|

SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011

Sukabumi, 4 Agustus 2011

No      : 012/IX/SMBC/2011

Lamp  : 1 ( Satu ) berkas

hal      : U N D A N G A N

 

Kepada Yth,

Penanggung Jawab/Pembina/Pelatih

Unit Drum Band Junior, Drum Band Senior & Marching Band

di

T E M P A T

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 66 yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2011 serta dalam rangka membangkitkan dan menggairahkan kegiatan Drum Band dan Marching Band di Jawa Barat, dan sebagai kelanjutan Sukabumi Marching Band Competition 2008, kami bermaksud menyelenggarakan kembali SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 yang direncanakan akan dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal                 : Sabtu-Minggu / 8 -9 Oktober 2011

Waktu                           : 07.00 wib s/d selesai

Tempat                          : Lapang Alun – Alun Palabuhanratu.

Kegiatan ini akan dibagi kedalam 3 divisi yaitu :

1. Drum Band Junior (SD/SMP/Sederajat)

2. Drum Band Senior (SMP/SMA/ Sederajat/Umum)

3. Marching Band (Pelajar/Universitas/BUMD /BUMN/Swasta/Umum).

Pendaftaran peserta mulai tanggal 18 Juli 2008 sampai dengan tanggal 24 September 2011 dengan biaya pendaftaran sebesar :

1. Untuk Divisi Drum Band Junior           Rp. 400.000,-

2. Untuk Divisi Drum Band Senior           Rp. 500.000,-

3. Untuk Divisi Marching Band               Rp. 750.000,-

Technical Meeting akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 September 2011 bertempat di kampus STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi dengan alamat di jl. Raya Cisaat Kompleks GOR Cisaat no. 8 Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Rusli Darmawan ( 085759494747 ), Syam Firmansyah ( 085722299290 ).

Demikian undangan ini kami sampaikan sebagai undangan untuk berpartisipasi bagi unit-unit Drum Band/ Marching Band yang Bapak/ Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.

Panitia Pelaksana

Sukabumi Marching Band Competition 2011

Ketua Umum

DR. H. TEDDY NURHADIE S. Drs. M.Si

 

 

KETENTUAN DAN PERATURAN

SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011

­­­­­­­­­­­­­

1.   NAMA KEGIATAN

      SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011.

2.   PENYELENGGARA

 PANITIA PELAKSANA SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011.

3.   PESERTA

Peserta adalah utusan Unit-unit Drum Band Junior, Drum Band Senior, Marching Band/Drum Corps Pelajar/Mahasiswa/BUMD/BUMN/Swasta atau Umum Di Wilayah Provinsi Jawa Barat yang terdaftar secara resmi dan bersedia mentaati Ketentuan dan Peraturan yang ditetapkan oleh panitia SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011.

4.   PEMBAGIAN DIVISI PESERTA

Peserta  SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 dibagi kedalam 3 divisi yaitu:

  1. Divisi Drum Band Junior
  2. Divisi Drum Band Senior
  3. Divisi Marching Band.

5.    MATA LOMBA

Mata lomba yang diselenggarakan pada SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 adalah Devile dan display Band untuk Drum Band junior, Drum Band Senior dan Marching Band.

6.   PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PENDAFTARAN

  1. Kegiatan akan dilaksanakan Pada :

Hari/Tanggal               :  Sabtu – Minggu / 8 – 9 Oktober 2011

Waktu                          :  Okl. 07.00 s/d selesai

Tempat                        : Jl.Siliwangi dan alun – alun Palabuhanratu

  1. Pendaftaran dimulai dari tanggal 18 Juli 2011 dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pendaftaran sebesar :
  1. Untuk Divisi Drum Band Junior                                   Rp. 400.000,-
  2. Untuk Divisi Drum Band Senior                                  Rp. 500.000,-
  3. Untuk Divisi Marching Band                                        Rp. 750.000,-
  4. Sdr. Rusli Darmawan HP. 085759494747 e-mail ; rusli.darmawan@yahoo.com
  5. Sdr. Syam Firmansyah HP. 085722299290
  1. Membawa/menyerahkan kaset kosong berdurasi 60 menit atau lebih untuk komentar juri (dapat juga dibeli di panitia) dengan membayar Rp 15.000/buah, sebanyak 10 buah kaset.
  2. Pendaftaran ditutup pada hari sabtu tanggal 24 September 2011 dan untuk formulir pendaftaran diserahkan ke sekretariat panitia di KAMPUS STISIP WIDYAPURI MANDIRI Kompleks GOR Cisaat no.8 jl. Raya Cisaat kec. Cisaat Kabupaten Sukabumi atau dapat dikirim ke e-mail panitia panitiasmbc2011@yahoo.com :
  1. Technical Meeting dilaksanakan pada:

Hari/tanggal         :  Sabtu / 24 September 2011

Waktu                    :  Pkl. 13.00 s/d Selesai

Tempat                  :  Kampus STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi Jl. Raya Cisaat Kompleks GOR Cisaat no. 8 Sukabumi

  1. Setiap peserta wajib menyerahkan Profil unit berisi sejarah singkat, Susunan Pengurus (Penanggung jawab, pembina, team manajer, Ketua Unit, dll), Prestasi yang pernah dicapai dll. Dibuat dalam format word dan diserahkan dalam bentuk CD.
  2. Uji coba lapangan pada:
  1. Hari/tanggal :  Kamis, 6 Oktober 2011

Waktu                     : 08.00 s/d 17.30

Tempat                   : Alun – Alun Palabuhanratu

  1. Hari/tanggal           : Jum’at  8 Oktober 2011

Waktu                     : 13.30 s/d 17.30

Tempat                   : Alun – Alun Palabuhanratu

             Biaya                       : Rp. 250.000 / Jam

  1. Pembayaran pendaftaran dan uji coba lapangan dapat dilakukan melalui :

Bank                      : Mandiri Cabang Palabuhanratu

No. Rekening         : 133-000-486-179-5

Atas nama             : Rusli Darmawan

(lampirkan bukti pembayaran melalui rekening/transfer pada saat pendaftaran).

 

7.   PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan biaya pendaftaran tidak dapat dilakukan kembali.

 

 

PERATURAN LOMBA DEVILE DAN DISPLAY DRUM BAND/MARCHING BAND

1.   WAKTU PELAKSANAAN

Hari/tanggal   : Sabtu – Minggu / 8 – 9 Oktober 2011

Tempat            : Jl. Siliwangi dan Alun – Alun Palabuhanratu

2.   KETENTUAN PEMAIN

a)   DIVISI DRUM BAND JUNIOR

Peserta yang digolongkan ke dalam Divisi Drum Band Junior adalah band peserta yang berasal dari tingkat Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat.

  1. Peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011   dari Divisi Drum Band Junior terdiri dari  siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat yang resmi terdaftar di sekolah yang menjadi peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 .
  2. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut tidak diperkenankan (dilarang) memperkuat unit Sekolahnya.
  3. Batas usia pemain Divisi Drum Band Junior adalah 16 (enam belas) tahun.
  4. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah.
  5. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda).
  6. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.
  7. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, Pit Instrument tidak dibatasi, Peralatan Tiup dapat terdiri dari Melodion/Pianika/Recorder atau Trumpet.

 

KOMPOSISI PEMAIN DIVISI DRUM BAND JUNIOR

a)   Jumlah pemain inti keseluruhan minimal 30 orang (sudah termasuk color guard).

b)   Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti.

c)    Official maksimal 8 orang.

 

b)   DIVISI DRUM BAND SENIOR

Peserta yang digolongkan kedalam Divisi Drum Band Senior adalah band peserta yang berasal dari tingkat SEKOLAH MENENGAH PERTAMA dan SEKOLAH MENENGAH ATAS dan Sederajat (SMP/SMA/Sederajat) atau SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/SEKOLAH KEAGAMAAN/PONDOK PESANTREN baik Sekolah Umum maupun Sekolah Kejuruan/Keagamaan/ Pondok Pesantren yang menggunakan komposisi peralatan drum band.

  1. Peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011  dari Divisi Drum Band Senior terdiri dari  siswa/siswi tingkat SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ATAS (SMP/SMA) atau SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/SEKOLAH KEAGAMAAN/PONDOK PESANTREN yang resmi terdaftar di sekolah yang menjadi peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 .
  2. 2.    Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut tidak diperkenankan (dilarang) memperkuat unit Sekolahnya.
  3. Batas usia pemain Divisi Drum Band Senior adalah 16 (enam belas) tahun untuk tingkat SMP dan 19 (sembilan belas) tahun untuk tingkat SMA.
  4. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah.
  5. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda).
  6. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangksi berupa pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.
  7. Peralatan Perkusi dan Pit Instrument tidak terbatas sedangkan Peralatan Tiup Terbatas (Trumpet, Cornet, Fluegelhorn, Mellophone, Trombone, dan Baritone).

 

KOMPOSISI PEMAIN DIVISI DRUM BAND SENIOR

a)   Jumlah pemain inti keseluruhan minimal 40 orang (sudah termasuk color guard).

b)   Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti.

c)    Official maksimal 8 orang.

 

c)    DIVISI MARCHING BAND

Peserta yang digolongkan kedalam Divisi Marching Band adalah band peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Perusahaan Swasta dan Organisasi Umum.

  1. Peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011  dari Divisi Marching Band dapat terdiri dari  para pelajar, mahasiswa, karyawan perusahaan atau anggota organisasi yang resmi terdaftar di unit drum band/marching band yang menjadi peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011.
  2. Untuk Pemain dari Divisi Marching Band ini tidak dikenakan batasan usia maksimum.
  3. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Penanggung Jawab/Purek/Team Manager dari Band Peserta tersebut.
  4. Pemain yang sudah didaftarkan di Divisi Marching Band tidak dapat didaftarkan kembali sebagai pemain di Divisi Drum Band. (dilarang bermain ganda).
  5. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.
  6. Peralatan Perkusi, Pit Instrument, dan Peralatan Tiup tidak dibatasi.

 

KOMPOSISI PEMAIN DIVISI MARCHING BAND

  1. Jumlah pemain inti keseluruhan minimal 40 orang (sudah termasuk color guard).
  2. Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti.
  3. Official maksimal 8 orang.

 

4.   DAFTAR NAMA dan TANDA PENGENAL

a.   Unit Peserta akan menerima “Blagko Daftar Pemain Marching Band” yang memuat data pemain. Blangko Daftar Pemain yang sudah di isi harus sudah diterima oleh panitia pada saaat Technical Meeting, pada hari sabtu tanggal 24 September 2011. Selanjutnya berdasarkan Blangko Daftar Pemain tersebut, Panitia akan memberikan ID Card kepada peserta untuk di isi dan ditempeli foto ukuran 2 x 3 cm.

b.   ID Card yang sudah di isi dan ditempeli foto pemain akan dibubuhi cap oleh panitia selambat-lambatnya pada tanggal 6 Oktober 2011

5.   URUTAN PENAMPILAN DEVILE DAN DISPLAY

Ditentukan melalui undian yang dilaksanakan pada saat Technical Meeting.

6.   PAKAIAN SERAGAM/KOSTUM

a.   Kostum pemain adalah kostum masing-masing unit/perkumpulan.

b.   Pemain cadangan wajib menggunakan kostum pemain.

c.   Official diharapkan dapat mengunakan seragam tersendiri, dan bukan seragam pemain.

7. PELAKSANAAN TEKNIS dan KETENTUAN PENAMPILAN

 
1. PENJELASAN TEKNIS DEVILE DAN DISPLAY

A. Peserta wajib mengikuti DEVILE dan DISPLAY .
B. PENJELASAN TEKNIS DEVILE

  1.    Band peserta Devile terdiri dari :
    1. Satu orang pembawa papan nama unit;
    2. Satu orang Drum Major atau Field Commander atau Kedua-duanya;
    3. Pemain Inti sesuai jumlah minimal pemain masing-masing divisi;
    4. Minimal 8 orang pengawal barisan dapat ikut berbaris dibelakang atau disamping barisan di pinggir jalan yang dilalui peserta dan atau di depan barisan (2 orang di depan, 2 orang di belakang, 2 orang di kiri, dan 2 orang di kanan). Pengawal barisan menggunakan seragam tertentu, Pengawal barisan tidak dinilai tetapi wajib disertakan. Pengawal barisan berfungsi untuk membantu anggota unitnya yang tidak dapat melanjutkan Devile karena sebab-sebab tertentu atau memungut asesoris atau peralatan yang terjatuh. Pengawal barisan turut serta mengamankan atau membebaskan jalur jalan dari penonton yang menjorok masuk atau mengganggu barisan.
  1.   Formasi Devile
    1. Berada paling depan adalah pembawa papan nama, selanjutnya dengan jarak 2 meter dibelakangnya adalah pembawa Banner (bila ada) atau Drum Major atau Field Commander, disusul maksimal 5 meter dibelakangnya adalah barisan pemain inti dan color guard.
    2. Drum Major/Field Commander boleh bergerak kesamping, masuk kedalam barisan, atau kedepan, tetapi tidak boleh melampaui pembawa papan nama.
    3. Formasi barisan pemain utama dan color guard tidak ditentukan (sesuai pilihan band peserta), posisi pemain dalam bentuk formasi tidak ditentukan.
    4. Pada saat memulai Start atau memasuki garis Finish, bentuk barisan peserta harus berbanjar empat kebelakang, tetapi di sepanjang jalur Devile diperbolehkan untuk berimprovisasi (manuver/dinamika/variasi) yang dilakukan sambil berjalan (tidak boleh berhenti) dan tidak mengganggu peserta lainnya.
  1. 3.    Pelaksanaan Devile
    1. Sebelum Devile dimulai, band peserta menempatkan diri di belakang garis Start dengan formasi berbanjar empat kebelakang. Selama berada di belakang garis start, sebelum aba-aba start diberikan, band peserta tidak diperbolehkan membunyikan alat apapun.
    2. Band peserta baru dapat memainkan alat musiknya setelah petugas memberi aba-aba start dengan mengibarkan bendera start ke atas.
    3. Musik yang dimainkan oleh band peserta tidak dibatasi jenis dan banyaknya.
    4. Pada Special Stage, band peserta wajib melakukan atraksi kecil yang dilakukan sambil tetap berjalan dengan cara melakukan variasi gerakan, variasi barisan, atau manuver-manuver tertentu. Field Commander/Drum Major wajib melakukan penghormatan ke arah Dewan Juri/Tribun.
  1. 4.    Penalti
    1. Jumlah pemain utama dan/atau color guard tidak sesuai dengan ketentuan (-1 point).
    2. Field  Commander/Drum Major tidak melakukan penghormatan pada Special Stage  (-1 point).
    3. Anggota unit (pemain utama/color guard) tidak dapat menyelesaikan Devile (-2 point).
    4. Field Commander/Drum Major tidak dapat menyelesaikan Devile (- 2 point).
    5. Seluruh pemain dari suatu band peserta Devile tidak dapat menyelesaikan Devile (tidak dinilai).
  1. C.   PENJELASAN TEKNIS DISPLAY

 

PERALATAN

a. Corak dan warna bendera color guard tidak dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan suatu negara.
b. Boleh menggunakan peralatan tambahan lain seperti Tongkat, Payung, Saber, Riffle, dan sebagainya.
c. Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen Background, Moving Wall, Gapura, dan sebagainya).
d. Semua peralatan perkusi selaput/membran (drum) dan alat tabuh lainnya seperti keyboard yang tidak menggunakan listrik untuk menghasilkan suaranya, diperkenankan untuk diper­gunakan.
e. Instrumen perkusi, keyboard diperbolehkan menggunakan tabung resonator. Suatu jenis motor DC yang menggunakan baterai hanya dipakai untuk vibraphone. Motor tersebut bu­kan dipakai untuk memperbesar suara, namun semata-mata untuk menghasilkan efek vibra­si dengan memutar sudu-sudu pada tabung resonator. Amplifier listrik dan/atau alat elektronik lainnya yang berfungsi sebagai alat pengeras suara dilarang untuk dipergunakan.
f. Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (Pit instrument), dapat ditempatkan terlebih dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apa­bila giliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta yang sedang tampil terlebih dahulu.
g. Alat tiup yang diperkenankan dipakai, tidak dikenai pembatasan dalam hal jenis ataupun jum­lahnya. Penggunaan mutes tidak dilarang.
h. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan peralatan listrik dan segala jenis peralatan yang berbahaya seperti penghasil panas, penghasil asap, tabung bertekanan, kembang api, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena lomba.
i. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.

D.REPERTOIRE

  1. Setiap peserta diperkenankan untuk membawakan lagu-lagunya tanpa dibatasi jumlahnya, baik itu merupakan lagu-lagu yang terpisah atau berdiri sendiri maupun merupakan suatu rangkaian lagu-lagu yang biasanya disebut medley atau suatu rangkaian lagu-lagu dari suatu musical play.
  2. Tidak ada lagu wajib yang harus ditampilkan oleh unit peserta. Peserta bebas menentukan lagu-lagu yang akan ditampilkannya.
  3. Sebelum lomba dimulai, Para peserta melakukan warm up, maksimal selama 2 menit (120 detik), dengan memainkan sebuah lagu tertentu, dan dilakukan dengan cara membelakangi Tribun VVIP.

 E.PERMAINAN SOLO DAN DUET

Peserta diberi kesempatan, untuk menampilkan permainan Solo untuk alat tiup atau perkusi, serta permainan duet untuk alat tiup yang akan dinilai tersendiri terlepas dari unit secara keseluruhan.

Panjang permainan Solo dan Duet tersebut ditentukan paling sedikit harus 1(satu) kalimat lagu sesuai dengan metrum/sukat  lagu tersebut.
Tiap peserta hanya diperbolehkan untuk menampilkan 1(satu) orang solist untuk permainan Solo dan 1 (satu) pasang pemain untuk permainan duet.

F.PELAKSANAAN TEKNIS PENAMPILAN

  1. 60 (enam puluh) menit sebelum jadwal penampilan yang telah ditentukan, peserta yang bersangkutan beserta seluruh personilnya harus sudah hadir ditempat lomba.
  2. Setibanya peserta ditempat lomba, Team Manager harus segera melaporkan kedatangan unitnya kepada Panitia Penyelenggara (d.h.i. Seksi Roll Call), dimana kepadanya akan diberikan formulir kedatangan yang wajib diisi saat itu juga. Kemudian saat itu juga akan diberikan suatu tanda yang wajib dipakai oleh Field Commander Utama.
  3. Selama waktu menunggu giliran penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan di luar arena pertandingan, sepanjang tidak menganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.
  4. 15 (lima belas) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus sudah siap ditempat yang telah ditentukan , pada saat itu pula akan dilakukan pemeriksaan oleh seksi Roll Call.
  5. Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat  kepada peserta untuk memasuki arena lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba di serahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan dengan memperhatikan ketentuan tentang march in dan march off (masing-masing maksimal 2 menit).
  6. Selanjutnya peserta menempatkan diri pada posisi untuk Warming Up (Pemanasan) yang boleh diatur/dipilih sendiri demi efektivitas pemanasan. Pada posisi pemanasan tersebut, kepada peserta yang bersangkutan diberikan waktu untuk pemanasan/warming up selama 90 detik (1,5 menit) dengan cara membelakangi Tribune Utama . Setelah pemanasan selesai dilakukan, peserta boleh berpindah tempat keposisi awal/start yang dipilihnya sendiri. Kelebihan waktu untuk pemanasan Warming Up akan dikenakan penalty, diperhitungkan untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik dan bagiannya di bulatkan ke atas.
  7. Selama peserta mempersiapkan diri, Pemandu Acara mengumumkan data-data dari peserta yang bersangkutan sesuai dengan apa yang ditulis oleh Team Manager pada formulir yang diisinya disaat melapor pada seksi Roll Call
  8. Setelah peserta selesai warming up serta siap pada posisi awal/start yang ditandai dengan menghadap kembali ke arena lomba dalam keadaaan sikap istirahat ditempat, maka Pemandu Acara akan bertanya kepada juri sebagai berikut : “Kepada para Juri yang terhormat, sudah siapkah Anda?” Semua Juri mengangkat tangannya sebagai jawaban/pertanda bahwa mereka sudah siap.
  9. Selanjutnya Pemandu Acara akan mengajukan pertanyaan kepada Drum Major/Drum Majorette atau Field Commander (bagi peserta yang tidak memakai Drum Major/Drum Majorette) sebagai berikut : ” Drum Major/Drum Majorette/Field Comander sudah siapkah unit Anda?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Drum Major/Drum Majorette/ Field Commander menyiapkan unitnya, kemudian memberi hormat ke arah Tribune Utama  dengan gaya dan caranya sendiri. Khusus untuk Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander, setelah pemandu acara mengajukan pertanyaan seperti tersebut di atas, maka segala gerakan dan tindakannya sudah mulai dinilai. Setelah Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander memberi hormat, Pemandu  Acara  akan memberi isyarat kepada peserta yang bersangkutan sebagai berikut : “Silahkan Anda mulai”.
  10. Pada akhir penampilannya, Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander wajib memberikan hormat kepada Tribune Utama . Setelah memberi hormat Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander supaya tetap ditempat dahulu, sampai seorang petugas Panitia Penyelenggara menerimakan/menyerahkan suatu tanda Bukti Prestasi SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION ( SMBC ) 2011 .
  11. Peserta lalu bergerak keluar arena lomba dengan memperhatikan ketentuan march off.

 

G. KETENTUAN PENAMPILAN

  1. Peserta diwajibkan melaksanakan suatu pagelaran musik dan display dalam suatu arena display out door.
  2. Penampilan harus menghadap ke arah Tribune Utama  kecuali apabila pada saat tertentu dimana suatu display mengharuskan demikian, tetapi berakhir kembali menghadap ke arah Tribune Utama
  3. Pada saat masuk arena lomba (March In) hanya boleh diiringi oleh sebuah instrument ritmik sebagai pengatur langkah, sedangkan pada saat keluar dari arena (March off) diperkenankan memainkan Cadence.
  4. March In diberi waktu maksimal 120 detik (2 menit). Penghitungan waktu dimulai semenjak pemain (orang) pertama menginjak lantai arena lomba sampai dengan seluruh pemain siap tampil pada posisi tuning/warming up.
  5. Sedangkan penghitungan waktu untuk March Off dimulai sejak gerakan pertama dari posisi akhir dilaksanakan sampai dengan orang terakhir keluar dari lantai arena lomba. March Off diberi waktu maksimal 120 detik (2 menit).  Kelebihan waktu untuk pelaksanaan March In maupun March Off akan dikenakan penalty, diperhitungkan untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik dan bagiannya di bulatkan ke atas.
  6. Waktu untuk seluruh pagelaran musik dan display ditentukan untuk Divisi Drum Band Junior 8 – 10 menit, Divisi Drum Band 10 – 12 menit dan Divisi Marching Band 10 – 12  menit. Waktu Penampilan yang menyimpang dari ketentuan di atas (lebih atau kurang) akan dikenakan penalty yang diperhitungkan setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. Penghitungan waktu dimulai pada saat salah satu alat musik dimainkan (dibunyikan) atau sejak gerakan pertama dari posisi awal/start dilaksanakan sampai dengan Field Commander memberi penghormatan sebagai tanda bahwa pagelaran unitnya telah selesai.
  7. Seperti halnya pada awal penampilan, pada akhir penampilanpun Field Commander wajib untuk memberi hormat  ke arah Tribune Utama . Pemberian hormat pada akhir penampilan ini merupakan suatu tanda bahwa acara pagelaran peserta tersebut telah selesai dilaksanakan dan pada saat yang bersamaan penghitungan waktu pagelaran dihentikan.
  8. Setelah itu kepada peserta yang bersangkutan akan diserahkan/diberikan sebuah “Tanda Bukti Prestasi SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION ( SMBC ) 2011 ” yang akan diterima oleh Field Commander.
  9. Field Commander/Drum Majorette dinilai secara terpisah. Untuk peserta yang memakai lebih dari seorang Field Commander/Drum Majorette yang akan dinilai hanyalah Field Commander/Drum Majorette Utama saja.
  10. Selama melaksanakan pagelarannya (lomba), semua alat maupun perlengkapan diperbolehkan untuk setiap waktu diletakkan dilantai arena lomba.
  11. Selama peserta sedang melakukan/melaksanakan pagelarannya, Official atau Roadies dari peserta yang bersangkutan tidak diperbolehkan berada dalam arena lomba. Official, Pelatih dan Roadies diperkenankan berada diarena lomba pada saat pengaturan dan penempatan alat-alat besar di Pit dan perlengkapan lainnya untuk unsur pendukung sebelum unit peserta masuk ke arena lomba (march in). Segera setelah penempatan dan pengaturan alat-alat serta perlengkapan tersebut selesai, yang bersangkutan diharuskan segera keluar meninggalkan arena lomba dan berkumpul/menyaksikan di tempat yang telah ditentukan oleh Panitia Penyelenggara.
  12. Pada saat pergantian lagu, peserta diperkenankan untuk berhenti total dengan catatan bahwa jumlah waktu untuk berhenti total dalam seluruh penampilan/pagelaraannya tidak boleh melebihi 60 (enam puluh) detik. Bila Jumlah waktu berhenti total dalam seluruh penampilan/pagelaran melebihi waktu 60 (enam puluh) detik maka akan dikenakan penalty, dihitung dari setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan keatas.
  13. Pada saat akan melaksanakan permainan solo atau duet, para pemain yang bersangkutan wajib keluar dari formasi unitnya dan berdiri didepan menghadap Tribun Utama  lalu memberi hormat dan selanjutnya baru melaksanakan permainannya (Solo atau Duet). Demikian pula halnya bila telah selesai dengan permainan Solo atau Duetnya, mereka wajib pula memberi hormat ke arah Tribune Utama , lalu baru masuk kembali ke formasi unitnya. Kelalaian keluar dari formasi atau memberi hormat di awal ataupun di akhir permainan solo atau duet dapat mengakibatkan solo atau duet yang dilaksanakan tidak memperoleh penilaian.
  14. Para pemain alat tiup atau perkusi diberi kesempatan untuk keluar dari formasi unitnya guna memainkan satu atau sejumlah alat musik statis tanpa ada kewajiban untuk memberi hormat ke arah Tribune Utama , tetapi gerakan ini bukan merupakan bagian dari permainan Solo atau Duet.
  15. Seorang pemain atau lebih dan unit peserta yang sedang melakukan pagelarannya tidak diperbolehkan keluar dan/atau melanggar batas arena lomba, misalnya naik dan/atau turun ke/dari tribun penonton maupun keluar dan masuk kembali melalui pintu masuk ataupun pintu keluar pelanggaran terhadap ketentuan ini akan dikenakan penalty.

 

H. PENALTI 

Penalti adalah pengurangan terhadap nilai total peserta yang dikenakan sebagai penalty untuk pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :

 

a.

March In maupun March Off melebihi waktu yang diperbolehkan untuk masing-masing 120 detik (2 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan keatas ……………………………………………………………………

0,1

b.

Kelebihan waktu pemanasan (Warming up) dari waktu yang diperbolehkan yaitu 60 detik (1 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan keatas ……………………………………………………………………

0,1

.

Field Commander tidak memberi hormat pada awal penampilannnya …………………………………………………………………….

0,1

d.

Field Commander tidak memberi hormat pada akhir penampilannya ………………………………………………………………………

0,1

e.

Waktu penampilan yang kurang dari 10 (sepuluh) menit, dihitung kekurangannya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan keatas ……………………………………………………

0,1

f.

Waktu Penampilan yang lebih dari 12 dua belas) menit, dihitung kelebihannya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan keatas ……………………………………………………………………

0,1

g.

Waktu berhenti total dalam waktu seluruh pagelaraan/penampilan yang melebihi 1 (satu) menit, dihitung kelebihannya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan keatas ……………………………………………………………………

0,1

h.

Seorang atau lebih pemain keluar dari batas arena lomba selama penampilannya berlangsung, diperhitungkan pemainnya untuk setiap pemain yang melanggar ketentuan ini ……………………………

0,5

i.

Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalty setelah terdengar panggilan yang kedua, jarak antara panggilan pertama dan kedua adalah 60 (enam puluh) detik ……………………………………………………………………………………..

0,5

j.

Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalty setelah terdengar panggilan yang ketiga seperti butir “l” ………………………………………………………………………

 

Namun setelah panggilan ketiga, dan ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik peserta yang bersangkutan belum juga tampil di arena lomba, maka peserta tersebut dapat dikenakan hukuman diskualifikasi ……………………………………………………………

0.5

k.

Peserta Divisi Drum Band menggunakan alumni atau pemain yang melewati batas umur yang diijinkan

Pencopotan Gelar kejuaraan

I. DISKUALIFIKASI

Diskualifikasi dikenakan terhadap peserta yang melanggar ketentuan sebagai berikut :

  1. Belum mengembalikan formulir pendaftaran.
  2. Belum melunasi uang pendaftaran.
  3. Belum menyerahkan daftar nama anggotanya
  4. Memakai pemain yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain dari peserta yang bersangkutan.
  5. Perserta menggunakan pemain yang namanya juga terdaftar dalam daftar nama pemain dari  peserta lain (pemain ganda).
  6. Pembina, pelatih dan/atau official lainnya memberi petunjuk atau isyarat-isyarat kepada unitnya yang sedang tampil di arena lomba
  7. Peserta membawa alat komunikasi yang memungkinkan peserta yang bersangkutan berhubungan dengan official dan /atau sebaliknya saat sedang melakukan pagelaran atau penampilannya
  8. Setelah dipanggil untuk ketiga kalinya dan selanjutnya ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik, tetapi peserta yang bersangkutan belum juga hadir diarena lomba.
  9. Perkecualian untuk hal ini apabila keterlambatan hadir disebabkan oleh suatu keadaan atau kejadian “Force Majeur” yang wajib dibuktikan secara meyakinkan yang tidak dapat disangsikan kebenarannya, maka untuk peserta tersebut giliran penampilannya akan dilaksanakan pada giliran terakhir dari Babak tersebut.
  10. Membuat kegaduhan yang diluar batas kewajaran dan/atau kerusuhan didalam maupun diluar arena (termasuk para supporter/pendukung)
  11. Mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh dan melanggar etiket/susila/sara, mengejek, mencemooh dan bersikap menantang terhadap penyelenggara, petugas dan/atau Juri yang termasuk dalam jajaran Kepanitiaan SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION ( SMBC ) 2011  .
  12. Menggunakan bendera untuk Color Guard yang memakai design dan warna bendera suatu negara

m. Menggunakan alat amplifier listrik atau elektronik lainnya, kecuali motor DC dengan baterai untuk memutar sudu-sudu vibraphone.

 

9.   PENILAIAN

Unsur-unsur yang di nilai serta nilai-nilai yang dapat di raih adalah sebagai berikut:

  1. A.     Devile Band

Penilaian

Unsur yang dinilai

TOTAL NILAI

MARCHING PERFORMANCE Keseragaman berbaris

40

Kelurusan berbaris
Jarak antar Barisan
Teknik Berbaris
MUSIC PERFORMANCE Music Analysis Horn Line

40

Music Analysis Percussion Line
Arransemen
SHOWMANSHIP Semangat Penampilan

20

 

Kepercayaan Diri
Sikap
Variasi Barisan
  JUMLAH TOTAL

100

 

  1. B.      Display Band
Penilaian Unsur yang dinilai NILAI   TOTAL NILAI
DISPLAY &SHOWMANSHIP

( D.S )

KONSEP PAGELARAN, KERAPIHAN,KESERAGAMAN & KESELARASAN 150 250  : 10

25

EFFEK SHOWMANSHIP 100
MUSIC ANALYSIS HORN LINE

( M.A – H.L )

Mutu Teknik 100 200  : 10

20

Penguasaan Musik 100
MUSIC ANALYSIS PERCUSSION LINE

( M.A – H.L )

Mutu Teknik 100 200  : 10

20

Penguasaan Musik 100
COLOUR GUARD

( C.G )

KOMPOSISI PROGRAM 50 100 :  10

10

KESEMPURNAAN 50
GENERAL EFFECT

( G.E )

 

Musical Effect 80 250 :  10

25

Showmanship effect 60
Visual Effect 110
    TOTAL NILAI

100

 

  1. C.      Penilaian lainnya

Penilaian lainnya adalah penilaian tersendiri. Hasil penilaian ini tidak akan diakumulasikan dengan nilai keseluruhan untuk penentuan juara umum. Nilai ini hanya berpengaruh kepada perolehan piala tersendiri.

Penilaian

Unsur yang dinilai

NILAI

TOTAL NILAI

Keterangan

MAYORETTE PBB 40

100

Penilaian dilakukan pada saat Devile & Display
SIKAP KEPRIBADIAN 30

SKILL INDIVIDU

30

FIELD COMMANDER

 

SIKAP & KEPRIBADIAN

40

100

Penilaian Dilakukan pada saat Devile & Display

PENGUASAAN MATERI

30

KEPEMIMPINAN

30

SOLO HORN

TEKNIK PERMAINAN

40

100

Penilaian Dilakukan pada saat Devile & Display

TEKNIK PENYAJIAN

30

MUTU SUARA

30

PERCUSSION FEATURE

MUTU TEKNIK

50

100

Penilaian Dilakukan pada saat Display

PENGUASAAN MUSIK

50

COSTUM TEAM

DESAIN

40

100

Penilaian Dilakukan pada saat Devile dan Display

KESERASIAN/KOMPOSISI WARNA

30

KERAPIHAN/KESERAGAMAN

30

J. PENENTUAN JUARA DAN PEMENANG

Penentuan Juara dan pemenang dilaksanakan sebagaimana tersebut dibawah ini :

  1. DEVILE BAND
    1. Untuk penentuan nilai akhir masing-masing peserta pada babak Devile , dipergunakan rumus sebagai berikut: (Marching Performance) + (Music Performance) + (Showmanship) – (HUK/PNT) = NILAI AKHIR DEVILE
    2. (Marching Performance) + (Music Performance) + (Showmanship) terbaik pada babak Devile ditentukan berdasarkan nilai yang diraih masing-masing peserta pada masing-masing divisinya.
    3. Juara pada babak Devile adalah peserta yang pada penampilannya meraih nilai tertinggi dengan rumus sebagai berikut : (Marching Performance) + (Music Performance) + (Showmanship) – (HUK/PNT) = NILAI AKHIR DEVILE
    4. Apabila terdapat persamaan pada nilai akhir atau terdapat suatu TIE, maka cara menentukan Juaranya (Pemenangnya) adalah dengan membandingkan terlebih dahulu nilai unsur Showmanship dari kedua peserta yang bersangkutan. Peserta yang nilainya untuk unsur Showmanship lebih tinggi itulah pemenangnya.

Bila unsur Showmanship sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsure Music Performance. Bila nilai unsur Music Performance juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsure Marching Performance. Apabila ternyata keadannya masih sama, maka kita lihat HUK/PNT. Penalti/Hukuman yang terkecil itulah pemenangnya.

 

  1. DISPLAY BAND
    1. Untuk penentuan nilai akhir masing-masing peserta pada babak Display Band, dipergunakan rumus sebagai berikut: ( D.S) + (M.A-H.L) + (M.A-P.L) +  (G.E) + (C.G) – (HUK/PNT) = NILAI AKHIR DISPLAY BAND
    2. Untuk penentuan nilai akhir lomba perorangan yaitu Field Commander, Mayorette, Solo Horn, Percussion Feature dan kostum team ditentukan dengan nilai tertinggi yang diraih oleh masing-masing peserta.
    3. D.S &, M.A-H.L, M.A-P.L, G.E dan C.G terbaik ditentukan berdasarkan nilai yang diraih masing-masing peserta pada masing-masing divisinya.
    4. Juara pada babak Display band adalah peserta yang pada penampilannya meraih nilai tertinggi dengan rumus sebagai berikut :

(DS) + (MA-HL) + (MA-PL) +  (GE) + (CG) – (HUK/PNT) = NILAI AKHIR DISPLAY BAND

  1. Runner Up adalah peserta yang meraih nilai tertinggi sesudah nilai yang diraih oleh Juara dengan rumus yang sama.
  2. Tidak dikenal Juara Kembar atau Juara Bersama maupun Pemenang Kembar atau Pemenang Bersama.
  3. Apabila terdapat persamaan pada nilai akhir atau terdapat suatu TIE, maka cara menentukan Juaranya (Pemenangnya) adalah dengan membandingkan terlebih dahulu nilai unsur GE dari kedua peserta yang bersangkutan. Peserta yang nilainya untuk unsur GE lebih tinggi itulah pemenangnya.
  4. Bila unsur GE sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsur MA-HL. Bila nilai unsur MA-HL juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsur MA-PL. Bila nilai untuk unsur ini MA-PL juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsur D&S. Apabila inipun masih juga sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari CG. Apabila ternyata keadannya masih sama, maka kita lihat HUK/PNT. Penalti/Hukuman yang terkecil itulah pemenangnya.
  5. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur GE, maka untuk menentukan pemenangnya adalah dengan cara melihat/membandingkan nilai dari sub-unsur – sub-unsurnya Repoertoire. Yang nilainya lebih tinggi itulah pemenangnya.
  • Bila nilai sub-unsur Repertoire juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita lihat/bandingkan nilai dari sub-unsur Shomanship.
  • Bila nilai sub-unsur shomanship  juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita lihat/bandingkan nilai dari sub-unsur Visual Effect.
  1. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur MA-HL, maka untuk menentukan pemenangnya, caranya adalah sama dengan cara penentuan pemenang untuk unsur GE, dengan melihat/membandingkan nilai dari sub-unsur – sub-unsur sesuai dengan urutan di bawah ini :
    1. Mutu Tehnik
    2. Penguasaan Musik
    3. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur MA-PL, maka untuk menentukan pemenangnya caranya adalah sama dengan cara penentuan pemenang unsur GE, dengan melihat/membandingkan nilai dari sub-unsur – sub-unsurnya sesuai dengan urutan dibawah ini :
      1. Mutu Tehnik
      2. Penguasaan Musik
      3. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur D&S, maka untuk menentukan pemenangnya caranya adalah sama dengan cara penentuan pemenang unsur GE, dengan melihat/membandingkan nilai dari sub-unsur – sub-unsurnya sesuai dengan urutan dibawah ini :
      4. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur CG, maka untuk menentukan pemenangnya caranya adalah sama dengan cara penentuan pemenang unsur GE, dengan melihat/membandingkan nilai dari unsur – unsurnya sesuai dengan urutan dibawah ini :
      5. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur Field Commander, maka untuk menentukan pemenangnya caranya adalah sama dengan cara penentuan pemenang unsur GE, dengan melihat/membandingkan nilai dari sub-unsur – sub-unsurnya sesuai dengan urutan dibawah ini :
      6. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk Solo Horn, Duet Horn atau Solo Percussion, maka untuk menentukan pemenangnya caranya adalah sama dengan cara penentuan pemenang unsur GE, dengan melihat/membandingkan nilai dari unsur –unsurnya sesuai dengan urutan dibawah ini :

1.Konsep Pagelaran
2.Efek Shomanship

1.Aspek Komposisi & Koreografi
2.Aspek Artistik & Kostum
3.Penguasaan alat peraga
4.Keserasian dan Keseragaman Gerak
5.Integrasi Kelompok

1.Penguasaan Materi
2.Tehnik Conducting
3.Kepribadian
4.Cara dan Gaya menghormat

1.Tehnik Permainan
2.Tehnik Penyajian
3.Mutu Suara

K. JUARA dan PIALA BERGILIR

Sehubungan dengan adanya pembagian peserta menjadi tiga divisi (Drum Band Junior, Drum Band Senior dan Marching Band) dimana nantinya akan ada tiga Juara Sukabumi Marching Band Competition yaitu Juara Sukabumi Marching Band Competition  untuk Divisi Drum Band Junior, Juara Sukabumi Marching Band Competition untuk Divisi Drum Band Senior, dan Juara Sukabumi Marching Band Competition  untuk Divisi Marching Band.

Panitia menetapkan Juara Sukabumi Marching Band Cometition 2011 dan sekaligus menetapkan unit yang memperoleh Piala bergilir Sukabumi Marching Band Competition akan jatuh kepada band yang memiliki nilai akhir Devile dan Display tertinggi dari seluruh peserta di masing – masing divisi tersebut dengan rumus :

( NILAI AKHIR DEVILE )  + (NILAI AKHIR DISPLAY) / 2 = NILAI AKHIR DEVILE DAN DISPLAY.

Adapun Piala Bergilir yang diperebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Piala Bergilir SMBC Divisi Drum Band Junior

Akan diberikan kepada Juara  SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011  untuk Divisi Drum Band Junior dan merupakan Piala Bergilir Tetap.

  1. Piala Bergilir SMBC Divisi Drum Band Senior

Akan diberikan kepada Juara  SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011  untuk Divisi Drum Band Senior dan merupakan Piala Bergilir Tetap.

  1. Piala Bergilir SMBC Divisi Marching Band

Akan diberikan kepada Juara  SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011  untuk Divisi Marching Band dan merupakan Piala Bergilir Tetap.

Yang dimaksud dengan Piala Bergilir Tetap adalah bahwa piala-piala tersebut tidak dapat dimiliki oleh peserta, walaupun peserta yang bersangkutan telah berhasil merebut salah satu piala tersebut di atas secara berturut-turut sebanyak 3 (tiga) kali atau lebih.

Para pemenang Piala Bergilir Tetap tersebut di atas, berhak untuk menyimpan piala yang bersangkutan selama satu masa antar waktu pelaksanaan Sukabumi Marching Band Competition (SMBC) Selanjutnya. Bilamana Piala Bergilir Tetap tersebut akan diperebutkan kembali maka kepada pemegang piala yang bersangkutan akan diberikan Piala Miniatur dari piala bergilir yang bersangkutan.

  1. Tidak dikenal Juara Kembar atau Juara Bersama maupun Pemenang Kembar atau Pemenang Bersama.
  2. Apabila terdapat persamaan pada nilai akhir atau terdapat suatu TIE, maka cara menentukan Juaranya (Pemenangnya) adalah dengan membandingkan terlebih dahulu nilai unsur Hukuman/Pinalti pada penilaian Devile + Hukuman/Pinalty pada penilaian display dari kedua peserta yang bersangkutan. Peserta yang nilai Hukuman/Pinaltynya paling kecil itulah pemenangnya.
  3. Bila unsure hukuman/penalty sama, maka cara menentukan Juaranya (Pemenangnya) adalah dilihat terlebih dahulu dari perolehan unsure – unsure penilaian display band dengan membandingkan terlebih dahulu nilai unsur GE dari kedua peserta yang bersangkutan. Peserta yang nilainya untuk unsur GE lebih tinggi itulah pemenangnya.
  4. Bila unsur GE sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsur MA-HL. Bila nilai unsur MA-HL juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsur MA-PL. Bila nilai untuk unsur ini MA-PL juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari unsur D&S. Apabila inipun masih juga sama, maka dengan cara yang sama pula kita bandingkan nilai dari CG. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur GE, maka untuk menentukan pemenangnya adalah dengan cara melihat/membandingkan nilai dari sub-unsur – sub-unsurnya Repoertoire. Yang nilainya lebih tinggi itulah pemenangnya.
  5. Bila nilai sub-unsur Repertoire juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita lihat/bandingkan nilai dari sub-unsur Shomanship.
  6. Bila nilai sub-unsur shomanship  juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula kita lihat/bandingkan nilai dari sub-unsur Visual Effect.
  7. 10.  DEWAN JURI

Dewan juri diambil dari berbagai kalangan yang menguasai bidang masing-masing dan berjumlah sebagai berikut:

  • 1 Orang Juri Display & Showmanship
  • 1 Orang Juri Music Analysis Percussion Line
  • 1 Orang Juri Music Analysis Percussion Line
  • 1 Orang Juri Color Guard
  • 1 Orang Juri General Effect
  • 1 Orang untuk pencatat Waktu dan pencatat Hukuman/Penalty
  1. 11.    PROTES

Pada hakekatnya, penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali untuk salah penjumlahan angka/nilai yang akan diperbaiki sebagaimana mestinya. Apabila band peserta merasa dirugikan, maka protes dapat diajukan secara tertulis dengan bukti autentik kepada Ketua Bidang Lomba yang ditandatangani oleh Team Manager serta membayar biaya protes sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) yang digunakan sebagi uang jaminan dan akan dikembalikan kepada Band peserta apabila protes memang diterima. Protes dilakukan selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian, yang kemudian akan langsung ditandatangani oleh Dewan Juri.

  1. 12.    PEMENANG dan HADIAHNYA

A. Divisi Drum Band Junior

  1. I.     Akumulasi Total Nilai Devile dan Display

1)      Juara I (Akumulasi Total Nilai Devile & Display ) = Piala bergilir,Piala tetap dan uang pembinaan

2)      Juara II (Akumulasi Total Nilai Devile & Display ) = Piala tetap dan uang pembinaan

3)      Juara III (Akumulasi Total Nilai Devile & Display ) = Piala tetap dan uang pembinaan

  1. II.      Devile Band

1)      Deville terbaik 1,2 dan 3   = Piala tetap

2)      Marching Performance terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

3)      Music Performance terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

4)      Showmanship terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

  1.   III.      Display Band

1)      Display Band terbaik 1,2 dan 3  = Piala tetap

2)      Display and showmanship Terbaik 1 dan 2 = Piala tetap

3)      Horn line Terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

4)      Percussion line Terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

5)      Color Guard Terbaik 1 dan 2 = Piala tetap

6)      General Effect Terbaik 1 & 2   = Piala Tetap

IV. Penilaian Lainnya

1)      Percussion Feature Tebaik 1 dan 2  = Piala Tetap

2)      Mayoret terbaik 1 dan 2 = Piala tetap

3)      Costum Team Terbaik 1 dan 2  = Piala Tetap

4)      Gita Pati terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

5)      Peserta favorit     = Piala tetap

 

  1. B.      Divisi Drum Band Senior
    1. I.     Akumulasi Total Nilai Devile dan Display

1)      Juara I (Akumulasi Total Nilai Devile & Display ) = Piala bergilir,Piala tetap dan uang pembinaan

2)      Juara II (Akumulasi Total Nilai Devile dan Display ) = Piala tetap dan uang pembinaan

3)      Juara III (Akumulasi Total Nilai Devile dan Display ) = Piala tetap dan uang pembinaan

  1.                               II.      Devile Band

1)          Deville terbaik 1,2 dan 3 = Piala tetap

2)          Marching Performance terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

3)           Music Performance terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

4)          Showmanship terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

  1.                             III.      Display Band

1)  Display Band terbaik 1,2 dan 3  = Piala tetap

2)  Display and showmanship Terbaik 1 dan 2    = Piala tetap

3)  Horn line Terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

4)  Percussion line Terbaik 1 dan 2    = Piala tetap

5)  Color Guard Terbaik 1 dan 2    = Piala tetap

6)  General Effect Terbaik 1 & 2   = Piala Tetap

IV. Penilaian Lainnya

1)          Percussion Feature Tebaik 1 dan 2  = Piala Tetap

2)          Mayoret terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

3)          Costum Team Terbaik 1 dan 2 = Piala Tetap

4)          Gita Pati terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

5)          Peserta favorit 1 dan 2  = Piala tetap

 

  1. C.      Divisi Marching Band
  2. I.  Akumulasi Total Nilai Devile dan Display

1)          Juara I (Akumulasi Total Nilai Devile & Display ) = Piala bergilir,Piala tetap dan uang pembinaan

2)          Juara II (Akumulasi Total Nilai Devile dan Display ) = Piala tetap dan uang pembinaan

3)          Juara III (Akumulasi Total Nilai Devile dan Display ) = Piala tetap dan uang pembinaan

  1.                               II.      Devile Band

1)          Deville terbaik 1,2 dan 3   = Piala tetap

2)          Marching Performance terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

3)          Music Performance terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

4)          Showmanship terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

5)          Deville terbaik 1,2 dan 3     = Piala tetap

  1.                             III.      Display Band

1)          Display Band terbaik 1,2 dan 3  = Piala tetap

2)          Display and showmanship Terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

3)          Horn line Terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

4)          Percussion line Terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

5)          Color Guard Terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

6)          General Effect Terbaik 1 & 2  = Piala Tetap

IV. Penilaian Lainnya

1)          Percussion Feature Tebaik 1 dan 2  = Piala Tetap

2)          Mayoret terbaik 1 dan 2   = Piala tetap

3)          Costum Team Terbaik 1 dan 2  = Piala Tetap

4)          Gita Pati terbaik 1 dan 2  = Piala tetap

5)          Peserta favorit 1 dan 2  = Piala tetap

 

13.    PENYERAHAN HADIAH

Penyerahan hadiah untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Upacara Penutupan Peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 selesai dilaksanakan. Seluruh peserta yang bertanding, wajib mengikuti Upacara penutupan tersebut, segera setelah Rapat Dewan Juri selesai dilaksanakan.

 

14.    KETENTUAN-KETENTUAN LAIN dan PENUTUP

a.   Setiap Band peserta berhak menerima “ Tanda Bukti Peserta SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) 2011 yang diikutinya.

b.   Hal-hal yang tidak termasuk di dalam ketentuan  ini akan di atur lebih lanjut untuk kemajuan SUKABUMI MARCHING BAND COMPETITION (SMBC) di tahun mendatang.

 

 DOWNLOAD :

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=5710

Posted by on Aug 15 2011. Filed under News, News, SMBC. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented