|

Liputan:Blast Open Marching Competition 2007, Malang

Siapa bilang kota Malang, yang terkenal dengan “Apel Manalagi” tidak  mempunyai kejuaraan Marching Band bergengsi? Ini dibuktikan dari kesungguhan dan semangat para insan marching band yang kebanyakan berasal dari anggota dan alumni Top Blast Drum Corps, Batu, untuk menyelenggarakan kejuaraan BLAST OPEN MARCHING COMPETITION
2007 (BOMC), yang pertama. Diikuti oleh 22 unit drum band dan marching band yang berasal dari daerah Jawa Timur seperti, Surabaya, Kepanjen, Pujon, Tulung Agung, Blitar, Sidoarjo, Lamongan dan Malang. Acara ini berlangsung dari tanggal 28-29 Juli 2007 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Adapun kejuaraan ini mempertandingkan kelas TK, Junior, Senior dan Kompetisi. Demi menjaga kenetralan dalam penjurian, panitia pun tidak tanggung-tanggung, mendatangkan juri dari luar daerah Malang, seperti, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Yogyakarta, bahkan dari Jakarta.

Sebagai event yang pertama kali diadakan di Malang, Mas Ronald, selaku promotor dan penyelenggara kejuaraan ini mengaku puas dan senang atas hasil pertandingan ini, mengingat peserta merasa puas atas hasil kejuaraan dan  penjurian ini. Diakuinya walaupun banyak kekurangan, namun penulis merasa kejuaraan pertama kali di Malang tergolong sukses dengan mengundang banyak peserta dari Malang dan daerah sekitarnya.

Hasil dari beberapa penampilan peserta, menurut penulis, cukup mengejutkan dan penuh dengan kecepatan display dan manuever yang cepat. Kebanyakan dari unit-unit di Jawa Timur ingin sekali mempertunjukkan kebolehannya dengan memberikan visual-visual yang menarik, colourguard dan properti yang atraktif dan meriah, disamping persembahan musik yang cukup dinamis.

Adapun rangkuman hasil final kejuaraan adalah sebagai berikut:

1. Juara divisi Junior
a. Peringkat I : MI Nurul Huda Malang, nilai 74,43
b. Peringkat II : TPA At-taqwa Lamongan, nilai 70,27
c. Peringkat III : SD Negeri Margorejo 4 Surabaya, nilai 68,53

2. Juara divisi senior dan kompetisi
a. Peringkat I : SMP Jawahirul Hikmah Tulung Agung, nilai 84,46
b. Peringkat II : Ken Arok Duta Swara Malang, nilai 81,07
c. Peringkat III : Remas Darul Muttaqin Pujon Malang, nilai 79,8

Hadiah bagi para pemenang pun cukup menggiurkan, yaitu 1 unit xylophone, 1 unit
marching trombone, dan 1 unit snare drum.

Sebagai selingan menunggu hasil keputusan juri, ditampilkan MB. Jawahirul Hikmah (JH), Tulung Agung. Dengan beranggotakan 200 orang, MB JH berhasil menyulap penonton di Dome UMM bersorak sorai. Penampilannya yang solid, rapi dan lebih musikal membuat MB JH unit yang patut di perhitungkan, apabila berencana mengikuti event besar di Jakarta bulan Desember nanti. Sukses atas terselenggaranya BOMC 2007, Malang!!

Susunan juri BOMC 2007:
Marching & Manuevering : Muhammad
Display & Showmanship : Putu Armika (Mike)
MAHL : Marko Sebira
MAPL : Zaki
Music General : Pepen
Colour Guard : Gagan
General Effect : Dody JP
Field Comm & Drum Major : Bp. Agus

Download file rekapitulasi penilaian BOMC 2007
Gallery Foto BOMC 2007

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=691

Posted by on Aug 2 2007. Filed under BOMC, Dalam Negeri, Events, News, Scores. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented