|

2008 Shanghai Spring International Music Festival

Shanghai, China


By Herry Subrata

Orchestral Art Week
30 April – 2 Mei 2008

Aktivitas marching band sungguh sedang mendunia. Negara-negara di Asia, juga turut merasakan demamnya. Rupanya dengan diam-diam, Negara Tirai Bambu, Republik Rakyat Cina (RRC) tidak mau ketinggalan dengan negara di belahan dunia lainnya.

Shanghai, kota eksotis di negara semilyar wajah ini, merasakan pentingnya kegiatan marching band, yang daripadanya diharapkan akan dapat mengangkat kota ini menjadi kota musik dunia di kancah International. Shanghai sangat berbeda dibandingkan kota besar lainnya di RRC, seperti Guangzhou, bahkan dengan Beijing, sang ibukota negaranya sekalipun. Pengaruh konsesi Perancis di abad silam, sangat kental pengaruhnya di arsitektur kota ini, juga dengan fashion dan tata cara budaya unik percampuran budaya Barat-Timur yang kental. Percampuran arsitektur gaya Eropah dan China dengan hi-tech hi-rise building yang mewakili dunia sekarang, seperti berangkulan satu sama lain. Juga tata boga mereka yang terasa unik menyaksikan Starbuck cafe berdampingan dengan kedai Chinese Tea tua berusia lebih dari 100 tahun, jangan pula ditanya bagaimana gerai McDonald harus berjuang keras bersaing dengan warung bakpao ayam Xiao Long Bao yang lezat tiada tara.

Maka ketika aktivitas marching band melanda negara ini pula, mereka dengan sangat hati-hati mempersiapkan kedatangannya, mempelajarinya, sekaligus mempersiapkan untuk kemudian siap bersaing di kancah dunia di kemudian hari. Mereka belum mengadakan lomba tingkat dunia, hanya baru memulai dengan mengadakan suatu exhibition marching band dulu.

Adalah suatu komunitas yang menamakan dirinya : Knowledge & Innovation Community (KIC) yang berdiri di belakang kegiatan taraf internasional ini.

Adalah suatu komunitas kelas atas yang diprakarsai oleh Shui On Land – Shanghai Yangpu District Wujiaochang, yang mempersiapkan kota Shanghai menjadi International Metropolis. KIC pula yang berdiri dibelakang suatu proyek akbar
“Shanghai Expo 2010” yang akan membuktikan kota Shanghai sebagai kota yang sungguh metropolis.

Bagaimana keseriusan KIC mempersiapakan event ini, bisa dilihat dengan adanya beberapa tokoh penting Orchestral Master yang mengadakan seminar di Shanghai East Worker Cultural Palace Yangpu district, yaitu :
– Zhao Ruilin : -Vice Chairman, China Orchestral Academy
-Dean, Professor of China Central Music Conservatory

– Thomas Vevrier : Director of Delia Music School of Van Der Pauw University
– USA, Maestro & Director of WAMSB
– Toshio Akiyama : President of Band Music Instructor Union in Japan
– Wang Hesheng : Director of China Orchestra Academy, First Class composer
– Rong Aiguo : Deputy Director-General, China Orchestra Academy of Marching band association

Kegiatan yang diselenggarakan di sepanjang minggu Orchestral Week meliputi :
– Lecturer by Orchestral Master
– Marching Band Parade
– Band Performance for soldier
– Band Performance at Expo construction site
– Excellent Bands (local) performance – KIC Cup (31 bands)
– Excellent works performance for 2010 Shanghai Expo Logo

Event ini menjadi semakin ‘kuat’, ketika beberapa unit band manca negara ternama diundang untuk tampil di tamu-tamu kehormatan kota Shanghai :
(disamping beberapa band local terpilih ) :
– Nagoya, Japan & Orchestral Students
– 8th United States Army Band
– Korea Wonju IT High School Band
– Australian Melbourne Scotland Institute Band
– Malaysia Victorian Band
– Malaysia Sultanah Asma Secondary School Band
– Shanghai No 3 Girls School Band
– Inner Mongolia Baotou Women’s Marching Band
– Middle School affiliated to Beijing Institute of Technology
– Beijing Jinsong No 4 Primary School Band
– Shanghai Gaojing No 1 Middle School Band
– 2nd Artilery Engineering Technical Corp Band

Penampilan band-band tersebut sangat memikat, masing-masing menampilkan keunikannya tersendiri.

Sedikit catatan :
– Band dari Nagoya ternyata merupakan small group dari Aimachi Band yang juara nasional Japan berulang kali dan juga participant dari DCI. Tak heran penampilan mereka disuguhkan dengan tehnik tinggi dan sempurna, mereka tampil 2 babak, yaitu : concert piece dan display. Meskipun hanya small group sekitar 40 pemain, namun tampil dengan pit yang dahsyat dan colour guard yang selalu mendapat aplaus gemuruh.
– 8th US Army Band
Mereka juga tampil dengan 2 babak : display dan concert. Concertnya sungguh meriah dengan adanya beberapa penyanyi.
– Malaysia Victorian Band
All boys band ini tampil dengan show concept yang memikat.
Mereka tampil dengan kostum barunya yang menawan, menyuguhkan lagu-lagu dengan aransemen apik. Mereka sudah siap untuk ikut berlaga di 2nd KLWMBC Agustus 2008.
– Malaysia Sultanah Asma Secondary School Band
All girls band ini tampil dengan personil yang cukup banyak, tampil percaya diri dengan format display yang sempurna dan juga harmonisasi brass yang memikat.
Juara kedua 1st KLWMBC ini tampil dengan banyak aplaus dari penonton.
– Inner Mongolia Baotou Women’s Marching Band
All girls bands ini tampil luar biasa cantik, dengan kostum yang sangat menunjang, pilihan lagu yang tepat, display yang indah, tarian yang dikemas dalam showmanship pemain, dan juga ditunjang oleh drum majorette yang kecantikannya mengundang decak kagum penonton.

Penampilan band ini sungguh sangat menghibur.

Penampilan 12 band terpilih dalam closing ceremony ini diselenggarakan di Zhengda Indoor stadium di dalam kompleks Fu Dan University yang sangat tersohor diseantero daratan RRC dan merupakan universitas negeri no 1 di kota Shanghai. Stadiumnya tidak terlalu luas, tapi sangat nyaman dan bersih dengan pendingin ruangan (meski malam itu suhu di luar mencapai 16’C) terpenting gedung itu memiliki akustik yang cukup baik, sehingga musik dapat dinikmati cukup utuh.

KIC sungguh tidak main-main mempersiapkan event skala international ini. Bayangkan, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menanggung akomodasi dan konsumsi di hotel bintang 3 (Holiday Inn) bagi seluruh peserta selama berlangsungnya Orchestral week ini.
Berharap ada band dari Indonesia yang terpilih untuk tampil di masa datang dalam event ini.

-Gallery Foto 2008 Shanghai Spring International Music Festival

Dilaporkan langsung dari Fu Dan University Shanghai oleh Herry Subrata.
Sampai jumpa dalam marching events yang lain.


Baca juga :

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=911

Posted by on May 30 2008. Filed under Events, Luar Negeri, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply


Recently Commented