Langgam Event Percussion & Colour Guard Contest 2005

KETENTUAN DAN PERATURAN
COLOR GUARD CONTEST
LANGGAM INDONESIA XVIII/2005
Anjuran
Sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta, dianjurkan kepada calon peserta untuk membaca, mempelajari, dan memahami ketentuan dan aturan lomba yang tertulis dalam proposal panduan ini, agar tidak timbul kekecewaan maupun salah paham.
KETENTUAN UMUM
1. Nama Kegiatan
Color Guard Contest Langgam Indonesia XVIII/2005.
2. Penyelenggara
Marching Band Universitas Udayana bekerjasama dengan Pemda Bali.
3. Motto
Bersaing dalam lomba secara sportif dan bersahabat
Menang dengan rasa Bangga
Kalah dengan sikap Ksatria
Kerjasama dan berlomba dalam suasana kekeluargaan.
4. Dasar Pemikiran
a. Memupuk rasa persaudaraan, kekeluargaan, kebersamaan, tanggung jawab, spotifitas dan kreatifitas.
b. Meningkatkan mutu, prestasi dan kemampuan Color Guard Division di Indonesia.
5. Maksud dan Tujuan
a. Memasyarakatkan kegiatan Color Guard Contest di Indonesia
b. Memberi kegiatan sehat dan terarah, khususnya kepada pelajar, remaja dan generasi muda pada umumnya
c. Membina generasi muda dan berpartisipasi aktif dalam usaha penanggulangan kenakalan remaja
d. Sebagai ajang evaluasi bagi Color Guard Division di Indonesia.
6. Sasaran
a. Menggairahkan lembaga – lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, instansi – instansi dan perkumpulan – perkumpulan untuk membentuk suatu Color Guard Division
b. Memperdalam dan menghayati unsur seni yang dominant dalam Color Guard Division
c. Melalui Kegiatan Color Guard Contest memberi motivasi dalam menciptakan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila
d. Menggalang persahabatan antar generasi muda.
7. Waktu dan Pelaksanaan
Hari / Tanggal : Sabtu, 09 Juli 2005
Waktu : 13.00 Wita – Selesai
Tempat : Gor Yuwana Mandala Tembau
8. Peserta
Peserta adalah semua unit Divisi Color Guard di Indonesia yang telah mendaftarkan diri dan bersedia mentaati Ketentuan dan Peraturan Color Guard Contest Langgam Indonesia XVIII/2005.
9. Pendaftaran dan Uji Coba Arena
Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
Pendaftaran diterima selambat – lambatnya pada saat Technical Meeting Terakhir tanggal 26 Juni 2005.
Technical Meeting I dilakukan pada :
Hari / Tanggal : Minggu, 29 Mei 2005
Waktu : Pukul 10.00 Wita – Selesai
Tempat : Sekretariat Marching Band Universitas Udayana
Jl. Dr. R. Goris No. 10, Sudirman – Denpasar.
Technical Meeting Akhir dilakukan pada :
Hari / Tanggal : Minggu, 26 Juni 2005
Waktu : Pukul 10.00 Wita – Selesai
Tempat : Sekretariat Marching Band Universitas Udayana
Jl. Dr. R. Goris No. 10, Sudirman – Denpasar.
Uji Coba Arena
Uji coba arena dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Jum’at, 08 Juli 2005
Waktu : Pukul 08.00 Wita – Selesai
Tempat : Gor Yuwana Mandala Tembau Denpasar.
Biaya uji coba arena sebesar Rp. 80.000,00 / jam ( max 1 jam untuk uji coba arena bagi masing – masing unit ).
Pembayaran dapat dilakukan melalui :
Bank Mandiri , No A/C : 145.000.403.064-5
Atas nama : Kecana Wulan A.A. Sg. QQ Marching Band Unud
( dan Melampirkan Bukti Pembayaran melalui rekening pada saat pendaftaran ).
10. Pengunduran Diri
Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran dan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
11. Daftar Nama dan Tanda Pengenal
a. Peserta Color Guard Contest akan menerima “Blanko Daftar Pemain” yang memuat data pemain inti, pemain cadangan dan official. Blanko tersebut wajib diisi oleh peserta Color Guard Contest dan diserahkan kembali kepada panitia selambat – lambatnya H-3 , tanggal 05 Juli 2005.
b. Berdasarkan Blanko Daftar Pemain tersebut, panitia aka mengirimkan “Blanko Tanda Pengenal” kepada peserta untuk diisi dan ditempeli foto dengan ukuran 2 x 3 cm.
c. Blanko Tanda Pengenal kemudian diserahkan kembali kepada panitia untuk diperiksa dan di cap pada saat uji coba arena dan setelahnya diambil kembali oleh peserta.
catatan : Tanda Pengenal tidak berlaku sebagai tanda masuk.
12. Urutan Penampilan
Ditentukan melalui undian yang dilaksanakan pada Technical Meeting Terakhir.
13. Ketentuan Pemain
a. Pemain adalah yang terdaftar secara resmi pada panitia dan memiliki kartu tanda pengenal dari panitia.
b. Penggunaan point no. a diatas selain yang tercatat dalam daftar nama peserta pada panitia tidak dibenarkan.
c. Satu orang pemain hanya dapat bermain pada satu unit saja.
d. Team Manager bertanggung jawab penuh atas isi point a, b dan c diatas.
14. Pakaian Seragam / Kostum
a. Kostum pemain tidak ditentukan.
b. Pemain cadangan wajib menggunakan kostum pemain.
c. Official diharapkan menggunakan seragam tersendiri, bukan seragam pemain.
15. Diskualifikasi
Diskualifikasi dikenakan untuk hal – hal sebagai berikut :
a. Keterlambatan peserta mengembalikan formulir pendaftaran, melunasi uang pendaftaran serta menyerahkan “Blanko Daftar Pemain”, pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia.
b. Peserta memakai pemain diluar pemain yang tercatat pada “Blanko Daftar Pemain” yang telah diserahkan pada panitia.
c. Peserta memakai pemain yang bermain lebih dari satu unit.
d. Ketidakhadiran pesrta setelah 3 (tiga) kali pemanggilan dengan jarak tiap pemanggilan 1 (satu) menit.
e. Sengaja menghambat kelancaran perlombaan.
f. Membuat kegaduhan dan / atau kerusuhan di dalam maupun diluar arena lomba.
KHUSUS
1. Pemain maksimal 20 orang untuk setiap Unit.
2. Equipment wajib : Bendera, tidak wajib : Riffle, Sabre dll.
3. Peserta diperbolehkan membawa property diluar dari equipment wajib dan tidak wajib di atas.
4. Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanent di arena lomba.
5. Repertoire yang dibawakan oleh peserta bebas, namun tetap mengacu kepada waktu yang telah ditetapkan.
6. Peserta menampilkan suatu Repertoire di atas arena yang beratap (Indoor).
7. Penampilan tidak harus mengadap Tribune kehormatan.
8. Waktu persiapan diberikan apabila menggunakan property, masing – masing peserta maksimal 4 menit ( persiapan 2 menit, pembongkaran 2 menit ).
9. Waktu yang diberikan untuk March In 1,5 (satu setengah) menit, dan March Out 1,5 (satu setengah) menit.
10. Durasi Penampilan minimal 5 (lima) menit dan maksimal 7 (tujuh) menit.
11. Perhitungan waktu dimulai pada saat musik dimainkan, ditandai dengan dinyalakannya lampu hijau di arena lomba.
12. Setelah 5 (lima) menit lampu hijau enyala, selanjutnya diganti dengan lampu kuning. Pada akhir menit ke 7 (tujuh) dinyalakan lampu merah.
13. Pada awal dan akhir penampilan , seluruh peserta wajib memberi hormat ke arah Tribune Kehormatan, yang dipimpin oleh Leader.
14. Selama peserta tampil tidak seorang official pun diperkenankan berada di atas arena lomba. Official meninggalkan arena lomba segera setelah meletakkan equipment dari unit yang bersangkutan.
15. Peserta wajib hadir di Gor Yuwana Mandala Tembau, Denpasar, 1 (satu) jam sebelum waktu penampilan gilirannya tiba.
16. Cara memasuki arena (March In) diserahkan kepada peserta dengan alokasi waktu 1,5 menit. Perhitungan waktu dimulai sejak pemain pertama menginjak lantai arena sampai dengan peserta siap pada posisi awal.
17. Setelah melihat peserta dalam keadaan siap, announcer bertanya kepada Dewan Juri : “Para Dewan Juri, sudah siapkah anda ?” .
18. Selanjutnya announcer bertanya kepada Color Guard : “ Kepada Color Guard ……. Sudah siapkah Team anda ? “. Untuk menjawab pertanyaan ini Seluruh pemain memberi hormat ke arah tribune kehormatan dengan gaya tersendiri. Setelah memberi hormat announcer akan mengatakan : “Anda dapat mulai”, dan peserta dapat memulainya.
19. Pada Akhir penampilannya , peserta tetap berada di tempat sampai seorang panitia menyerahkan Tanda Bukti Peserta.
20. Peserta meninggalkan arena lomba (March Out) dengan alokasi waktu 1,5 menit., perhitungan waktu March Out dimulai dari gerakan pertama pada posisi akhir dilaksanakan sampai dengan pemain akhir keluar.
16. Penilaian
Unsur-unsur yang dinilai serta nilai-nilai yang dapat diraih adalah sebagai berikut :
1. Individual Movement Analysis
a. Vocabulary ……………………………………… 10
b. Excellent ………………………………………… 10
20
2. Individual Analysis Equipment
a. Vocabulary ……………………………………… 10
b. Excellent ………………………………………… 10
20
3. Ensemble Analysis
a. Komposisi ……………………………………… 10
b. Excellent ………………………………………. 10
20
4. General Effect
a. Repertoire ……………………………………… 20
b. Performance …………………………………… 20
40
Total 100

KETENTUAN DAN PERATURAN
LANGGAM INDONESIA 2005
DIVISI SATU dan DIVISI UTAMA
Anjuran
sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta, dianjurkan kepada calon peserta untuk membaca, mempelajari, dan memahami ketentuan dan aturan lomba yang tertulis dalam proposal panduan ini, agar tidak timbul kekecewaan maupun salah paham.
KETENTUAN UMUM
1. Nama Kegiatan
Langkah Gerak Generasi Muda Indonesia XVIII tahun 2005 disingkat LANGGAM INDONESIA XVIII Tahun 2005.
2. Penyelenggara
Marching Band Universitas Udayana bekerja sama dengan Pemda Bali.
3. Motto
Bersaing dalam lomba secara sportif dan persahabatan.
Menang dengan rasa bangga
Kalah dengan sikap ksatria
Kerjasama dan berlomba dalam suasana kekeluargaan.
4. Dasar Pemikiran
a. Memupuk rasa persaudaraan, kekeluargaan, kebersamaan, tanggung jawab, sportifitas dan kreatifitas.
b. Meningkatkan mutu, prestasi dan kemampuan Drum Band/Marching Band di Indonesia.
5. Maksud dan Tujuan
a. Memasyarakatkan kegiatan Drum Band/Marching Band di Indonesia.
b. Memberi kegiatan yang sehat dan terarah, khususnya kepada pelajar, remaja dan generasi muda pada umumnya.
c. Membina generasi muda dan berpartisipasi aktif dalam usaha penanggulangan kenakalan remaja.
d. Sebagai ajang evaluasi bagi Drum Band/Marching Band di Indonesia.
6. Sasaran
a. Menggairahkan lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, instansi-instansi dan perkumpulan-perkumpulan untuk membentuk suatu unit Drum Band/Marching Band.
b. Menjadikan Langgam Indonesia sebagai suatu lambang supremasi di bidang Drum Band/Marching Band di Indonesia.
c. Memperdalam dan menghayati unsur seni yang sangat dominan dalam kegiatan Drum Band/Marching Band.
d. Melalui kegiatan Drum Band/Marching Band memberi motivasi dalam menciptakan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila.
e. Menggalang persahabatan antar generasi muda.
7. Waktu dan Pelaksanaan
a. Parade Band (Play Pass)
Hari / tanggal : Jum’at, 08 Juli 2005
Waktu : Pukul 08.00 wita – selesai
Tempat : Start : Monumen Bajra Sandhi, Renon
Finish : Lapangan Auditorium Univ. Udayana.
b. Display Indoor
Divisi : Divisi Satu dan Divisi Utama
Hari / tanggal : Sabtu – Minggu, 09 – 10 Juli 2005
Waktu : Pukul 08.00 wita – selesai
Tempat : GOR Yuwana Mandala Tembau, Denpasar – Bali
8. Peserta
Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps di Indonesia yang telah mendaftarkan diri dan bersedia mentaati peraturan lomba dan ketentuan Langgam Indonesia 2005.
9. Pendaftaran dan Uji Coba Arena
Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah).
Pendaftaran diterima selambat-lambatnya tanggal 12 Juni 2005 pada Technical Meeting terakhir.
Technical Meeting I dilakukan pada :
Hari/tanggal : Minggu, 08 Mei 2005
Waktu : Pukul 10.00 – selesai
Tempat : Sekretariat Marching Band Universitas Udayana
Jl. Dr.R. Goris No.10 Denpasar.
Technical Meeting akhir (II) dilakukan pada :
Hari/tanggal : Minggu, 12 Juni 2005
Waktu : Pukul 10.00 – selesai
Tempat : Sekretariat Marching Band Universitas Udayana
Jl. Dr.R. Goris No.10 Denpasar.
Uji Coba Arena
Uji Coba Arena Dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Minggu – Jum’at, 03 – 08 Juli 2005
Waktu : Pk. 08.00 – 20.00 Wita
Tempat : Gor Yuwana Mandala Tembau Denpasar.
Biaya uji Coba Arena Sebesar Rp. 80.000,00 / Jam , tanpa adanya Free Uji Coba Arena bagi masing – masing Band Peserta.
Pembayaran dapat dilakukan melalui :
Bank Mandiri, No. Rekening : 145.000.403.064-5
Atas nama : Ratu Kencana Wulan A.A. Sg. QQ Marching Band Unud
( dan malampirkan bukti pembayaran melalui rekening pada saat pendaftaran ).
10. Pengunduran Diri
Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran dan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
11. Daftar Nama Dan Tanda Pengenal
a. Band peserta akan menerima “Blanko Daftar Pemain” yang memuat data pemain inti, pemain pendukung, pemain cadangan dan official. Blanko tersebut wajib diisi oleh Band peserta dan diserahkan kembali kepada panitia selambat-lambatnya H – 5, tanggal 05 juli 2005.
b. Berdasarkan Blanko Daftar Pemain tersebut, panitia akan mengirimkan “Blanko Tanda Pengenal”kepada peserta untuk diisi dan ditempeli dengan foto ukuran 2×3 cm.
c. Blanko Tanda Pengenal kemudian diserahkan kembali kepada panitia untuk diperiksa dan di cap pada saat uji arena dan setelahnya diambil kembali oleh Band Peserta.
d. Pengambilan Tanda Pengenal dapat dilakukan di Sekretariat Marching Band Universitas Udayana, Jl.Dr.R. Goris No. 10 Denpasar.
Catatan : Tanda pengenal tidak berlaku sebagai tanda masuk.
12. Pengklasifikasian Band Peserta
? Divisi Utama
Band Peserta yang menggunakan alat – alat tiup logam lebih besar atau sama dengan 50 % dari jumlah keseluruhan pemain alat tiup, dan divisi lain yang siap bertanding divisi ini.
? Divisi Satu
Band Peserta yang menggunakan alat – alat tiup logam jumlahnya lebih kecil 50 % dari jumlah keseluruhan pemain alat tiup atau tidak menggunakan pemain alat tiup logam sama sekali.
*Catatan : Jika salah satu Band Peserta pada Divisi Satu menjadi Juara pada divisi ini sebanyak 3 (tiga) kali berturut – turut, maka band tersebut harus naik ke Divisi Utama.
13. Urutan Penampilan
a. Playpass
Ditentukan melalui undian yang dilaksanakan pada masing-masing Divisi yang merupakan salah satu acara dalam technical meeting. Urutan Play Pass dimulai dari Divisi Satu kemudian dilanjutkan ke Divisi Utama.
b. Display Indoor
Sesuai dengan apa yang telah dijelaskan pada point 7 dari Peraturan dan Ketentuan LANGGAM INDONESIA XVIII/2005 ini, bahwa LANGGAM INDONESIA XVIII/2005 akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai hari Sabtu tanggal 09 Juli 2005 sampai dengan hari Minggu tanggal 10 Juli 2005 maka pelaksanaannya diatur sebagai berikut :
a) Babak Penyisihan, Hari Pertama, Sabtu 09 Juli 2005
Merupakan Babak Penyisihan bagi masing – masing divisi yang akan dimulai pukul 09.00 Wita (segera setelah selesainya Upacara Pembukaan yang akan dimulai pada pukul 08.00 Wita).
1. Urutan Peserta ditentukan melalui undian yang dilaksanakan pada masing-masing Divisi yang merupakan salah satu acara dalam technical meeting. Penampilan dimulai dari Divisi Satu kemudian dilanjutkan Divisi Utama.
2. Dari hasil Babak Penyisihan masing – masing Divisi, akan diambil sebanyak 70% (dengan pembulatan ke bawah dan ke atas) dari seluruh peserta masing – masing divisi menurut urutan nilai tertinggi untuk maju ke Babak Final.
b) Babak Final, Hari Kedua, Minggu 10 Juli 2005
Merupakan Babak Final untuk masing – masing divisi, dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2005, dimulai pukul 11.00 Wita, dan akan diikuti oleh 70% band peserta terbaik menurut urutan nilai terendah dari Babak Penyisihan Divisi Satu dan 70% band peserta terbaik menurut urutan nilai terendah dari hasil Babak Penyisihan Divisi Utama.
Catatan :
1. Jika jumlah Band Peserta masing – masing divisi kurang dari atau sama dengan 6 (enam) maka Babak Penyisihan Ditiadakan.
2. Jika salah satu divisi Band Peserta berjumlah lebih dari 6 (enam), maka untuk Babak Penyisihan Ditiadakan.
14. Upacara dan Perlengkapan Upacara
a. Upacara
Upacara pembukaan wajib diikuti oleh Band Peserta dengan mengirimkan masing – masing Perwakilannya ( min. 10 orang ).
b. Perlengkapan Upacara
1. Bendera Unit
Ukuran bendera dan panjang tiang tidak ditentukan dan dikumpulkan kepada Panitia pada saat mengumpulkan “Blanko Daftar Pemain”.
2. Papan Nama Peserta
Papan Nama Peserta akan disediakan oleh Panitia.
15. Ketentuan Pemain
a. Pemain Inti, unsur pembantu dan cadangan dari Band peserta adalah yang terdaftar secara resmi pada panitia dan memiliki Kartu Tanda Pengenal dari panitia.
b. Penggunaan unsur-unsur no.a diatas selain yang tercatat dalam daftar nama Band Peserta pada panitia tidak dibenarkan.
c. Satu orang pemain hanya dapat bermain pada satu unit Band peserta.
d. Team Manager bertanggung jawab penuh atas isi butir a,b dan c diatas.
e. Pelanggaran terhadap butir-butir no. a, b, c maupun d diatas oleh Band Peserta mengakibatkan Band Peserta dikenakan diskualifikasi.
f. Pelaporan dan /atau pengaduan atas pelanggaran Band Peserta oleh pihak lain, dapat diterima panitia selambat-lambatnya satu jam sesudah pengumuman kejuaraan.
16. Pakaian Seragam/Kostum
a. Kostum pemain tidak ditentukan (bebas/ sopan), namun ada penilaian tersendiri terhadap kostum Team, Drum Major (Paramanandi) dan Field Commander (Gitapati).
b. Pemain cadangan wajib menggunakan kostum pemain.
c. Official diharapkan menggunakan seragam tersendiri, bukan seragam pemain.
d. Seluruh pemain wajib mengenakan sepatu dengan sol dari karet pada saat uji coba arena maupun saat berlomba.
17. Diskualifikasi
Diskualifikasi dikenakan untuk hal-hal tertentu sebagai berikut :
a. Keterlambatan band peserta mengembalikan formulir pendaftaran, melunasi uang pendaftaran serta menyerahkan “Blanko Daftar Pemain”, pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia.
b. Band peserta memakai pemain diluar pemain yang tercatat pada “Blanko Daftar Pemain” yang telah diserahkan pada panitia.
c. Band peserta memakai pemain yang bermain lebih dari satu band.
d. Pemberian petunjuk atau isyarat kepada band perserta yang sedang berlomba (khususnya Display Indoor) oleh pembina, pelatih dan/atau official band yang bersangkutan.
e. Ketidakhadiran band peserta setelah 3 (tiga) kali pemanggilan dengan jarak tiap pemanggilan 1 (satu) menit.
f. Sengaja menghambat kelancaran perlombaan.
g. Membuat kegaduhan dan / atau kerusuhan di dalam maupun di luar arena lomba.
h. Mengucapkan kata-kata tidak senonoh, mengejek, mencemooh dan menunjukan sikap menantang kepada panitia penyelenggara, petugas, dewan juri maupun kepada peserta lainnya.
i. Bila ada Band yang tidak sesuai dengan klasifikasi Divisi yang diikutinya.
KHUSUS
PLAY PASS
1. Komposisi Pemain
Jumlah pemain keseluruhan minimal 30 orang, perbandingan antar pemain tidak ditentukan.
Jumlah official maksimal 5 ( lima ) orang.
2. Peralatan
Jumlah dan jenis peralatan yang akan digunakan tidak ditentukan, akan tetapi tetap mengacu pada aturan pengklasifikasian band peserta.
3. Lagu
Lagu yang dibawakan oleh peserta bebas, namun tetap mengacu kepada waktu yang telah ditetapkan.
4. Teknis
a. Semua Band Peserta Wajib mengikuti Play Pass.
b. Band peserta wajib sudah hadir lengkap di lapangan Renon Denpasar pukul 08.00 wita, dan sudah berbaris rapi.
c. Setibanya band peserta dilapangan Renon Denpasar, team Manager dari Band peserta wajib melaporkan kehadiran bandnya kepada panitia melalui bagian Roll Call.
d. Band Peserta yang pada gilirannya belum hadir, akan menempati urutan terakhir.
e. Band peserta tidak diperkenankan membunyikan peralatan, selama menunggu giliran untuk melakukan Play Pass.
f. Selama play pass, band peserta tidak diperkenankan:
– Mengadakan kontak dengan Official maupun pihak lain diluar barisan, misal berkomunikasi, memberikan konsumsi, dan lain sebagainya.
– Melakukan pergantian pemain
– Mendahului band peserta lain yang ada di depannya.
g. Selama play pass dalam keadaan tertentu, misal jarak antar band peserta didepan terlalu dekat, mengatasi kelelahan dan sebagainya, band peserta dapat melakukan jalan ditempat dengan tetap memainkan lagu atau mars sesuai dengan petunjuk panitia.
h. Band Peserta bebas melakukan kreativitas selama penampilan play pass (tak berdisplay). Dan tidak menghambat peserta lainnya. Waktu maksimal berhenti 5 (lima) detik dan hanya 1 (satu) kali dilakukan dalam interval setiap pos.
i. Finish adalah pada tempat yang telah ditentukan di depan Auditorium Universitas Udayana (Jl. P.B. Sudirman, Denpasar).
5. Pelaksanaan Teknis
a. Selama menunggu giliran, Band Peserta akan dibariskan disisi timur lapangan menghadap ke barat, berdasarkan urutan gilirannya.
b. Pada waktunya band peserta akan dipanggil untuk berparade dari ujung Monumen Bajra Sandhi, Renon.
c. Drum Major ( Paramanandi ) wajib memberi hormat sewaktu melewati Garis Start.
d. Selama band peserta melakukan play pass, pembawa papan nama, Bendera Merah Puih, dan Bendera Unit selalu mengawali barisan.
e. Selama play pass, Drum Major ( Paramanandi ) dapat memerintahkan bandnya untuk melakukan jalan ditempat, sebagaimana yang telah tercantum dalam point no. 4 g diatas.
f. Peserta disarankan memakai setengah jalur jalan rute play pass, untuk kelancaran dan keamanan lomba.
g. Official yang mengikuti unitnya tidak diperkenankan mengganggu jalannya play pass dengan sela berjalan ditengah / diantara barisannya.
h. Selama parade / play pass band peserta diharapkan dapat mengatur jarak dengan band peserta yang lain.
i. Setiap band peserta akan didampingi oleh 1 (satu) orang juri keliling dan 1 (satu) orang pembawa bendera.
j. Jumlah pos yang akan dilewati adalah 3 (tiga) pos, masing – masing pos diberikan tanda berupa bendera.
k. Pembubaran band peserta dilakukan oleh Drum Major (Paramanandi) di halaman Kampus Universitas Udayana ( Jl. P.B. Sudirman ), setelah melewati garis Finish ( Depan Auditorium Univ. Udayana ).
6. Penilaian
a. Kreatifitas ………………………………………………………………………………………………………….15
b. Kontinuitas permainan lagu atau kemampuan memainkan lagu (KP)………….15
c. Kerapian dan keseragamam ……………………………………………………………………………10
40
7. Hukuman / Penalty
a. Drum Major ( Paramanandi ) tidak memberikan hormat pada saat melewati garis start…………………………………………………………………………………………………………………………………….0,3
b. Pemberian konsumsi oleh official, pembina dan / atau pelatih selama
band peserta berparade ( Play Pass ) ……………………………………………………………………………………… 1,0
c. Melakukan pergantian pemain selama play pass ……………………………………………………………………….1,0
d. Pemberian petunjuk / isyarat oleh official,Pembina dan /atau pelatih……………………………….1,0
e. Mendahului band peserta didepannya …………………………………….…………………………………………………. 30
f. Jatuhnya seorang pemain, misal pingsan sehingga tidak dapat melanjutkan
Play pass ………………………………………………………………………………………………………………………………………… 1,0
g. Jatuhnya Drum Major dan / atau Field Commander Utama, misal pingsan sehingga tidak dapat melanjutkan Play pass ……………………………………………………………………………………………………… 1,5
h. Jatuhnya perlengkapan pemain…………………………………………………………………………………………………… 0,3
i. Jatuhnya peralatan ……………………………………………………………………………………………………………………… 0,3
j. Jatuhnya stick majorette …………………………………………………………………………………………………………… 0,3
8. Penentuan Pemenang
a. Nilai akhir dirumuskan dengan :
K & K + KP + KB – Hukuman / Penalty
b. Akan dicari band terbaik dari play pass untuk masing – masing Divisi Satu dan Divisi Utama dengan memperebutkan Juara I, II dan III.
c. Angka atau nilai yang diperoleh pada lomba display indoor akan dijumlahkan dengan nilai play pass untuk memperoleh juara umum masing – masing Divisi.
d. Apabila terdapat persamaan nilai akhir, penentuan pemenang play pass adalah berdasar perolehan nilai mata lomba menurut urutan sebagai berikut :
– K & K : Kerapian dan Kedisiplinan
– KB : Keutuhan Barisan
– KP : Kontinuitas permainan lagu atau kemampuan memainkan lagu
– Hukuman / Penalty
DISPLAY INDOOR
1. Komposisi Band
a. Pemain inti ( Pemain instrumen musik ) minimal 30 orang.
b. Unsur pembantu barisan bendera dan lain – lain ditambah unsur pelengkap (Penari atau pom – pom girls ) 30 % dari jumlah pemain inti.
c. Cadangan maksimal 7 ( Tujuh ) orang.
2. Peralatan dan Perlengkapan
a. Band peserta diperbolehkan memakai peralatan sekehendaknya, selama peralatan tersebut tidak dilengkapi dengan alat – alat elektronika yang dapat mengubah suara asli dari peralatan yang bersangkutan.
b. Peralatan yang besar dan berat serta sukar disandang, dapat ditempatkan terlebih dahulu diatas arena. Ketentuan ini berlaku bilamana giliran penampilan dari band yang bersangkutan telah tiba dan setelah band sebelumnya keluar dari arena lomba display indoor.
c. Jumlah peralatan statis tidak dibatasi, termasuk jumlah pemain statis yang tidak ikut melakukan display.
d. Waktu untuk mengatur peralatan, termasuk alat statis maksimal 5 ( lima ) menit, dihitung mulai alat atau perlengkapan pertama memasuki arena.
e. Panitia menyediakan mimbar untuk field commander, namun tidak menutup kemungkinan band peserta membawa mimbar untuk field commander, selama tidak mengubah posisi mimbar yang telah disediakan panitia.
3. Lagu
Lagu yang dibawakan oleh peserta bebas, namun tetap mengacu kepada waktu yang telah ditetapkan.
4. Pemain Solo
Band peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan permainan solo untuk alat tiup dan / atau perkusi. Permainan tersebut dilakukan tersendiri, terlepas dari band keseluruhan. Pemain solo wajib memberi hormat kearah tribune kehormatan sebelum dan sesudah melakukan solo ( minimal 8 bar ).
5. Teknis
a. Band peserta menampilkan suatu display diatas arena yang beratap (Indoor), dalam hal ini GOR Yuwana Mandala Tembau, Denpasar.
b. Penampilan tidak harus menghadap tribune kehormatan.
c. Waktu memasuki dan meninggalkan arena lomba band peserta tidak wajib menggunakan iringan musik, apabila hal ini dilakukan, iringan tersebut terbatas pada alat perkusi saja.
d. Waktu untuk memasuki arena sampai terbentuk formasi awal dipilih sendiri oleh band peserta akan diperhitungkan dengan memperhatikan March In.
e. Waktu untuk meyelesaikan seluruh acara display, minimal 10 ( sepuluh ) menit dan maksimal 12 ( dua belas ) menit.
f. Perhitungan waktu dimulai pada saat salah satu alat musik dibunyikan, waktu mana ditandai dengan dinyalakannya lampu hijau dibeberapa arena.
g. Setelah 10 ( sepuluh ) menit lampu hijau menyala, selanjutnya diganti dengan lampu kuning. Pada akhir menit keduabelas ( 12 ) dinyalakan lampu merah.
h. Pada awal dan akhir penampilan, Drum Major ( Paramanandi ) dan Field Commander (Gitapati ) wajib memberikan hormat ke arah tribune kehormatan. Pemberian hormat pada akhir acara display menandakan bahwa seluruh acara display telah selesai. Bersamaan dengan itu perhitungan waktu dihentikan.
i. Selanjutnya Gitapati akan menerima Tanda Bukti Peserta.
j. Penilaian terhadap Drum Major ( Paramanandi ) dan Field Commander (Gitapati) dilakukan secara terpisah.
k. Band peserta yang menggunakan lebih dari 1 ( satu ) Drum Major (Paramanandi), maka penilaian hanya dilakukan terhadap Drum Major Utama.
l. Pemain tidak diperkenankan mengambil perlengkapannya dan / atau perlengkapan pemain lain yang jatuh selama berlomba. Perlengkapan yang jatuh akan diambil oleh panitia untuk selanjutnya dikembalikan kepada band bersangkutan, setelah permainannya selesai.
m. Pemain dapat mengambil peralatan yang jatuh, seperti stick genderang dan sebagainya. Bilamana yang jatuh tersebut adalah stick Majorette, yang bersangkutan diharuskan mengambil atau mengangkat dengan kaki.
n. Selama band peserta dalam penampilan, tidak seorang official pun diperkenankan berada diatas arena lomba. Official meninggalkan arena lomba segera setelah meletakkan alat – alat berat dan / atau alat – alat perlengkapan dari band peserta yang bersangkutan.
o. Band peserta diperkenankan berhenti total pada setiap pergantian lagu. Namun demikian berhenti terlalu lama akan mempengaruhi penilaian atas Subcaption faktor kesulitan atau ketepatan waktu / timing.
6. Pelaksanaan Teknis
a. Band peserta wajib hadir di GOR Yuwana Mandala Tembau, Denpasar, 1 ( satu ) jam sebelum waktu penampilan gilirannya tiba. Selama acara pembukaan dan selama menunggu gilirannya band peserta tidak diperkenankan untuk membunyikan peralatan yang dibawanya.
b. Team Manager wajib melapor kepada bagian ROLL CALL segera setelah bandnya tiba. Team Manager selanjutnya akan diberikan sehelai band lengan bertuliskan “ Team Manager “, yang wajib dipakai pada lengan sebelah kiri bagian atas.
c. Pada waktunya seorang petugas akan memberikan isyarat kepada band peserta untuk memasuki arena.
d. Cara memasuki arena ( March In ) diserahkan kepada band peserta dengan alokasi waktu 2,5 menit. Perhitungan waktu dimulai sejak pemain pertama menginjak lantai arena sampai dengan band peserta siap pada posisi awal.
e. Band peserta menempatkan diri pada posisi start / awal / pemanasan yang dipilih sendiri, dengan alokasi waktu 1,5 menit dan membelakangi dewan juri. Perhitungan waktu pemanasan dimulai sejak posisi band membelakangi dewan juri sampai posisi band menghadap dewan juri.
f. Setelah melihat band peserta dalam keadaan siap, announcer bertanya kepada Dewan Juri : “ Para dewan juri, sudah siapkah anda ? “. Dewan juri mengangkat tangannya sebagai jawaban mereka siap.
g. Selanjutnya announcer bertanya kepada Drum Major / Majorette atau Field Commander : “ Drum Major atau Field Commander, sudah siapkah band anda ? “. Untuk menjawab pertanyaan ini Drum Major / Majorette dan Field Commander memberi hormat kearah tribune kehormatan dengan gaya tersendiri. Setelah memberi hormat announcer akan memberi aba – aba : “ Anda dapat mulai “, dan band peserta dapat memulai displaynya.
h. Pada akhir penampilannya, Drum Major ( Paramanandi ) dan Field Commander (Gitapati) tetap berada ditempat sampai seorang petugas menyerahkan Tanda Bukti Peserta
i. Band peserta tidak diperkenankan untuk memasang sesuatu yang bersifat permanen dalam arena lomba selama penampilan.
j. Band peserta meninggalkan arena lomba ( March Out ) dengan alokasi waktu 2,5 menit. Perhitungan waktu March Out dimulai dari gerakan pertama pada posisi akhir dilaksanakan, sampai dengan pemain akhir keluar.
7. Penilaian
Unsur – unsur yang dinilai serta nilai – nilai yang dapat diraih adalah sebagai berikut :
A. PENILAIAN UNTUK BAND SECARA KESELURUHAN :
1. General Effect ( GE )
• Repertoire …………………………………………………………… 80
• Showmanship ……………………………………………………… 60 200:10 = 20
• Visual Effect ……………………………………………………… 60
2. Marching Manouvering ( M&M )
• Kerapian, keseragaman dan keselarasan ……… 70
• Teknik & Ragam Gerakan ………………………………… 30 100:10 = 10
3. Display & Showmanship ( D&S )
• Konsep Pagelaran ……………………………………………… 100
• Effect Showmanship………………………………………… 100 200:10 = 20
4. Music Analisys Horn Line ( MAHL )
• Mutu Teknik ……………………………………………………… 100
• Penguasaan Musik……………………………………………… 100 200:10 = 20
5. Music Analysis Percussion Line ( MAPL )
• Mutu Teknik ……………………………………………………… 100
• Penguasaan Musik……………………………………………… 100 200:10 = 20
6. Color Guard
• Komposisi : bentuk, gerak, peralatan …………… 50
• Kesempurnaan: bentuk, gerakan, peralatan … 50 100:10 = 10
Total Nilai = 100
B. PENILAIAN UNTUK PERORANGAN
1. Field Commander (FC)
• Musical Leadership (Musicianship)………………… 60
• Physical Leadership (Coordination)………………… 20
• Emotional Leadership (Showmanship) …………… 20
100
2. Solo Horn
• Teknik Permainan ……………………………………………… 40
• Teknik Penyajian ……………………………………………… 30
• Mutu Suara ………………………………………………………… 30
100
3. Duet Horn
• Teknik Permainan ……………………………………………… 40
• Teknik Penyajian ……………………………………………… 30
• Mutu Suara ………………………………………………………… 30
100
4. Solo Percussion
• Teknik Permainan ……………………………………………… 40
• Teknik Penyajian ……………………………………………… 30
• Mutu Suara ………………………………………………………… 30
100
C. PENILAIAN BUSANA / KOSTUM
1. Busana Tim/Band
• Originalitas/Kreativitas ………………………………… 40
• Pemilihan Materi ……………………………………………… 25
• Tampilan Visual ………………………………………………… 35
100
2. Busana Field Commander / Drum Major
• Originalitas/Kreativitas ………………………………… 40
• Pemilihan Materi ……………………………………………… 25
• Tampilan Visual ………………………………………………… 35
100
8. Hukuman / Penalty
Dikenakan untuk hal-hal sebagai berikut :
a. Jatuhnya Stick Major…………………………………………………………………………………………………………………… 0,5
b. Paramanandi atau Gitapati utama tidak memberi hormat pada awal penampilan……………………………………………………………………………………………………………………………………… 0,5
c. Paramanandi atau Gitapati utama tidak memberi hormat pada akhir penampilan…………………………………………………………………………………………………………………………………………0,5
d. Paramanandi atau Gitapati utama tidak memberi hormat pada awal maupun akhir penampilan…………………………………………………………………………………………………………………………………………0,8
e. Paramanandi mengambil stick major yang jatuh tidak dengan kaki………………………………………0,2
f. Kelebihan waktu berdisplay ( terhitung setiap 10 detik dan kelipatannya )……………… 0,5
g. Pemasangan sesuatu yang bersifat Permanen diantara waktu berlomba, seperti tanda-tanda bantu khusus (alat bantu display misal papan ordinat, atau benda lain) maupun hal lain yang dapat merubah keadaan, situasi lapangan yang telah disediakan panitia, yang bersifat menganggu kelangsungan penampilan band berikutnya……………………………………………5,0
h. Kelebihan waktu melakukan march in ( terhitung setiap 10 detik atau kelipatannya)………0,5
i. Kelebihan waktu melakukan march out ( terhitung setiap 10 detik atau kelipatannya)……0,5
j. Kelebihan waktu melakukan Pemanasan (terhitung setiap 10 detik atau kelipatannya)……0,5
k. Selain pemain inti, pemain dan unsur pelengkap berada diatas arena lomba pada saat Band bermain……………………………………………………………………………………………………………………………………………..5,0
9. Penentuan Pemenang
Penentuan Pemenang dilaksanakan sebagaimana tersebut dibawah ini :
a. Untuk penentuan nilai akhir masing – masing peserta pada semua babak, baik itu Divisi Satu maupun Divisi Utama, dipergunakan rumus sebagai berikut :
(GE) + (M&M) + (DS) + (MAHL) + (MAPL) + (CG) + (Play Pass) – (Hukuman / Penalty) = ……
b. Apabila terdapat persamaan nilai akhir, penentuan pemenang adalah berdasarkan perolehan nilai mata lomba dengan urutan sebagai berikut :
1. General Effect (GE)
Repertoire
Showmanship
Visual Effect
2. Music Analysis Horn Line (MAHL)
Mutu Teknik
Penguasaan Musik
3. Music Analysis Percussion Line
Mutu Teknik
Penguasaan Musik
4. Display & Showmanship
Konsep Pagelaran
Effect Showmanship
5. Marching & Manouvering
Kerapian, Keseragaman dan Keselarasan
Teknik dan Ragam Gerakan
6. Color Guard
Komposisi : Bentuk, Gerak, dan Peralatan
Kesempurnaan : Bentuk, Gerakan, dan Peralatan
c. Apabila terdapat kesamaan pada nilai akhir maka untuk penentuan pemenang perorangan adalah berdasarkan perolehan nilai mata lomba dengan urutan sebagai berikut :
1. Untuk field Commander / Drum Major
Musical Leadership (musicianship)
Physical Leadership (Coordination)
Emotional Leadership (Showmanship)
2. Solo Horn Line , Duet Horn atau Solo Percussion
Teknik Permainan
Teknik Penyajian
Mutu Suara
d. Angka atau nilai yang diperoleh peserta pada lomba Display akan dijumlahkan dengan point yang diperoleh band peserta pada saat mengikuti play pass untuk menentukan juara umum.
e. Apabila terdapat persamaan nilai pada akhirnya, maka untuk penentuan pemenang adalah berdasarkan perolehan nilai mata lomba menurut urutan sebagai berikut:
– Display Indoor
– Play Pass
– Hukuman / Penalty
10. Jumlah Anggota Dewan Juri
• 2 Orang untuk General Effect (GE)
• 2 Orang untuk Marching & Manouvering
• 2 Orang untuk Diplay & Showmanship
• 2 Orang untuk Music Analysis Horn Line
• 2 Orang untuk Music Analysis Percussion Line
• 2 Orang untuk Field Commander / Gita Pati
• 2 Orang untuk Drum Major / Paramanandi
• 2 Orang untuk Color Guard Performance
• 2 Orang untuk Kostum / Busana
• 2 Orang untuk Pencatat waktu
• 2 Orang untuk Pencatat hukuman Penalty
11. Protes
Pada hakekatnya, penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Apabila band peserta merasa dirugikan, maka protes dapat diajukan secara tertulis dengan bukti autentik kepada ketua bidang lomba dengan ditandatangani oleh Team Manager serta membayar uang protes sebesar Rp. 500.000,00 ( Lima Ratus Ribu Rupiah ). Protes dilakukan selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman.
12. Pemenang dan Hadiahnya
Pemenang untuk Divisi Satu
Terbaik : Piala Bergilir & 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
Pemenang untuk Divisi Utama
Terbaik : Piala Bergilir Gubernur Bali & 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
Play Pass untuk Divisi Satu dan Divisi Utama
Terbaik : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
Display Indoor untuk Divisi Satu dan Divisi Utama
a. General Effect ;
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
b. Marching & Manouvering
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
c. Display & Showmanship
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
d. Music Analysis Horn Line
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
e. Music Analysis Percussion Line
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
f. Paramanandi ( Drum Major / Majorette)
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
g. Gitapati ( Field Commander)
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
h. Color Guard Performance
Terbaik I : 1 (satu) Trophy
Peringkat II : 1 (satu) Trophy
Peringkat III : 1 (satu) Trophy
i. Solo Horn Line
Terbaik : 1 (satu) Trophy
j. Solo Percussion Line
Terbaik : 1 (satu) Trophy
k. Busana / Kostum team
Terbaik : 1 (satu) Trophy
l. Busana Drum Major / Majorette
Terbaik : 1 (satu) Trophy
m. Busana Field Commander
Terbaik : 1 (satu) Trophy
13. Ketentuan-ketentuan lain dan Penutup
a. Piala Gubernur Bali tetap dijadikan piala bergilir. Apabila suatu band telah 3 (tiga) kali secara berturut-turut atau lebih sebagai juara umum maka panitia akan memberikan duplikat piala bergilir tersebut.
b. Dengan dikeluarkannya ketentuan dan peraturan Langgam Indonesia XVIII tahun 2005, ketentuan dan peraturan Langgam Indonesia terdahulu dinyatakan tidak berlaku.
c. Hal-hal yang tidak termasuk di dalam ketentuan ini akan diatur lebih lanjut, mengenai aturan tambahan kami lampirkan dalam surat undangan peserta.
Related posts:
Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=404