di atas sah-sah saja dilakukan.

Berapa jumlah mallet minimal yang harus dimiliki oleh seorang pemain keyboard percussion?

Jika Anda menghendaki hanya memiliki sepasang dari tiap-tiap tipe mallet, maka minimal Anda memiliki 3 (tiga) pasang mallet dengan masing-masing tipe berbeda. 1 pasang tipe soft, 1 pasang tipe medium, dan 1 pasang tipe hard.

Namun jika Anda menghendaki sebagai pemain dengan 4 mallet, maka jumlah minimal di atas, maka tinggal dikalikan 2 dari jumlah sebelumya, jadi 6 (enam) pasang, masing-masing tipe sejumlah 2 pasang.

Mengapa di atas saya sebutkan jumlah “minimal”?

Karena selain 3 (tiga) tipe umum, maka ada tipe khusus yaitu tipe soft-medium dan tipe medium-hard. Tipe soft-medium bisa digunakan pada range bawah dan tengah, namun berkarakter tidak terlalu soft dan tidak terlalu medium. Begitu juga untuk mallet tipe medium-hard, karakternya tidak terlalu medium dan tidak terlalu hard.

Lantas ada pertanyaan, “Wah, jadi pemain keyboard percussion harus punya dana banyak, donks???”

Yupz, benar sekali. Jika Anda menghendaki memiliki kesemua jenis mallet dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan. Namun apabila dirasa berat, miliki dengan cara bertahap, sesuaikan dengan budget Anda.

Atau, wrap atau gulung sendiri mallet Anda

Bagaimana caranya wrapping sendiri?

Tutorial di internet banyak tersedia. Perbanyak referensi Anda.

Jadi, selamat bermain mallet dan pastikan Anda memiliki kesemua tipe di atas, untuk menunjang permainan mallet Anda menjadi lebih optimal dan lebih dahsyat.

 

Penulis adalah praktisi mallet keyboard percussion, menerima pemesanan mallet dan reparasi mallet.

FB & YouTube channel          : Hendri Cahya Wibowo

Instagram                                : @hendri_cw

Twitter                                    : @hendricw

e-mail                                      : hendricahyawibowo@gmail.com

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=7419

Posted by on Apr 21 2021. Filed under Drumline, News, News, Pit. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply


Recently Commented