|

KOMBAT 2007

KOMPETISI MARCHING BAND TERBUKA KOMBAT 2007
Sekretariat : Jln.Danau Panjai Raya No.2 PERUMNAS II TANGERANG
Telp. 0816- 1846381, Email : KOMBAT2007@plasa.com

PETUNJUK PELAKSANAAN

KOMPETISI MARCHING BAND TERBUKA / KOMBAT 2007

I. NAMA KEGIATAN
“ KOMPETISI MARCHING BAND TERBUKA / KOMBAT 2007 “

II. PENYELENGGARA
Panitia Kompetisi Marching Band Terbuka / KOMBAT 2007 adalah Dal Signo Team,
Event Organizer ( sebagai Marketing Agent ) dan Pemerintah Tangerang.
Sekretariat : Jl. Danau Panjai Raya No.2 Perumnas II Tangerang
Telepon : 0816-1846381
Contact Person : Ibu Wildaningsih 021-70098800 / 0815-13860211
SenoAjie 0816-1846381
E-Mail : KOMBAT2007@Plasa.Com

III. PESERTA
– Peserta adalah semua Unit Marching Band / Band Junior yang telah mendaftarkan
diri dan bersedia untuk mentaati peraturan lomba serta ketentuan yang ditetapkan
Panitia KOMBAT 2007.
– Peserta dibedakan dalam beberapa kategori berdasarkan kriteria yang telah
ditetapkan Panitia KOMBAT 2007, antara lain :

– PERCUSSION CONTEST : Untuk Unit Band Junior, Senior dan Umum
– GUARD CONTEST : Untuk Unit Band Junior, Senior dan Umum
– JUNIOR DISPLAY : Untuk Unit Band Junior SD

– JUNIOR PARADE : Untuk Unit Band Junior SD

– SENIOR DISPLAY : Untuk Unit Band Senior khusus (masih menggunakan pianika)

– FULL BAND DISPLAY :Untuk Unit Band Senior dan Umum

IV. WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN
– Sabtu & Minggu, 8-9 September 2007 (Gedung Olahraga Tangerang):
– Upacara Pembukaan KOMBAT 2007 & Defile Peserta
– Percussion Contest
– Junior Display
– Junior Parade
– Guard Contest
– Senior Display
– Full Band Display
– Upacara Penutupan KOMBAT 2007 & Pengumuman Juara

V. PENDAFTARAN & TECHNICAL MEETING

A. Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran kemudian
mengembalikannya pada Panitia Pelaksana dan membayar uang pendaftaran sebesar
Rp 500.000,- untuk satu jenis kategori lomba. Pembayaran dapat dilakukan melalui
Bank BCA KCP Karawaci A/n Wildaningsih dengan No. Rekening 8830135295
B. Pada saat pendaftaran tiap peserta diwajibkan melampirkan / menyampaikan
Pas Photo ukuran 3 x 2 cm untuk setiap pemain dan official masing-masing 1 lembar
dan ditambah satu untuk setiap pemain solo/duet
C. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung atau via pos / fax dengan mencantumkan
bukti pembayaran ( bila melalui pos / fax )
D. Technical Meeting
Tanggal : 19 Agustus 2007
Tempat :Gedung SDN SUKASARI 1 Tangerang depan GOR Tangerang
Waktu : Pukul 14.00 s/d 17.00 WIB
Materi : Pembahasan Teknis Petunjuk Pelaksanaan KOMBAT 2007
E. Batas waktu pendaftaran tanggal 31 Agustus 2007

VI. PERATURAN LOMBA

A. Komposisi dan Kekuatan Unit
Percussion Contest
– Jumlah pasukan minimal 10 orang per unit peserta
– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai
seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal
Guard Contest
– Jumlah pasukan minimal 10 orang per unit peserta
– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai
seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal
Junior Display
– Jumlah pasukan minimal 40 orang per unit peserta
– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai
seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal
Junior Parade
– Jumlah pasukan minimal 40 orang per unit peserta
– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai
seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal
Senior Display
– Jumlah pasukan minimal 40 orang per unit peserta
– Official dan Roadies maximal 20 orang per unit peserta dan harus memakai seragam,
untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal

Full Band Display
– Jumlah pasukan minimal 40 orang per unit peserta
– Official dan Roadies maximal 20 orang per unit peserta dan harus memakai seragam,
untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal

B. Peralatan
– Melody Horn / Pianika (Junior Display / Junior Parade / Senior Display)
– Semua jenis alat tiup (pianika) boleh dipergunakan.
– Brass (Full Band Display)
– Semua jenis alat tiup boleh dipergunakan dan mutes (peredam) tidak dilarang
– Jenis alat tiup minimal sampai dengan Marching Baritone
– Percussion (Percussion Contest / Junior, Senior dan Full Band Display)
– Semua alat perkusi yang tidak menggunakan listrik diperbolehkan
– Color Guard (Junior, Senior, Full Band Display / Guard Contest )
– Corak, ukuran, warna dan ragam bendera CG bebas
– Semua peripheral tambahan seperti riffles / sabers dan lain-lain diperbolehkan

– Corak dan warna bendera CG tidak dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan
suatu negara.
– Pit (Junior, Senior, Full Band Display / Guard Contest )
– Khusus untuk Vibraphone, diperbolehkan menggunakan tabung resonator, suatu
jenis motor DC yang menggunakan baterai. Motor tersebut tidak dipakai untuk
memperbesar suara, namun hanya untuk efek Vibrasi.
– Amplifier listrik dan alat elektronik lainnya sama sekali dilarang untuk dipakai.
– Alat Tradisional
– Diperbolehkan menggunakan alat tradisional / daerah baik yang disandang maupun
statis (diletakan / berkaki) dengan batasan tidak menggunakan alat elektrik
dan maximal 10 % dari alat pokok, juga diperbolehkan menggunakan perangkat drum
set.
– Lain-lain
– Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang dapat ditempatkan terlebih
dahulu dalam arena ( Pit Instrument ), dengan catatan boleh dilaksanakan bila
giliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta terdahulu. Lokasi
dan batasan tempat ditentukan kemudian.
– Segala peralatan yang berbahaya, penghasil panas, penghasil asap, tabung bertekanan
kembang api, petasan serta benda lain yang mudah terbakar didalam dan sekitar
arena lomba, tidak diperbolehkan.
– Roustrum telah disiapkan oleh panitia di bagian depan arena lomba.
– Untuk peserta yang tidak mempunyai peralatan standard Marching Band disesuaikan
dengan peserta lainnya berdasarkan rujukan diantara para pelatih unit masing-masing.

VII. PENAMPILAN

Percussion Contest / Guard Contest
Dalam KOMBAT 2007 ini peserta Percussion Contest dan Guard Contest menampilkan
pertunjukan secara display atau bergerak, dengan jumlah gerakan yang tidak dibatasi.
Visual atau gerakan yang ditujukan untuk menambah keindahan dari gerakan display
itu sendiri. Peserta bebas berkreasi dalam menampilkan bentuk gerakan display
dilapangan. Khusus untuk Guard Contest, Unit Color Guard yang tampil dipimpin
oleh seorang Leader atau Captain.

Parade
Peserta yang mengikuti mata lomba parade menampilkan pertunjukan secara parade,
berjalan mengelilingi arena KOMBAT 2007 sebanyak 3 kali dan memberi hormat ke
arah Juri / VIP BOX pada putaran yang pertama. Setiap Unit peserta yang mengikuti
mata lomba parade diwajibkan membawakan minimal 2 buah lagu dan salah satu lagu
yang ditampilkan adalah lagu Indonesia (Pop, Dangdut, Daerah, Perjuangan)

Display Band
Peserta Display menampilkan pertunjukan secara display atau bergerak, dengan
jumlah gerakan yang tidak dibatasi. Visual atau gerakan yang ditujukan untuk
menambah keindahan dari gerakan display itu sendiri. Peserta bebas berkreasi
dalam menampilkan bentuk gerakan display dilapangan. Dalam penampilan Display
setiap peserta wajib membawakan minimal satu lagu Indonesia (Pop, Dangdut, Daerah,
Perjuangan)

Komposisi Penampilan
Setiap peserta wajib mengisi lembar isian penampilan pada saat Technical Meeting.
Lembar isian penampilan berisi daftar judul lagu yang akan dimainkan, lengkap
dengan pengarang dan arranger, daftar pemain berikut photo, pengurus unit, sejarah
unit, serta hal-hal lainnya yang berkenaan dengan unit.

Materi Lagu
– Junior, Senior, Full Band Display : Dalam menentukan judul lagu yang akan
dibawakan, diwajibkan minimal satu lagu Indonesia harus termasuk dalam penampilan.
Lagu Indonesia yang dimaksud adalah lagu yang bernuansa / berbahasa Indonesia
(Pop, Dangdut, Lagu daearah / perjuangan dll).
– Guard Contest : Lagu yang digunakan untuk mengiringi penampilan, bebas dan
tidak dibatasi. Format lagu pengiring penampilan dalam bentuk pita Cassette
atau CD.

Hukuman atau Penalti
Diberikan pada Unit yang melewati batas waktu yang ditentukan
– Percussion Contest :Minimal 4 dan maksimal 6 menit
– Guard Contest . :Minimal 4 dan maksimal 6 menit
– Display :Minimal 10 dan maksimal 12 menit
– Parade :Tidak dibatasi
Pengurangan nilai diberikan sebesar 0,5 untuk setiap menit kekurangan atau kelebihan
yang dibulatkan keatas.

Waktu
Waktu yang diberikan adalah maksimum keseluruhan 20 menit, keseluruhannya termasuk:
– Persiapan / penyusunan alat tambahan atau pendukung
– Saat masuk arena (March In)
– Pelaksanaan penampilan
– Saat keluar arena (March Out)
– Pengambilan alat tambahan atau pendukung

Arena
Acara kejuaraan akan dilaksanakan di lapangan tertutup / Indoor (GOR Tangerang).
Bentuk dan ukuran arena pertandingan dapat dilihat pada saat Technical Meeting

VIII. TATA CARA PENILAIAN

A. March In (Band Masuk Arena)
– Saat Band March In tidak dinilai
– Sebelum masuk kedalam arena, dan selama unit sebelumnya masih bermain di arena
maka unit berikutnya sudah bersiap-siap 15 menit sebelum gilirannya dan untuk
sementara diam ditempat March in.
– Seluruh peralatan yang diperlukan harus disiapkan pada saat itu, tidak diperkenankan
membawa masuk ke arena selama unit lain masih bermain.
– Penyusunan alat dilakukan dengan cepat dan secermat mungkin.
– Setelah menempati formasi awal display, band dalam keadaan istirahat sampai
ada aba-aba dari Panitia Pelaksana.
– Total waktu dimulai saat alat dan orang pertama berseragam memasuki arena
lomba.

B. Performance / Penampilan
– Setelah memasuki arena, Unit peserta dapat langsung membuat formasi konser
atau formasi awal display. Formasi konser bebas, diserahkan kepada Unit bersangkutan.
Setelah formasi konser atau formasi awal display terbentuk, Field Commander,
Leader atau Guard Captain (untuk Guard Contest) langsung mengistirahatkan Unitnya.

– Pada saat formasi konser atau formasi awal display terbentuk dan setelah Unit
dalam keadaan istirahat.Pembawa acara / Announcer akan bertanya ; “Apakah
band anda sudah siap ?” dan Field Commander akan menjawab dengan menyiapkan
Unitnya.
– Setelah Unit peserta dalam keadaan siap, maka Announcer akan mengatakan “Silahkan
anda mulai !” Field Commander akan memberi hormat kearah VIP BOX dan memulai
penampilan Unitnya.
– Penilaian dimulai sejak bunyi pertama yang dihasilkan, setelah Announcer memberikan
tanda bahwa penampilan boleh dimulai.
– Penampilan yang akan dinilai ialah 4 s/d 6 menit untuk Guard dan Percussion
Contest, dan 10 s/d 12 menit untuk Junior dan Senior Display. Penampilan yang
kurang atau lebih dari batas waktu penampilan akan dikenakan pengurangan nilai
0,5 untuk setiap menit kekurangan atau kelebihan yang dibulatkan keatas.
– Setelah penampilan Unitnya selesai, Field Commander hormat kearah VIP BOX
sebagai tanda Unitnya telah selesai tampil.

C. March Out (Band Keluar Arena)
– Saat Band march Out tidak dinilai.
– Tempat keluar arena adalah yang telah ditentukan Panitia.
– Seluruh peralatan yang digunakan saat penampilan harus dibawa pada saat keluar
arena.
– Total waktu yang diberikan berakhir setelah alat dan orang berseragam terakhir
meninggalkan arena.

IX. PENILAIAN DAN PENJURIAN

– Nilai akan diberikan oleh Dewan Juri yang ditunjuk oleh Panitia.
– Dewan Juri adalah orang-orang yang sangat berpengalaman dalam bidangnya dan
memiliki pengetahuan luas mengenai dunia Marching Band / Drum Band.
– Setiap anggota Dewan Juri akan menilai penampilan setiap Band sesuai standar
pada klasifikasinya.
– Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat, namun setiap band yang merasa
keberatan dengan keputusan yang telah dibuat dapat mengajukan keberatan kepada
Panitia dengan membayar Biaya Protes sebesar Rp. 500.000,- ( Lima ratus ribu
rupiah ) dan dilampiri tandatangan Manager Team / Stempel Unit. Setiap keberatan
yang diterima oleh Panitia akan dijadikan acuan untuk perbaikan bagi kegiatan
yang akan datang.
– Dewan juri tidak bertanggung jawab atas hasil penilaian yang telah ditotal
/ digabungkan.
– Struk penilaian akan diberikan pada tiap-tiap Unit.

X. GELAR YANG DIPEREBUTKAN

– Piala bergilir dari Gubernur Propinsi tk I Banten
– Voucher / Produk dari Sponsor
– Trophy Kejuaraan dari Dal Signo Team

XI. KUALIFIKASI PENAMPILAN

– Band yang berhak tampil adalah mereka yang sudah melengkapi syarat-syarat
tehnis dan adminstrasi.
– Penentuan waktu penampilan adalah berdasarkan undian penampilan pada saat
Technical Meeting.
– Unit yang mendaftar setelah undian dilaksanakan secara otomatis menjadi urutan
pertama tampil dan seterusnya bagi Unit yang mendaftar setelah dilaksanakannya
undian.
– Setiap Unit wajib melapor 2 jam sebelum waktu penampilan.

XII. DISKUALIFIKASI

– Unit Band BELUM mengembalikan formulir sampai dengan batas waktu yang telah
ditentukan.
– Unit Band BELUM melunasi biaya pendaftaran / adminstrasi sampai dengan waktu
yang ditentukan.
– Unit Band TIDAK HADIR / DATANG pada saat pelaksanaan lomba setelah dipanggil
nama unitnya sampai 3 kali pemanggilan oleh Announcer (Pembawa Acara). Setelah
itu Unit dianggap MENGUNDURKAN DIRI.
– Band yang telah didiskualifikasi dapat memberikan alasannya untuk mendapatkan
KERINGANAN dan membayar biaya kompensasi sebesar Rp. 500.000,- ( Lima ratus
ribu rupiah) agar dapat mengikuti Lomba bila alasannya dapat diterima oleh Panitia
pelaksana.

XIII. PENGUNDURAN DIRI

– Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh
Penanggung jawab Unit bersangkutan dan stempel Unit, sedang uang pendaftaran
TIDAK DAPAT ditarik kembali.
– Alasan pengunduran diri harus jelas.
– Unit Peserta yang tidak mengembalikan data Unit pada saat Batas Akhir Pendaftaran
dianggap telah mengundurkan diri.

Tangerang, Januari 2007

PANITIA PELAKSANA

KOMBAT 2006 by :Dal Signo Team @BADMAN
Jln.Danau Panjai Raya No.2 Perumnas Tangerang
Contact Person : Seno Ajie 0816-1846381

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=663

Posted by on Jun 5 2007. Filed under Dalam Negeri, Events, KOMBAT, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented