|

IOMBC 2011 – Juklak Wind/Brass N Pit’s Contest

IOMBC 2011 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Februari mendatang menggelar mata Lomba Baru yaitu WIND/BRASS N’ PITS CONTEST merupakan satu Inovasi baru yang di kembangkan dari konsep “Brass Ensemble” yang pernah dilakukan exhbition pada DMC ke 6 pada tahun 2008.Mata Lomba ini merupakan Theater  Musical dengan kolaburasi musik Wind Instrumen (Brass,Woodwind,Recorder ) Non elektrik dengan Pit’s (Front Ensemble ).

PETUNJUK PELAKSANAAN

Indonesia Open Marching band Championship 2011

PERATURAN & KETENTUAN

WIND/BRASS N’ PITS CONTEST

Indonesian Music Archipelago 2011

I. PENDAHULUAN

Dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan kejuaraan Marching Band tingkat nasional dan internasional, maka dianggap perlu mengeluarkan suatu peraturan dan ketentuan tentang pelaksanaan kompetisi Indonesia Open Marching band Championship 2011 (IOMBC 2011) yang wajib dipatuhi serta ditaati oleh seluruh peserta.

II. NAMA KEGIATAN

Indonesia Open marching Band Championship 2011

Merupakan kejuaraan Marching Band tingkat nasional yang diikuti oleh Divisi TK,Divisi Junior,Divisi Senior, Divisi Open Class, Divisi Drum Battle, Divisi Guard Contest dan Wind/Brass and Pit’s Contest

III. PENYELENGGARA

IOMBC Organizer

Alamat   : Sekretariat IOMBC

Pondok Pesantren “DARUNNAJAH”

Jl. Ulujami Raya No 86.  Pesanggrahan. Jakarta Selatan

Telp : (021) 7388-3665, Fax : (021) 7388-6529

IV. TEMA

INDONESIAN MUSIC ARCHIPELAGO 2011

V. SASARAN

1. IOMBC 2011 menjangkau unit-unit Marching Band di negara-negara  Asia dan penjuru nusantara dari pulau Sumatra, Jawa, Bali, , Kalimantan, Sulawesi hingga Papua untuk berlaga di kejuaraan tingkat nasional dan internasional ini.

2.  Pelaku musik dari tingkat pelajar hingga profesional yang menjadikan Marching Band sebagai alat  mengembangkan kreativitas bermusik.

3. Pembuat kebijakan di pemerintahan Republik Indonesia. Kejuaraan tingkat nasional ini telah direstui oleh Wakil Presiden RI, Ketua MPR, Kementrian Pariwisata-Seni dan Budaya, Kementerian negara BUMN, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Menteri Agama, Gubernur DKI-Jakarta, Ketua KONI dan petinggi negara lainnya.

4. Masyarakat pecinta musik, seni dan budaya, pemerhati serta masyarakat umum dari tingkat pelajar, profesional dan dewasa.

VI. WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Lomba Wind/Brass and Pit’s Contest .

Hari/Tanggal   : sabtu/minggu, 19 – 20 Febuari 2011

Waktu           : melihat dari hasil Technical Meeting ( Tentative )

Tempat         : Istora Senayan,Jakarta

VII. PESERTA WIND/BRASS N’ PITS CONTEST

  • Semua unit Marching Band/Drum Band/Sekolah Musik yang bersedia mentaati peraturan dan ketentuan IOMBC 2011.
  • Peserta Wind/Brass N’ Pits Contest tidak di batasi dan tidak ada pengelompokan dari setiap unitnya.

VIII. PENDAFTARAN

a. Pendaftaran s/d 8 Januari 2011 dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah).

b. Biaya uji coba lapangan sebesar Rp 2.000.000 (Dua Juta rupiah) per 50menit.

c. Technical Meeting akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 15 Januari 2011 pukul 14.00 Wib bertempat di Hotel Ambhara Jl. Iskandarsyah Kebayoran Baru.( Depan Pasaraya / terminal Blok M ).

d.  Uji Coba Lapangan dilaksanakan pada tanggal 17-18 Februari 2011 waktu akan diinformasikan lebih lanjut pada saat technical meeting.

e. Pembayaran biaya pendaftaran dan Uji Coba lapangan dapat dilakukan dengan cara transfer :

Bank Muammalat

Cabang Fatmawati

No.rek.000.02494.34

Rek.darunnajah QQ Darunnajah Marching Band

(harap mengirimkan bukti transfer ke panitia IOMBC 2011 ke alamat yang tertera),Informasi untuk pendaftaran dan pembayaran langsung ( Cash ),: dapat menghubungi :

Sdr. Miftah

Hp. 0813-80879194

Sekretariat IOMBC :

Pondok Pesantren “DARUNNAJAH”

Jl. Ulujami Raya No 86.  Pesanggrahan. Jakarta Selatan

Telp : (021) 7388-3665, Fax : (021) 7388-6529

IX. PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri sah bila perserta atau unit Marching Band/Drum Band yang mendaftar melaporkan secara tertulis ke panitia penyelenggara IOMBC 2011 dengan ditandatangani oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab dan uang pendaftaran tidak ditarik kembali.

X. KOMPOSISI/KEKUATAN dan KOSTUM.

1. Jumlah pemain keseluruhan (Inti) minimal 10 orang dan Maksimal 30 orang pemain (Komposisi pemain diberikan kebebasan pada masing-masing unit ).

2. Kostum pemain  tidak ditentukan oleh panitia atau dibebaskan memakai uniform, atau dapat ditentukan oleh masing – masing unit disesuaikan dengan tema yang dibawakan.

3.  Official diperkenankan menggunakan kostum berbeda dari pemain/peserta.

4. Pemain cadangan diwajibkan menggunakan kostum pemain.

XI. PERSYARATAN UNTUK PEMAIN

1. Pemain dari peserta IOMBC 2011 adalah pemain yang sudah terdaftar dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh panitia IOMBC dan diserahkan selambat-lambatnya pada tanggal 15 Januari 2011.

2. Penggunaan point 1. diatas selain yang tercatat dalam daftar nama peserta pada panitia tidak dibenarkan. ( diskualifikasi )

3. Satu orang pemain hanya dapat bermain pada satu unit saja.

4. Team Manager bertanggung jawab penuh atas isi point 1,2 dan 3 diatas.

5. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan / pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraih atau didiskualifikasi.

XII. DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL

a. Pada waktunya, seluruh peserta akan menerima blanko daftar nama pemain yang wajib diisi oleh peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data seluruh Pemain dan official. Setelah blanko daftar nama pemain tersebut diisi lengkap dan ditempelkan foto berukuran 2×3, harus disyahkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan/pimpinan intansi/perusahaan, organisasi dan atau perkumpulan yang bersangkutan. Kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke sekretariat panitia IOMBC 2011 selambat-lambatnya tanggal 4 Februari 2011. Official Unit harus memakai seragam yang sama.

b. Kartu Tanda Pengenal (ID Card) tidak berlaku sebagai tanda masuk. Bila ingin menonton pertandingan, setiap pemain, official dan supporter harus membeli tiket masuk.

c. “Rodleis” atau “helpers” dari band peserta disarankan memakai seragam.

XIII. PELAKSANAAN KEJUARAAN

Pelaksanaan Wind/Brass N Pit’s Contest akan dilaksanakan pada hari sabtu/minggu, 19 dan 20 febuari 2011 dan langsung diumumkan pemenangnya.

XIV. URUTAN PENAMPILAN

1. Urutan penampilan akan diundi pada saat Technical Meeting.

2. Bagi Peserta yang mendaftarkan diri setelah waktu technical meeting berlangsung atau setelahnya maka akan mendapat urutan penampilan pertama dan selanjutnya.

3. Perubahan urutan dan jam penampilan yang dikarenakan adanya penambahan peserta sampai dengan tanggal pendaftaran ditutup akan diinformasikan kepada seluruh peserta oleh panitia.

XV. PERALATAN

1. Komposisi peralatan : Wind Instrument Non elektrik,seperti : Brass,Woodwind( saxophone,clarinet,flute,sopran),Mellodion,recorder dll. – Tidak wajib : Penggunaan mute dsb.

2. Peserta diperbolehkan membawa property tambahan diluar dari equipment wajib dan tidak wajib diatas (Screen Background, Moving Wall, Gapura,tempat duduk/kursi,stand part dan sebagainya).

3. Tidak diperbolehkan memasang property atau accessories yang bersifat permanent di arena / dalam gedung dan yang dapat membahayakan seperti petasan, api / bakaran menyan,sampah kertas,benda – benda tajam dan peralatan yang menggunakan arus DC atau accu kecuali Vibraphone.

4. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/ officialnya.

XVI. TEKNIS

a.  Peserta menampilakan suatu Repertoire diatas arena yang beratap (Indoor).

b.  Menggunakan lapangan seukuran dengan area “Istora Gelora Bung Karno, Senayan”.( 40 x 20 ) M.

c.   Penampilan menghadap ke Tribune kehormatan.

d.  Repertoire yang dibawakan oleh peserta bebas, namun tetap mengacu kepada waktu yang telah ditetapkan.

e.  Pada awal dan akhir penampilan, seluruh peerta wajib memberi hormat kearah tribune kehormatan yang dipimpin oleh Leader.( Cara menghormat bebas ).

f.   Waktu persiapan diberikan apabila menggunakan property, masing-masing peserta maksimal 4 menit (persiapan diawal penampilan 2 menit, pembongkaran diakhir penampilan 2 menit).

g.  Durasi penampilan minimal 5 (lima ) menit dan maksimal 7 (tujuh ) menit.

h.  Perhitungan waktu dimulai pada saat music dimainkan, ditandai dengan dinyalakannya lampu hijau diarena lomba.

i.    Setelah 5 (lima) menit lampu hijau menyala, selanjutnya diganti dengan lampu kuning dan pada akhirnya di menit ke 7 (tujuh) dinyalakan lampu merah.

j.   Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanent diarena lomba.

k.  Selama peserta tampil, tidak seorang official pun diperkenankan berada diatas arena lomba. Official meninggalkan arena lomba segera setelah meletakkan equipment dari unti yang bersangkutan.

XVII. PELAKSANAAN TEKNIS PENAMPILAN

a. 60 (enam puluh) menit sebelum jadwal penampilan yang telah ditentukan, peserta yang bersangkutan beserta seluruh personilnya harus sudah hadir ditempat lomba.

b. Team manager wajib melaporkan kepada bagian ROLL CALL segera setelah bandnya tiba. Tim manager selanjutnya akan diberikan suatu tanda yang wajib dipakai pada lengan sebelah kiri.

c.  15 (lima belas) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus sudah siap ditempat yang telah ditentukan (pintu masuk arena lomba), pada saat itu pula akan dilakukan pemeriksaan oleh seksi Roll Call.

d.  Selama waktu menunggu giliran penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan diluar arena pertandingan, sepanjang tidak mengganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.

e.  Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta untuk memasuki arena lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba diserahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan dengan memperhatikan ketentuan tentang march in dan march off (masing – masing maksimal 1,5 menit), perhitungan waktu dimulai sejak pemain pertama menginjak lantai arena sampai dengan peserta siap pada posisi awal.

f.  Setelah melihat peserta dalam keadaan siap, announcer bertanya kepada Dewan Juri “ Para Dewan Juri, sudah siapkah anda ?”.

g.  Selanjutnya annoncer bertanya kepada Colour Guard : “ Kepada field….. Sudah siapkah tim anda ?”. Untuk menjawab pertanyaan ini seluruh pemain memberi hormat kearah tribune kehormatan dengan gaya tersendiri. Setelah memberi hormat announcer akan mengatakan : “ Silahkan Anda mulai”, dan peserta dapat memulainya.

h. Peserta meninggalkan arena lomba (march out) dengan alokasi waktu 1,5 menit, perhitungan waktu march out dimulai dari gerakan pertama pad posisi akhir dilaksanakan sampai dengan pemain akhir keluar.

i.   Pada akhir penampilannya, leader dan team wajib memberi hormat kepada Tribune Utama (VVIP Box). Setelah itu supaya tetap ditempat dahulu, sampai petugas Panitia Penyelenggara menyerahkan suatu tanda Bukti Prestasi IOMBC 2011

XVIII.  DISKULIFIKASI

Diskulifikasi akan diberikan apabila terdapat pelanggaran atas ketentuan  & peraturan lomba. Dan yang dikenakan diskulifikasi adalah untuk pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :

a. March In melebihi waktu yang diperbolehkan (1,5 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 10 (sepuluh) detik atau bagiannya dibulatkan keatas…………………….. 0,1
b. March Off melebihi waktu yang diperbolehkan (1,5 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 10 (sepuluh) detik atau bagiannya dibulatkan keatas…………………….. 0,1
c. Leader dan Team  tidak memberi hormat di awal penampilannya ………. 0,1
d. Leader dan Team  tidak memberi hormat di akhir penampilannya ………………. 0,1
e. Pemasangan sesuatu yang bersifat permanen diantara waktu berlomba. 5,0
f. Waktu penampilan yang kurang dari 5 (lima) menit atau lebih dari 7 (tujuh) menit, dihitung kekurangan atau kelebihannya untuk setiap kelipatan 10 (sepuluh) detik atau bagiannya dibulatkan diatas…………… 0,1
g. Selain pemain berada diatas arena lomba pada saat team bermain……. 0,5
h. Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalty setelah terdengar panggilan yang kedua, jarak antara panggilan pertama dan kedua adalah 90 (sembilan puluh) detik……………………………………… 0,5
I. Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalty setelah terdengar panggilan yang ketiga.

Namun setelah panggilan ketiga, dan ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik peserta yang bersangkutan belum juga tampil di arena lomba, maka peserta tersebut dapat dikenakan penalty / diskualifikasi

0,5
J. Peserta atau seorang pemain dari peserta yang Mengeluarkan kata – kata kotor ,cacian / makian,atau perilaku dan tindakan yang menyebabkan kericuhan / kekacauan Diskualifikasi
k. Peserta yang memakai atau menggunakan benda tajam ,api, petasan,bakaran menyan,peralatan yang memakai arus DC atau accu,sampah kertas dll, membuang sesuatu kedalam arena. Diskualifikasi

XIX. PENILAIAN

Sistem penilaian untuk mata lomba Wind/Brass and Pit’s Contest dilakukan system penilaian sebagai berikut:

PENILAIAN UNTUK WIND/BRASS N’ PITS CONTEST

1. Teknik…………………………………………………………………. 50

  • Tone quality
  • Phrasing
  • Timing & Tempo
  • Tuning
  • Pacing
  • Artikulasi

2.  Ensemble Analysis………………………………………………….50

  • Orchestrasi
  • Balancing
  • Aransement
  • Showmanship ( Attitude)

TOTAL NILAI 100

XX. PEMENANG

Juara I  : Piala Bergilir + Piala Tetap + hadiah pembinaan + selempang                juara

Juara II  : Piala Bergilir + Piala Tetap + hadiah pembinaan + selempang                juara

Juara III  : Piala Bergilir + Piala Tetap + hadiah pembinaan + selempang                juara

Juara Harapan I : Piala Tetap.

Juara Harapan II : Piala Tetap.

Juara Harapan III : Piala Tetap.

XXI. DEWAN JURI

( akan diberitahukan lebih lanjut mengenai komposisi anggota dewan juri pada saat technical meeting )

XXII. PROTES

Penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali untuk salah penjumlahan angka / nilai yang akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Bila peserta merasa dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Bidang Lomba yang ditanda tangani oleh Team Manager serta membayar biaya proses sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian yang kemudian akan ditangani oleh Dewan Juri.

XXIII. UPACARA PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN

a.  Upacara pembukaan akan diberitahukan lebih lanjut pada saat technical meeting

b.    Upacara penutupan akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 20 Februari 2011 yang wajib diikuti oleh seluruh peserta IOMBC 2011 dengan mewakilkan unit nya minimal 10 orang.

c.    Apabila terdapat unit yang mendapatkan hadiah / piala namun tidak mengirimkan wakil pada upacara pembukaan dan penutupan tanpa alasan yang jelas ( terkecuali force majour / musibah ) maka piala dan hadiah  akan menjadi milik panitia.

d.    Penjelasan lebih lanjut untuk upacara pembukaan dan upacara penutupan akan diberikan oleh ketua seksi upacara sebagai salah satu acara pada Technical Meeting.

XXIV. LAIN-LAIN DAN PENUTUP

a.    Setiap peserta berhak menerima “Tanda Bukti Prestasi IOMBC 2011

b.    Hal-hal lain yang belum termaksud dalam petunjuk pelaksanaan IOMBC 2011 (JUKLAK) ini akan diatur lebih lanjut.

Jakarta, 1 November 2010

Mengetahui,

Joedhi Roemekso

Ketua IOMBC 2011

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=5293

Posted by on Jan 7 2011. Filed under Dalam Negeri, Events, IOMBC, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

3 Comments for “IOMBC 2011 – Juklak Wind/Brass N Pit’s Contest”

  1. bisakah di perpanjang pendaftarannya?,, karena mepet sekali,,,

  2. Slmt malam mas Agung….Untuk info pendaftaran bisa lgsg hub. 0878.8282.7600 / 021.98.777.476 ( Rino ).
    Pada dasarnya selama quota masih tersedia kami bisa membantu unit mas agung untuk bisa berpartisipasi. Sampai saat ini memang animo nya sangat baik,banyak unit yang konfirmasi kpd panitia.Thx.

    • baik mas terima kasih, kebetulan kami sudah mendaftar ke panitia, ternyata pengrus kami sudah mendaftarkannya,, terima kasih

Leave a Reply


Recently Commented