|

Delta Marching Open Festival (DMOF) 2005

PENGANTAR

Realitas perkembangan dunia Drum/Marching Band yang sedemikian pesatnya telah menjadikan setiap unit memacu semangat untuk menjadi yang terbaik antara satu dengan lainnya. Sebab itu sangat dibutuhkan keberadaan Event yang tepat untuk arena berkreasi dan berkompetisi.

Delta Marching Open Festival (DMOF) adalah salah satu event pilihan yang tepat, karena event ini berada pada saat tepat, dan sejak Februari 2005 nanti akan diadakan babak penyisihan dan final termasuk juga menfektifkan system penilaian dan penghargaan atas prestasi yang sebenarnya. Benarkah Unit kita layak untuk diperhitungkan? … Buktikan jawabannya pada DMOF 2005, daftarkan segera dan Go Competition.

AGENDA KEGIATAN D’MOF 2005

1. Technical Meeting/TM-1 : Untuk Menjelaskan Juklak, Pendaftaran, dan Ploting Uji Coba Lapangan
Minggu, 5 Desember 2004, mulai pukul 09.00 – 11.00 wib
Bertempat di Gedung Utara Lt. II SMP Muhammadiyah 1, Jl. KH. Samanhudi no. 81 Sidoarjo Jatim.
2. Rapat Dewan Juri : 30 Januari 2005
3. TM-2 : Untuk Undian Penampilan, Membentuk Dewan Hakim dan Penyelesaian Persyaratan Lomba.
Minggu, 6 Februari 2005, pukul 09.00 – 11.00 wib di tempat yang sama dengan TM – 1.

Kepesertaan
1. Divisi Anak, (usia sekolah TK) dibagi 3 kelompok (A,B,C) masing-masing maksimal 12 unit.
2. Divisi SD, untuk unit Sekolah Dasar/sederajat yang maksimal berjumlah 12 unit.
3. Divisi Lanjutan, jumlah maksimal 12 unit yang terbagi dalam 2 klasemen yaitu :
a. Klasemen Sekolah, untuk SMP-SMA dan yang sederajat
b. Klasemen Umum, untuk Perguruan Tinggi dan Perkumpulan Umum.

Persyaratan Peserta
1. Mengisi dan menyerahkan Formulir dan Biaya Pendaftaran terakhir sampai pada TM – 1
2. Biaya Pendaftaran : untuk Divisi Anak sebesar Rp. 200.000,-. Divisi SD dan Lanjutan sebesar Rp. 250.000,-
3. Biaya Uji Coba Lapangan sebesar Rp. 200.000,- per jam. Tiap unit maksimal 1 jam.
4. Mengisi Data Satuan dan Susunan Pemain dilengkapi 2 lembar foto 3×4, diserahkan terakhir pada TM – 2.
5. Khusus Divisi Anak dilengkapi fotokopi Raport Peserta, diserahkan terakhir pada TM – 2.
6. Mematuhi ketentuan yang diberlakukan, dan apabila ada Peserta yang mengundurkan diri, wajib membuat
keterangan tertulis ditandatangani Penanggungjawab Tim dan biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

Tata-Tertib Perlombaan

1. Band peserta wajib hadir di tempat kegiatan, 1 (satu) jam sebelum waktu penampilan giliranya tiba. Selama Menunggu giliran, band peserta tidak diperkenankan untuk membunyikan peralatan yang dibawanya

2. Team Manager wajib melapor kepada bagian ROLL CALL segera setelah bandnya tiba, selanjutnya akan ditunjukkan tempat persiapan sesuai urutan penampilannya.

3. Bila tiba waktunya, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada band peserta untuk memasuki arena

4. Cara memasuki/keluar arena ( March In/Off ) diserahkan kepada band peserta dengan alokasi waktu 2 mnt. 5. Keterlibatan official hanya sebatas / sampai formasi awal

6. Band peserta menempatkan diri pada posisi start yang dipilih sendiri, dan untuk Warming Up alokasi waktu 1 menit, mulai dihitung sejak posisi band membelakangi dewan juri sampai posisi band menghadap VIP box.

7. Setelah melihat band peserta dalam keadaan siap, announcer bertanya kepada Dewan Juri : “Dewan Juri, apakah Anda sudah siap? “. Dewan Juri mengangkat tangan sebagai jawaban siap. Selanjutnya announcer menanyakan Drum Major : “Drum Major, sudah siapkah band Anda ?”, untuk menjawab pertanyaan ini Drum Major dan Field Commander memberi hormat ke arah VIP box dengan gayanya sendiri. Selanjutnya band dapat memulai setelah announcer memberi aba-aba : “ Silahkan Anda mulai “. Waktu dihitung mulai gerak/ musik pertama dimainkan sampai musik/gerak pemain berhenti total sesuai urutan penampilan dengan batasan min. 10 dan max. 20 menit. Khusus Divisi Anak, penilaian didasarkan pada jumlah 3 lagu.

8. Pada akhir penampilan, Drum Major dan Field tetap berada ditempat untuk menerima Tanda Bukti Peserta.

9. Penampilan Solo (Tiup dan Perkusi) dinilai hanya pada 1 orang pertama yang memberi tanda hormat.

10. Band peserta tidak diperkenankan untuk memasang sesuatu yang bersifat permanen dalam arena lomba selama penampilan yang dapat mengganggu peserta lainnya.

Penalty/diskualifikasi

1. Terlambat memenuhi panggilan sampai ke tiga, dikenakan sangsi Diskualifikasi (gugur) atau ditampilkan pada urutan terakhir dari Divisinya atau ditentukan secara mutlak oleh Ketua Panitia.

2. Kelebihan waktu march in maupun march off (Divisi SD dan Lanjutan) tiap 15 detik = 1 poin.

3. Batas waktu penampilan yang kurang dari 10 atau lebih dari 12 menit, tiap 15 detik = 1 poin.

4. Khusus Divisi Anak, kurang atau lebih dari 3 lagu, pengurangan nilai = 10 poin.

5. Pimpinan tidak memberi hormat awal maupun akhir = 1 poin.

6. Penampilan yang sampai mengakibatkan kerusakan lingkungan sekitar = 25 poin.

7. Pelatih/official masuk arena/memandu timnya yang sedang berlomba = 25 poin.

Dewan Juri dan Dewan Hakim

1. Dewan Juri
Susunan Dewan Juri akan disampaikan pada saat Technical Meeting (TM) 2.

2. Dewan Hakim
Dewan Hakim terdiri dari seorang wakil dari Dewan Juri, Panitia, dan Peserta, yang dibentuk pada TM–2

Unsur-Unsur Penilaian

DIVISI LOMBA BEREGU UNSUR – UNSUR PENILAIAN NILAI

MAX

TOTAL
Anak Analisa Musik Divisi Anak Intonasi, Kejernihan suara, & Kesegaman pola nada 15 75
Arransemen 15
Dinamika 15
Harmoni 15
Kesempurnaan penyajian 15
Unjuk Gelar Divisi Anak Marching Manufering 20 60
Display and Ahowmanship 20
General Effect 20
Sekolah Dasar(Div. SD)

dan

Divisi Lanjutan

Music Analtsis Horn Line Mutu Teknik 25 50
Penguasaan Musik 25
Music Analtsis Percussion Line Mutu Teknik 25 50
Penguasaan Musik 25
Marching Manuvering Kerapian dan Keselarasan 10 20
Teknik dan Ragam Gerakan 10
Display Showmanship Konsep Pagelaran 10 20
Efek Showmanship 10
General Effect Repertoir 10 30
Visual Effect 20
Arransmen Musik Kreatifitas 25 100
Imajinasi 25
Harmoni 25
Dinamika 25
Anak, SD dan Lanjutan Color Guard Analisa Perlengkapan 10 50
Teknik Permainan 20
Visual Effect 20
Uniform Desain Kostum 30 50
Visual Effect 20
Catatan : Penilaian Uniform tidak mempengaruhi penentuan The Best Performance dan Runner Up

DIVISI LOMBA INDIVIDU UNSUR – UNSUR PENILAIAN NILAI

MAX

TOTAL
Anak, SD dan Lanjutan Drum Major Penguasaan materi 10 40
Keterampilan dan kelincahan 10
Kepribadian dan kewibawaan 10
Cara dan gaya menghormat 10
Field Commander Teknik Conducting 10 40
Ekspresi 10
Kepribadian dan kewibawaan 10
Cara dan gaya menghor,at 10
SD dan Lanjutan Solois Perkusi Teknik Penyajian 10 30
Teknik Permainan 10
Mutu suara 10
Solois Tiup Teknik Penyajian 10 30
Teknik Permainan 10
Mutu suara 10


Pengaduan dan Protes

Penilaian Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali bila salah dalam menjumlah dan akan diperbaiki semestinya. Bila peserta merasa dirugikan, dapat mengajukan protes tertulis ditandatangani Tim Manager unit dengan alas an dan bukti yang kuat ditujukan kepada Ketua Dewan Hakim melalui Panitia dan membayar biaya protes sebesar Rp. 500.000,- selambatnya 2 jam setelah pengumuman hasil penilaian. (Protes akan dilayani jika prosedurnya sesuai dan uang protes akan dikembalikan jika dinyatakan benar).

Informasi Tambahan

1. Panitia membantu memberikan informasi akomodasi (bagi peserta luar kota), hub. Gagan (081 553 458 060)
2. Tiket Masuk berupa Gelang Tangan, dapat digunakan selama 1 hari kegiatan. Harga Tiket babak penyisihan
Rp. 7.500,- per orang dan babak final Rp. 10.000,- per orang termasuk anak usia 5 tahun ke atas.
3. Tanda Peserta dapat digunakan untuk mendapat potongan harga Tiket Masuk Penonton (yang ditunjukkan di loket), dan berlaku hanya untuk Pemain yang bersangkutan.
4. Untuk kemudahan medapatkan tiket, panitia akan mengkoordinir pemesanan tiket dengan potongan 5 %.

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=185

Posted by on Feb 6 2005. Filed under Dalam Negeri, DMOF, Events, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented