|

Wawancara Redaksi Trendmarching & Redaksi Marching Zine

Wawancara Online Redaksi Trendmarching & Redaksi Marching Zine….

TM : Redaksi Trendmarching

MZ : Redaksi Marching Zine

TM : Ide anda
ini sungguh bagus dan baru pertama kali di Indonesia, Apa yang melatarbelakangi anda untuk melahirkan Majalah Marching Zine ? Tolong juga dijelaskan kronologisnya yach…!

MZ : Sebelumnya terima kasih atas tanggapan yang sangat baik dari Trendmarching. Sebenarnya ide penerbitan majalah ini sudah ada sejak awal 2002, tetapi karena terbentur dana dan setelah mengalami beberapa kali penundaan akhirnya baru bisa terbit perdana bulan Februari 2004.
Seperti yang kami tulis pada kolom editorial Marching Zine, tujuan penerbitan majalah ini adalah untuk berbagi informasi tentang dunia marching band secara merata ke seluruh pelosok Indonesia. Karena yang selama ini kami lihat dan rasakan, perkembangan marching band di ‘daerah’ dan kota-kota besar masih sangat timpang, dan salah satu faktor penyebabnya adalah belum masih tertahannya informasi tentang ini hanya sebatas di kota-kota besar.

TM : Kita cukup surprise juga karena kota Jogjakarta itu memiliki mahasiswa yang kreatif dan banyak memberikan sumbangsihnya kepada dunia marching band di Indonesia, seperti Forum Komunikasinya atau(Forkomb) dibuat oleh 8 PT di Jogjakarta, juga Kejuaraan HB CUP nya juga ditelurkan oleh mahasiswa-mahasiswa 8 PT di Jogjakarta, Dan Trendmarching juga pendirinya mantan mahasiswa dari PT di Jogjakarta, Nah bagaimana dengan Marching Zine sendiri siapakah orang-orang kreatif tersebut, bisa dijelaskan ?
MZ : Orang-orang di Marching Zine adalah Sony Yudianto, ST., sebagai pemimpin umum, Joko Budiono sebagai Pemimpin Redaksi dan Dody Julian Purnama sebagai Pemimpin Perusahaan.
Disamping itu kami merekrut tenaga-tenaga muda kreatif yang berbasis marching band sebagai staf redaksi dan lay out.

TM : Dalampublikasi anda tertera Visi anda adalah “MAJALAH BULANAN MARCHING BAND YANG MENGUPAS  DUNIA MARCHING BAND DI INDONESIA DAN DRUM CORPS INTERNATIONAL” Bisa dijelaskan kenapa anda mengangkat topik ini ?
MZ : MarchingZine terbit bulanan dan tidak hanya mengupas informasi tentang marching band di dalam negeri, tetapi juga mencoba memberikan referensi dari band-band top dunia.

TM : Kenapa Marching Zine terbit setiap bulan sekali ?
MZ : Format Marching Zine adalah majalah dan untuk saat ini kami baru mampu terbit sebulan sekali.

TM : Kita mengetahui banyak tabloid/majalah di tanah air baik politik, sosial, selebrity, sex, otomotif dsb…nah untuk marching zine sendiri apakah anda menfokuskan untuk kalangan marching band saja ?
MZ : Porsi terbesar bahasan di Marching Zine adalah untuk kalangan marching band, tetapi kami juga mengimbangi dengan bahasan-bahasan umum.

TM : Nah bisa dijelaskan nih…..mengenai isi(content) Marching Zine apa saja ? Dan Fokusnya lebih kearah informasi
atau tutorial ?
MZ : Kami memberi porsi yang seimbang antara informasi dan tutorial. Untuk tutorial, ada rubrik Marching Workshop yang mengupas seputar teknik-teknik kemarchingband-an, Marching Clinic yang merupakan rubrik interaktif, sebagai wadah bagi pembaca untuk berkonsultasi seputar masalah marching band. Untuk informasi, kami memuat profile band lokal dan internasional, dengan harapan dapat dijadikan referensi, informasi seputar kegiatan marching band di dalam dan luar negeri. Ada Marching Catalog yang mengupas informasi tentang alat-alat musik serta masih banyak rubrik yang lain. Dengan komposisi ini, kami berharap Marching Zine tidak hanya menarik bagi insan marching band, tapi juga bagi masyarakat umum, sehingga marching band akan lebih memasyarakat.

TM : Dari manasajakah berita/informasi yang anda dapatkan untuk dapat ditampilkan di Majalah ini setiap bulannya ?
MZ : Kami mengambil dari berbagai sumber.

TM : Bagaimana dengan fund/budget yang anda gunakan untuk membuat Marching Zine ini ?
Apakah Swadaya anda atau ada investor ?

MZ : Salah satu faktor tertundanya Marching Zine sejak 2002 adalah tidak adanya investor yang berani membiayai proyek ini. Karena itu kami secara swadaya mengumpulkan dana dan membiayai sendiri proyek kami.

TM : Nah sedikit berbicara mengenai harga nih,….kenapa
harganya P.JAWA Rp 17.500,- dan luar
P.JAWA Rp 20.000,- ?
MZ : Hal ini berkaitan dengan biaya kirim.

TM : Denganedisi perdana ini apakah target utama anda untuk masyarakat marching band Indonesia ?
MZ : Kami ingin masyarakat mengetahui tentang informasi adanya Marching Zine

TM : Bagaimana sistim distribusi Marching Zine sendiri ?
MZ : Kami menggunakan sistem keagenan.

TM : Nah jika ada unit marching band yang ingin membeli dalam jumlah besar dan akan di distribusikan ke anggota unitnya apakah anda memberikan diskon khusus ?
MZ : Ya, ada.
Atau kami akan menawarkan untuk menjadi agen.

TM : Untuk edisi perdana ini berapa eksemplar yang anda cetak ?
MZ : 3000 eksemplar

TM : Nah untuk edisi bulan depan kira-kira berita apa yang akan diturunkan ?
MZ : Kami akan mengupas tentang Cavaliers dan Garuda Flight DC.

TM : Terima Kasih nih mas Redaksi Marching Zine atas waktunya dalam wawancara online ini, Semoga sukses selalu perjalanan Marching Zine dan tetap terbit di bulan bulan depan.
MZ : Doa dan harapan yang sama untuk Trendmarching. Maju terus marching band Indonesia.
Terima kasih.


-Redaksi TM
-Redaksi MZ : Joko Budiono.

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=117

Posted by on Apr 2 2004. Filed under News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented