Hasil Technical Meeting BMBC 2010
Hasil Technical Meeting dan Beberapa Peraturan serta Teknis Pelaksanaan tambahan dalam Kejuaraan Marching Band/Drum Band Tingkat Nasional Bandung Marching Band Championship (Bmbc – Gpmb Series) Tahun 2010
Technical Meeting dilaksanakan pada hari Minggu, 26 September 2010 bertempat di Auditorium Dada Rosada, Balaikota Bandung Jl. Wastukancana No. 2 Bandung. Acara dibuka langsung oleh Bapak Drs. M. Askary W. M.Si., selaku Penanggung Jawab Kegiatan BMBC 2010.
Dihadiri oleh :
1. Ibu Lisa Ayodhia Ketua Yayasan GPMB
2. Bpk. Harry Cahyono Komisi Teknis GPMB
3. Bpk. Beny Prasetyo Komisi Teknis GPMB
4. Bpk. Ir. Donny Dwi Setia, M.M. Ketua Pelaksana BMBC 2010 – GPMB SERIES
5. Perwakilan band-band peserta BMBC 2010
6. Panitia BMBC 2010
Dalam sambutannya, Bapak M. Askary menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Yayasan GPMB dan band-band peserta yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta BMBC 2010 – GPMB Series dengan harapan semoga kejuaraan marching band dalam rangka memperingati 200 tahun Kota Bandung ini dapat terselenggara dengan sukses dan dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.
Sementara itu, Ibu Lisa Ayodhia selaku Ketua Yayasan GPMB dalam sambutannya menyampaikan bahwa kejuaraan BMBC 2010 – GPMB Series ini merupakan Pilot Project penyelenggaraan GPMB Series di daerah-daerah di Indonesia. Disebutkan juga bahwa sudah ada beberapa propinsi lainnya yang juga ingin menyelenggarakan GPMB Series di propinsinya. Beliau juga mengingatkan bahwa kualitas penyelenggaraan GPMB Series harus sama dengan penyelenggaraan GPMB di Jakarta. Akhirnya beliau mengucapkan selamat bertanding dengan moto : Bersaing dalam lomba secara sportif dan bersahabat, Kerjasama dan berlomba dalam suasana kekeluargaan, Menang dengan rasa bangga, kalah dengan sikap ksatria.
Acara selanjutnya adalah Pembahasan Peraturan Lomba BMBC 2010-GPMB Series yang dipimpin langsung oleh Bapak Benny Prasetyo, dan hasil pembahasan tersebut adalah sebagai berikut :
I. UMUM
1. Peserta BMBC yang tidak mengikuti Mata Lomba Parade, dianjurkan untuk mengikuti defille pada pelaksanaan mata lomba tersebut pada tanggal 16 Oktober 2010 dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Peserta Defille agar hadir selambat-lambatnya pada Pukul 07.00 WIB dan melaporkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call, demikian juga dengan Peserta Parade;
b. Berpakaian Seragam Unit masing-masing;
c. Minimal Perwakilan sebanyak 8 Orang;
d. Membawa Papan Nama Unit masing-masing yang disediakan oleh Panitia;
e. Start dari Taman Jurasic Jl. Dago sampai dengan Finish di Balaikota Bandung Jl. Wastukencana No. 2 Bandung. (Rute Start dan Finish terlampir)
2. Seluruh Peserta BMBC dianjurkan untuk mengikuti Upacara Pembukaan dan Penutupan pada Tanggal 17 Oktober 2010 di GOR Padjadjaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Berpakaian Seragam Unitnya masing-masing;
b. Minimal Perwakilan sebanyak 10 Orang, kecuali Peserta Brass Ensemble diperbolehkan sebanyak 8 Orang
c. Membawa Papan Nama Unit masing-masing yang disediakan oleh Panitia;
d. Bagi Peserta yang mengikuti Defille pada Pembukaan dan Penutupan, dan memenuhi syarat yang ditetapkan panitia, akan diundi dengan memperoleh hadiah sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) dari Yayasan GPMB;
e. Peserta Defille agar hadir selambat-lambatnya 1 jam sebelum pelaksanaan Upacara Pembukaan dan Penutupan dimulai, dan melaporkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call.
3. Bagi yang belum menyelesaikan kelengkapan administrasi harap segera dikirim, antara lain sebagai berikut :
a. Formulir Pendaftaran;
b. Photocopy Bukti Pembayaran;
c. Daftar Nama Pemain dan Photo;
d. Photo Postcard Band sebanyak (1 s/d 3) lembar;
e. Sejarah Singkat Band (± 1 Halaman ukuran Kertas A4);
f. Bendera Band/Unit sebanyak 2 Buah;
g. ID Card yang telah diisi dan ditempeli photo;
h. Untuk yang belum membayar Uang Pendaftaran dapat di selesaikan pada H-4.
4. Kartu Tanda Pengenal tidak berlaku sebagai Kartu Tanda Masuk, apabila ingin menonton lomba setiap Pemain, Official dan Supporter harus membeli tiket masuk.
5. Harga Tiket Masuk untuk menonton lomba, adalah sebagai berikut :
a. Tribun VIP Rp. 20.000,-
b. Tribun Barat Rp. 10.000,-
Untuk memudahkan para pendukung Band Peserta yang ingin menyaksikan lomba, tiket bisa dipesan secara kolektif kepada PANPEL (Panitia Pelaksanaan), sekaligus mengantisipasi Calo dan kehabisan ticket yang diinginkan.
6. Untuk mendapatkan informasi paling akhir, Bapak/Ibu/Sdra/i dapat menghubungi Panitia di :
• Sekretariat BMBC (022) 4230097
• Dhini Farida Kania Dewi 0813 2201 8166
• Didin Dikayuana 081 742 6630
7. Pada penyelenggaraan BMBC 2010 ini, untuk Mata lomba Display akan memperebutkan :
• Piala Bergilir Menteri Pemuda dan Olah Raga RI
• Piala Bergilir Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat
• Piala Bergilir Walikota Bandung
8. Pengumuman seluruh pemenang dan pembagian Trophy akan dilaksanakan pada acara Penutupan pada hari Minggu tanggal 17 Oktober 2010 setelah pelaksanaan pertandingan Display dan Color Guard Contest di GOR Padjdjaran Bandung.
9. Update terakhir tentang band peserta, jadwal lomba dan teknis pelaksanaan lomba akan dilaksanakan pada H-1.
II. PELAKSANAAN TEKNIS PERTANDINGAN
1. PARADE
a. Peserta Parade Divisi Drum Band dan Marching Band, diwajibkan hadir ditempat Start, pada Pukul 07.00 WIB dan mendaftarkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call;
b. Tempat Start dan Pelaksanaan Roll Call bagi peserta Divisi Drum Band dan Marching Band (SMP/SMA & Umum), yang semula di Taman Jurasic (Taman Flexi) Jl. Dago, dipindahkan ke depan Taman Dago Jl. Dago (tepatnya di Jl. Hasanudin di sekitar Flyofer (Jembatan Layang). Sedangkan untuk Divisi Junior (SD) tetap tempat Start-nya di Jl. Sultan Agung dan melaksanakan Roll Call di tempat tersebut; (Rute Parade terlampir)
c. Peserta Parade diwajibkan membawa Papan Nama Unitnya yang disediakan oleh Panitia.
d. Peserta Parade diperbolehkan didampingi oleh Official dengan ketentuan sebagai berikut :
• Berpakaian Seragam Official
• Berbaris dibelakang Pemain
2. BRASS ENSEMBLE
a. Mempertimbangkan kepadatan lalu lintas dan kondisi cuaca di Kota Bandung pada hari Sabtu, 16 Oktober 2010, maka pelaksanaan Drum Battle dan Brass Ensemble yang semula akan diselenggarakan di Mall-mall ternama di Kota Bandung dialihkan ke Plaza Balaikota Jl. Wastukancana No. 2 Bandung dan apabila cuaca tidak memungkinkan akan dipindahkan ke GOR Padjadjaran Bandung.
b. Dari Hasil Technical Meeting Brass Ensemble terdapat beberapa perubahan yaitu : Band peserta boleh menggunakan Wind Instrument (Reed/Wind), Durasi Brass Ensemble yang semula 2 s.d 4 menit menjadi maksimal 8 menit.
c. Peserta diwajibkan hadir 1 jam sebelum pertandingan dan melaporkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call;
d. Jadwal Penampilan terlampir.
3. DRUM BATTLE
a. Terkait dengan pemindahan tempat pelaksanaan lomba, Ukuran Arena Drum Battle yang tersedia di Plaza Balaikota Bandung adalah 14 m x 20 m, untuk itu band peserta diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan ukuran arena lomba yang akan dipergunakan.
b. Mata Lomba Drum Battle terdiri dari beberapa babak, diawali dengan BABAK KUALIFIKASI, masing-masing band peserta tampil statis (diam ditempat) dihadapan dewan juri dengan durasi penampilan maksimal 1 menit (60 detik). Hasil penilaian babak kualifikasi kemudian diurutkan dari nilai terbesar ke nilai terkecil. Untuk urutan nomor ganjil (1, 3, 5 dst) masuk Group A, sedangkan untuk urutan nomor genap (2, 4, 6 dst) masuk ke Group B.
c. Selanjutnya band peserta saling berhadapan di masing-masing Group, menggunakan sistem ½ Kompetisi, menampilkan kemampuannya secara dinamis (display) dengan durasi 2 x 2 menit saling bergantian.
d. Dari penampilan di masing-masing group, urutan 2 group A dan urutan 2 group B saling berhadapan untuk memperebutkan Juara 3 dan 4, sedangkan urutan 1 group A dan urutan 1 group B saling berhadapan untuk memperebutkan Juara 1 dan Juara 2.
e. Peserta diwajibkan hadir 1 jam sebelum pertandingan dan melaporkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call;
f. Jadwal Penampilan terlampir.
4. COLOUR GUARD CONTEST
a. Diperbolehkan menggunakan back drop dengan tinggi maksimal 2 Meter dan peralatan lainnya yang mendukung tema pagelaran.
b. Peserta diwajibkan hadir 1 jam sebelum pertandingan dan melaporkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call;
c. Jadwal Penampilan terlampir.
5. DISPLAY
a. Diperbolehkan menggunakan back drop dengan tinggi maksimal 2 Meter dan peralatan lainnya yang mendukung tema pagelaran.
b. Peserta diwajibkan hadir 1 jam sebelum pertandingan dan melaporkan kehadirannya kepada Petugas Roll Call;
c. Jadwal Penampilan terlampir.
Bandung, September 2010
Penanggung Jawab
Bandung Marching Band Championship,
Drs. M. ASKARY W. M.Si
Related posts:
Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=4136