|

Juklak Jember Open Marching Competition II – 2013

PERATURAN DAN KETENTUAN  KEJUARAAN NASIONAL MARCHING BAND

JEMBER OPEN MARCHING COMPETITION II – 2013 SPECTACULAR

Bulan Berkunjung Ke Jember  2013

GOR PKPSO KALIWATES – JEMBER  20 – 22 September 2013

KETENTUAN UMUM

1. NAMA KEGIATAN

JEMBER OPEN MARCHING COMPETITION II – 2013 ( JOMC II – 2013 )

2. PENYELENGGARA
. KONI Pemerintah Daerah Kab. Jember
. PDBI Kab. Jember

3. PELAKSANA
. Lembaga Pendidikan Seni Budaya & Olah Raga JMB
. DMM enterprise

4. MOTTO
“Menang dengan rasa bangga, kalah dengan sikap ksatria”

5. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Memasyarakatkan kegiatan drum band & Marching Band di sekolah dan masyarakat
2. Memberikan kegiatan yang sehat dan terarah khususnya kepada pelajar dan remaja.
3. Membina generasi muda dan berpartisipasi aktif dalam menanggulangi kenakalan remaja.
4. Sebagai kulminasi kegiatan drum band & Marching Band dalam 1 tahun.
5. Memperkenalkan Kota Jember kepada masyarakat dari luar kota Jember
6. Memeriahkan acara pesta tahunan Kab. Jember yaitu Bulan Berkunjung Ke Jember

6. WAKTU DAN TEMPAT

JEMBER OPEN MARCHING COMPETITION II – 2013 ( JOMC II – 2013 ) akan dilaksanakan pada :

Hari : Jum’at, Sabtu dan Minggu

Tanggal : 20 – 22 September 2013

Tempat : GOR PKPSO KALIWATES, JL. NUSANTARA JEMBER

7. PESERTA

Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta
mematuhi “Peraturan dan Ketentuan JOMC II – 2013”

8. DIVISI
Peserta akan dikelompokkan sebagai berikut :

DIVISI DASAR

a. Peserta dari Divisi Dasar terdiri dari siswa/siswi aktif SEKOLAH DASAR yang resmi terdaftar di Sekolah yang menjadi peserta JOMC II – 2013.
b. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut DILARANG memperkuat unit Sekolahnya.
c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah.
d. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda).

e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa Diskualifikasi atau pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.

f. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, Pit Instrument tidak dibatasi, Peralatan Tiup dapat terdiri dari Pianika atau brass ( Trumpet, Mellofon, Marching Trombone)

KOMPOSISI PEMAIN DIVISI DASAR

. Tidak ada batasan Jumlah minimal pemain
. Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti.
. Official maksimal 8 orang.

DIVISI UMUM

a. Peserta dari Divisi Umum terdiri dari siswa/siswi aktif dari SEKOLAH MENENGAH PERTAMA / ATAS (SMP/SMA) atau SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN / SEKOLAH KEAGAMAAN / PONDOK PESANTREN / PERGURUAN TINGGI / ORGANISASI UMUM yang menjadi peserta JOMC II – 2013.

b. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut DIPERBOLEHKAN memperkuat unit Sekolahnya.
c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah.
d. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda / DILARANG BERMAIN GANDA).
e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa Diskualifikasi atau pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.
f. Peralatan Perkusi tidak dibatasi, Pit Instrument tidak dibatasi, Peralatan Tiup

TIDAK DIBATASI.

KOMPOSISI PEMAIN DIVISI UMUM

. Tidak ada batasan Jumlah minimal pemain
. Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti.
. Official maksimal 8 orang.

9. MATA LOMBA
a. STREET PARADE Full Band & STREET PARADE PERCUSSION ( Bagi yang hanya ikut drum battle)

Dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Jum’at, 20 September 2013

Tempat : Rien Collection Jl. Sultan Agung – Alun alun Jember

Jarak : 1 km

Jam : 18.00 Wib

b. DRUM BATTLE

Dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Sabtu & Minggu, 20 – 22 September 2013

Tempat : GOR PKPSO, Jl. Nusantara Jember

Jam : 15.00 – 17.00 Wib

Ukuran Lapangan : 18 meter x 26 meter

c. DISPLAY

Dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Sabtu & Minggu, 20 – 22 September 2013

Tempat : GOR PKPSO, Jl. Nusantara Jember

Jam : 08.00 – 21.00 Wib

Ukuran Lapangan : 18 meter x 26 meter

10. SISTEM PENILAIAN

1. MATA LOMBA STREET PARADE

a. Khusus untuk satuan/unit yang hanya mengikuti lomba DRUM BATTLE tetap wajib mengikuti parade dengan tim drum battle masing-masing untuk melakukan STREET PARADE PERCUSSION.
b. Pelaksanaan Street Parade akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 September 2013 pukul 18.00 WIB. Dengan urutan sesuai nomor penampilan dimulai dari Divisi Dasar.
c. Peserta street parade / street parade percussion sesuai dengan daftar pemain inti.
d. Masing-masing satuan/unit wajib melakukan display kecil pada saat tiba di tenda VIP / finish dengan durasi max 60 detik.( kelebihan waktu penampilan akan dikenakan penalti )
e. Penilaian Mata Lomba Street Parade meliputi :

MARCHING PERFORMANCE  40

a. Keseragaman Langkah
b. Kelurusan & Kerapihan Barisan
c. Jarak Antar Barisan
d. Tehnik Berbaris

MUSIC PERFORMANCE 40

a. Analisa Musik Percussion Line
b. Analisa Musik Horn Line

COLOUR GUARD 10

a. Kerapihan
b. Kebersamaan

SHOWMANSHIP 10

a. Semangat Penampilan
b. Sikap
c. Disiplin & Ketertiban
d. Kepercayaan Diri

JUMLAH TOTAL 100

f. Penilaian Street Parade Percussion meliputi :

MARCHING PERFORMANCE 40

e. Keseragaman Langkah
f. Kelurusan & Kerapihan Barisan
g. Jarak Antar Barisan
h. Tehnik Berbaris

MUSIC PERFORMANCE 40

Analisa Musik Percussion Line

SHOWMANSHIP 20

e. Semangat Penampilan
f. Sikap
g. Disiplin & Ketertiban
h. Kepercayaan Diri

JUMLAH TOTAL 100

g. PENALTI
. Drum Mayoret tidak melakukan penghormatan pada tenda VIP (-1 point )
. Pemain tidak dapat menyelesaikan parade ( – 2 point )
. Official memberi bantuan makan/minum saat parade ( – 5 point )
. Seluruh pemain tidak dapat menyelesaikan parade ( tidak dinilai )
. Tidak sesuai dengan jumlah daftar pemain inti ( – 2 point / orang )

2. MATA LOMBA DRUM BATTLE

a. Mata lomba Drum Battle akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan hari Minggu.
b. Komposisi pemain minimal 10 orang, official max 8 orang. Pemain cadangan max 10 % dari pemain inti.
c. Semua peralatan yang digunakan dalam kompetisi hanya peralatan perkusi lengkap dengan carriernya, hand cymbals, aksesories perkusi boleh digunakan tetapi bukan peralatan statis.
d. Peralatan statis dan peralatan elektronik dilarang digunakan.
e. Para peserta DILARANG MELEWATI GARIS BATAS ARENA BATTLE.
f. Pada babak pertama setiap team akan tampil satu persatu secara STATIS dan wajib menghadap juri selama 60 detik, untuk menentukan urutan tampil team peserta berhadapan dengan peserta lain.
g. Pada babak kedua setiap team melakukan penampilan cadence / percussion feature tidak boleh lebih dari 120 detik.
h. Setiap team menampilkan 2 cadence / percussion feature yang berbeda secara bergantian sambil membuat bentuk formasi tertentu / bermarching manuver.
i. Contoh urutan tampil bila peserta 8 team :

Urutan tampil ke-1 : Peserta No. Urut 1 vs Peserta No. Urut 8 (A)

Urutan tampil ke-2 : Peserta No. Urut 2 vs Peserta No. Urut 7 (B)

Urutan tampil ke-3 : Peserta No. Urut 3 vs Peserta No. Urut 6 (C)

Urutan tampil ke-4 : Peserta No. Urut 4 vs Peserta No. Urut 5 (D)

Urutan tampil ke-5 : Pemenang (A) vs Pemenang (C) . (E)

Urutan tampil ke-6 : Pemenang (B) vs Pemenang (D) . (F)

Urutan tampil ke-7 : Runner Up (E) vs Runner Up (F) . Juara III dan JuaraIV

Urutan tampil ke-8 : Pemenang (E) vs Pemenang (F) * Juara I dan Juara II

j. Penilaian DRUM BATTLE akan dinlai secara langsung oleh 7 dewan juri ditengah lapangan dan ditentukan langsung pemenangnya oleh dewan juri pada saat selesai penampilan.

Aturan penilaian drum battle sebagai berikut :

MUSIC SCORE 30

. Content 15
. Achievment 15

VISUAL SCORE 30

. Content 15
. Achievment 15

MUSIC EFFECT 20

. Content 10
. Achievment 10

VISUALEFFECT 20

. Content 10
. Achievment 10

JUMLAH TOTAL  100

k. PENALTI
. Setiap team yang melontarkan kata-kata yang menuju ke SARA akan di diskualifikasi.
. Setiap team yang melewati garis pembatas penalti 1 point

3. MATA LOMBA DISPLAY

a. Mata lomba DISPLAY dilaksanakan dalam 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final
b. Team yang masuk babak final diambil 70 % pembulatan atas dan bawah daintara point 5
c. DIVISI peserta terbagi sebagai berikut :

DIVISI DASAR

DIVISI UMUM

d. Durasi penampilan

DIVISI DASAR : 8 – 10 menit

DIVISI UMUM : 10 – 12 menit

e. MARS IN & MARS OUT : 5 menit
f. PEMANASAN : 1 menit
g. Tidak ada batasan untuk peralatan tiup, perkusi maupun pit instrument.
h. Diperbolehkan menggunakan peralatan listrik atau alat elektronik lainnya.
i. Dapat menggunakan property tambahan untuk mendukung penampilan.
j. Setiap peserta diperkenankan untuk membawakan lagu – lagu tanpa dibatasi jumlahnya.
k. Tidak ada lagu wajib yang harus ditampilkan.
l. PENILAIAN DISPLAY divisi Dasar & Umum akan menggunakan aturan sebagai berikut :

ANALISA MUSIK HORN LINE

a. Mutu Tehnik
b. Penguasaan Musik

Keseragaman,tehinkPenyajian,
penguasaan tehnis, ketepatan
waktu & irama , mutu suara
pengendalian ketepatan nada

Phrasing, ekspresi, style,
keteribatan, aransmen

ANALISA MUSIK PERCUSSION LINE

c. Mutu Tehnik

d. Penguasaan Musik

Keseragam,tehnik penyajian

Penguasaan tehnis, ketepatan
waktu & irama, mutus suara,
pengendalian ketepatan nada,
keseragaman articulasi

Phrasing, ekspresi, style,
keteribatan, aransmen
DISPLAY & SHOWMANSHIP

a. Marching Manuvering
b. Konsep Pagelaran
c. Efek Showmanship

Kerapihan, keseragaman, jarak,
pemecahan,pemutaran, sikap,
tempo, langkah, variasi gerakan,
artikulasi gerak tubuh & peralatan

Koordinasi, Interprestasi
penegasan, artistik, kontinuitas,
Kreativitas imajinasi, klimaks,
dampak keragaman

Keterlibatan, komunikasi,
emosional, semangat,
Profesionalisme

COLOUR GUARD

a. Komposisi program
b. Kesempurnaan

Bentuk, Gerak & Peralatan

Konstruksi, Integrasi,
musikalitas,variasi, pemanfaatan
bentuk gerak & peralatan

Bentuk, Gerak & Peralatan

Tehnik,timing, penempatan
posisi,eksekusi, pola bentuk

GENERAL EFFECT

a. Repertoire
b. Showmanship
c. Visual effect

Koordinasi, imajinasi, variasi,
kreatifitas, klimaks

Keterlibatan antar
bagian,,komunikasi, kedalaman
pagelaran, semangat, emosi,
profesionalisme

Keindahan, keserasian musik &
gerak, semangat, segi menghibur

m. Daftar Penalti lomba Display

Melebihi Batas Maksimal Total Waktu Penampilan yang telah
ditentukan, untuk setiap kelipatan 5 (lima) detik atau bagiannya
dibulatkan keatas. 0, 1

Melebihi Batas Maksimal mars in & mars out 5 menit dari Total
Waktu yang telah ditentukan, untuk setiap kelipatan 5 (lima) detik
atau bagiannya dibulatkan keatas.  0,1

Field Commander tidak memberi hormat di awal penampilannya 0,5

Field Commander tidak memberi hormat di akhir penampilannya 0,5

Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba
dikenakan penalti setelah terdengar panggilan yang kedua, jarak
antara panggilan pertama dan kedua adalah 90 (sembilan puluh) detik    0,5

Namun setelah panggilan ketiga, dan ditunggu selama 90(sembilan
puluh) detik peserta yang bersangkutan belum juga tampil di arena
lomba, maka peserta tersebut dapat dikenakan hukuman
diskualifikasi   diskualifikasi
Peserta Divisi Dasar menggunakan alumni  diskualifikasi

Official, Helper atau Roadies dari peserta yang sedang tampil
memasuki/berada di arena lomba atau memberi instruksi kepada
unit

11. PENDAFTARAN

Pendaftaran peserta dimulai tanggal 1 Januari – 14 April 2013 (atau jika kuota peserta sudah terpenuhi ), Biaya Pendaftaran Rp. 600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah) untuk semua mata lomba yang dipertandingkan yaitu Display, Street Parade dan Drum Battle.

( SETIAP PESERTA WAJIB MENGIKUTI STREET PARADE)

Uang pendaftaran dapat diserahkan secara langsung kepada panitia atau transfer melalui :

BANK : MANDIRI NO. REK. 143 000 2171 401

An. Tri Basuki

SEKRETARIAT PENDAFTARAN : Jl. S Parman 82 Jember

TELEPON / FAX : +62 – 331 – 321560 , 322262

CONTACT PERSON : MUHAMMAD 0857-4650-3139

: ITA DANIATI 0813-3629-9934

: DICKY FIRMANSYAH 0853-3478-8980

Email : jomconline@yahoo.com

12. PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

13. DAFTAR NAMA DAN TANDA PESERTA
o Setiap band peserta akan menerima blanko daftar nama pemain dan tanda peserta/official
o Blanko peserta dan tanda peserta / official wajib diisi data pemain dan ditempeli foto 2 x 3 cm
o Tanda Peserta / Official TIDAK BERLAKU SEBAGAI TANDA MASUK PENONTON
o ROADIS / HELPER wajib mengenakan seragam

14. TEHNICAL MEETING

Tehnical Meeting I akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Sabtu dan Minggu , 13 – 14 April 2013

Jam : 10.00 Wib

Tempat : AULA SECABA, JL. Secaba sukorejo Jember

Acara : Pendaftaran Terakhir, Sosialisasi Kejuaraan dan Coaching Clinic

Tehnical Meeting II akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal : Minggu, 25 Agustus 2013

Jam : 10.00 Wib

Tempat : AULA KONI, d.a GOR PKPSO KALIWATES JEMBER

Acara : Undian Penampilan

Pemantapan Akomodasi peserta Luar kota Jember

15. PEMENANG DAN HADIAH

Para peserta akan mendapatkan hadiah uang Pembinaan Total senilai Rp 150.000.000,- ( Seratus Lima puluh Juta Rupiah ) dan Trophy dengan rincian sebagai berikut :

1. DIVISI DASAR

Juara I DISPLAY

. Piala Bergilir Bupati Jember
. Piala Tetap
. Uang pembinaan sebesar Rp 15.000.000,-

Juara II DISPLAY

. Piala Bergilir Kanpora Jember
. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 10.000.000,-

Juara III DISPLAY

. Piala Bergilir Koni Jember
. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 5.000.000,-

2. DIVISI UMUM

Juara I DISPLAY

. Piala Bergilir Bupati Jember
. Piala Tetap
. Uang pembinaan sebesar Rp 25.000.000,-

Juara II DISPLAY

. Piala Bergilir Kanpora Jember
. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 20.000.000,-

Juara III DISPLAY

. Piala Bergilir Koni Jember
. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 15.000.000,-

3. JUARA DRUM BATTLE DIVISI DASAR

Juara I

. Piala Tetap
. Uang pembinaan sebesar Rp 10.000.000

Juara II

. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 6.000.000,-

Juara III

. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 4.000.000,-

4. JUARA DRUM BATTLE DIVISI UMUM

Juara I

. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 17.000.000,-

Juara II

. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 13.000.000,-

Juara III

. Piala Tetap
. Uang Pembinaan sebesar Rp 10.000.000,-

5. Masing-masing unsur penilaian display per divisi akan diberikan Piala untuk terbaik 1,2 dan 3
6. Field Commander
. Terbaik 1, 2 dan 3 per divisi
7. Mayoret
. Terbaik 1, 2 dan 3 per divisi
8. Street Parade & Parade Percussion per divisi
. Juara 1, 2 dan 3

16. DISKUALIFIKASI

Diskualifikasi dikenakan terhadap peserta yang melanggar ketentuan sebagai berikut :

a. Belum mengembalikan formulir pendaftaran.
b. Belum melunasi uang pendaftaran.
c. Belum menyerahkan daftar nama anggota
d. Memakai pemain yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain dari peserta yang bersangkutan.
e. Peserta menggunakan pemain yang namanya juga terdaftar dalam daftar nama pemain dari peserta lain.
f. Pembina, Pelatih / official lainnya memberi petunjuk atau isyarat kepada unitnya yang sedang tampil.
g. Setelah dipanggil untuk kalinya dan selanjutnya ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik, tetapi peserta yang bersangkutan belum juga hadir di arena lomba.
h. Perkecualian untuk hal ini apabila keterlambatan hadir disebabkan oleh suatu keadaan atau kejadian force majeur yang wajib dibuktikan secara meyakinkan yang tidak dapat disangsikan kebenarannya, maka untuk peserta tersebut giliran penampilannya akan dilaksanakan pada giliran terakhir dari babak tersebut.
i. Membuat kegaduhan yang diluar batas kewajaran dan/atau kerusuhan di dalam maupun diluar arena (termasuk para suporter/pendukung) Mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh dan melanggar etiket/susila/sara.

17. PROTES

Penilaian Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali untuk salah penjumlahan angka/nilai yang akan diperbaiki sebagaimana mestinya. Bila peserta merasa dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Bidang Lomba yang ditanda tangani oleh Team Manager serta membayar biaya protes sebesar Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian yang kemudian akan ditangani oleh Dewan Juri.

18. PENYERAHAN HADIAH

Penyerahan Piala Kejuaraan dan Trophy untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Upacara Penutupan selesai. Peserta yang berhasil meraih/memperoleh salah satu Piala atau Trophy tersebut di atas wajib mengikuti Upacara Penutupan. Bila peserta yang dimaksud di atas tidak mengikuti/hadir pada Upacara Penutupan, maka Piala & hadiah pembinaan tersebut menjadi milik Panitia Penyelenggara.

19. PENUTUP

Setiap peserta akan menerima “Tanda Bukti Prestasi JEMBER OPEN MARCHING COMPETITION II – 2013”. Hal-hal lain yang belum termasuk dalam Peraturan dan Ketentuan JEMBER OPEN MARCHING COMPETITION II – 2013 ini akan diatur lebih lanjut

Jember, Januari 2013

Ttd

PANITYA PENYELENGGARA

JOMC II – 2013

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=6410

Posted by on Jan 9 2013. Filed under Dalam Negeri, Events, JOMC, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented