|

Liputan : Sosialisasi Teknis Alat Tiup Tingkat Sekolah Dasar

Penyelenggara : PDBI DKI Jakarta
Fasilitator : Wijaya Musik
Tpt/Tgl : 25-04-2009 Wijaya Musik Building Lt III
Performanced : Drum Band Gema Harapan Nusa SDN 02 Pulo Gebang Jakarta Timur
Pemberi materi : Arief Wibowo, Ipiet Priyatna, Priyo Wahono

Sosialisasi Teknis Alat Tiup(Trumpet) Tingkat Sekolah Dasar yang diadakan bersama Wijaya Musik menunjukkan keinginan baik PDBI Pengprov DKI Jakarta untuk memajukan Drum Band Tingkat SD(sekolah dasar).

Acara ini didukung penuh oleh Wijaya Musik yang merupakan penyedia peralatan alat musik drum band dan marching sejak tahun 1927. Dalam acara ini disampaikan materi-materi teknis alat tiup untuk sekolah dasar, anak-anak sekolah dasar yang ikut dalam acara ini terlihat senang dan serius memperhatikan materi yang disampaikan. Sosialisasi ini juga memberitahukan bagaimana manfaat alat tiup jika dimainkan anak sekolah dasar, dan juga bagaimana berlatih alat tiup sehari-hari dan bagaimana peran orangtua terhadap perkembangan musik bagi anaknya. Pada acara peragaan alat, ditampilkan anak-anak sekolah dasar SDN 02 Pulo Gebang Jakarta Timur yang begitu menikmati alat tiup mereka. Bangga melihat anak-anak DB SDN 02 Pulo Gebang Jakarta Timur yang dengan semangatnya memainkan nada-nada di trumpet mereka.

Drum Band tingkat SD(Kids Band) masih banyak yang belum menggunakan alat tiup modern, kebanyakan masih menggunakan Pianika. Di Indonesia Marching band tingkat dewasa sudah cukup maju, tetapi tidak diimbangi Drum Band tingkat SD karena peralatan musik masih menggunakan recorder atau pianika.

Dalam materi Sosialisasi Teknis Alat Tiup Tingkat Sekolah Dasar yang ditulis Kirnadi dijelaskan Mengapa harus menggunakan alat tiup Brass.

  • Bila hanya menggunakan alat tiup ala kadarnya(recorder atau pianika), impresi musik yang dihasilkan juga akan sangat minimal, sehingga tidak memberikan impact total secara timbal balik (baik kepada para pemainnya maupun penontonnya).
  • Dengan peralatan yang lengkap niscaya akan dapat mengajarkan kepada anak-anak didik kita untuk belajar memahami musik secara benar. Musik adalah alat komunikasi.
    Memahami musik adalah memahami komunikasi mahluk semesta dan belajar memainkan alat musik sama halnya dengan belajar berkomunikasi dengan semesta. Sebuah kenyataan bahwa Musik yang benar akan memberi impact tertentu pada kehidupan manusia. Impresi atau kesan seseorang pada waktu tertentu dipengaruhi oleh fungsi kognitif dan afektif terhadap sikap dan perilaku dari individu yang bersangkutan. Hal tersebut mengandung pengertian bahwa musik mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Melalui penghayatan nilai-nilai musikal dalam kegiatan pokok Marching Band seseorang akan menjadi lebih berbudaya
    tinggi dan akan lebih cerdas “MUSIC SPEAK BETTER THAN WORD” memang telah teruji pada riset-riset yang dilakukan oleh pakar dunia pendidikan.
    Bila musik yang mereka mainkan hanya ala kadarnya, khawatir hal itu akan mempengaruhi putra-putri kelak bekerja ala kadarnya atau asal jadi.
  • Alat Musik tiup yang ideal untuk Drum band tingkat SD sesuai fisik anak-anak adalah :
    • Trompet
    • Fluegel Horn
    • Mellophone
    • Marching Trombone
    • Jumlah ideal peralatan :
    34 alat tiup
    52 alat tiup
    8
    Trompet 1
    12
    6
    Trompet 2
    10
    6
    Fluegel Horn
    10
    6
    Mellophone
    10
    8
    Marching Trombone
    10

Pada sessi acara terakhir pengurus PDBI DKI Jakarta memberikan plakat ucapan terima kasih kepada Owner Wijaya Musik Bpk Pappu dan kepada Kepala Sekolah SDN 02 Pulo Gebang Ibu Hj Suharni. Acara diakhiri dengan jamuan makan siang di lantai IV Wijaya Musik Building.


Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=1154

Posted by on Apr 25 2009. Filed under Hornline, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply


Recently Commented