BOROBUDUR OPEN DRUM/ MARCHING BAND JUNIOR CHAMPIONSHIP 2009
A. Nama Kegiatan
BOROBUDUR OPEN DRUM/ MARCHING BAND JUNIOR CHAMPIONSHIP 2009 Kejuaraan Drum Band Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama
B. Bentuk Kegiatan
Lomba Unjuk Gelar (Display) Tingkat Sekolah Dasar
Lomba Unjuk Gelar (Display) Tingkat Sekolah Menengah Pertama
C. Penyelenggara
PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Harmoni Drum/Marching Band Production
D. Tema
Disiplin, kebersamaan, dan Nada Menciptakan Keindahan
E. Maksud dan Tujuan
1. Sebagai sarana aktivitas kegiatan generasi muda yang sehat, terarah, dan bermanfaat bagi pendidikan
2. Meningkatkan hubungan kerjasama antara institusi pendidikan, swasta, dan masyarakat dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia.
3. Sebagai tolak ukur kegiatan drum/marching band
4. Menumbuhkan kedisplinan, tanggung jawab, kebersamaan, dan cinta tanah air
F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan :
Hari / Tanggal : Sabtu – Minggu 8-9 Agustus 2009
Tempat : Lapangan Kidergarden Kompleks Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah
G. Peserta
– Adalah unit-unit drum band tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang bersedia mentaati peraturan dan ketentuan dari panitia.
– Berdomisili di wilayah Negara Republik Indonesia
H. Pendaftaran
1. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan panitia serta membayar pendaftaran sebesar
– Rp. 300.000,- Untuk klasemen Festival atau unit yang berdomilisi di wilayah Kabupaten/ Kotamadya Magelang, dan Karedisenan Kedu
– Rp. 450.000,- Untuk unit klasemen Kompetisi atau unit yang berdomisili di wilayah luar diluar Kabupaten / Kotamadya Magelang Dan Karesidenan Kedu
2. Tempat pendaftaran : Kantor Unit Taman Wisata Candi Borobudur Jl. Badarwati Borobudur Magelang Telp. (0293) 788266
3. Contact Person : 1. Hasan Iskandar 08122754151
2. Ika Ernawati 081904257044
3. Wida Putri Wulandari 08562543433
4. Pembayaran biaya pendaftaran bisa melalui transfer bank :
Bank : BCA
A/C : 0711873812
Atas Nama : Hasan Iskandar Hidayat
atau
Bank : BRI Cabang Sleman
A/C : 024701016144501
Atas Nama : Ika Ernawati
– Technical Meeting I
Hari/Tanggal : Sabtu 4 Juli 2009
Waktu : 13.00 WIB
Tempat : Meeting room Hotel Manohara kompleks Taman Wisata Candi Borobudur
Acara : Penjelasan Teknis Lomba
– Technical Meeting II
Hari/Tanggal : Sabtu 1 Agustus 2009
Waktu : 13.00 WIB
Tempat : Meeting room Hotel Manohara kompleks Taman Wisata Candi Borobudur
Acara : Penjelasan Teknis Lomba dan pendaftaran terakhir pengambilan nomor undian
J. Ketentuan Lomba
Lomba dibagi 2 klasemen
1. Klasemen Festival SD/SMP
Dibagi Menjadi 2 Klasemen:
Klasemen Drum Band
– Adalah unit yang berdomisili di wilayah Kabupaten dan Kotamadya Magelang Dan
Karesidenan Kedu
– Jumlah pemain inti Minimal 25 orang
– Waktu penampilan 10 – 12 menit
– Pemain pendukung (colour guard/ pemain bendera) maksimal 40% dari pemain intu
– Alat tiup masih menggunakan pianika
Klasemen Marching Band
– Adalah unit yang berdomisili di wilayah Kabupaten dan Kotamadya Magelang Dan
Karesidenan Kedu
– Jumlah pemain inti Minimal 25 orang
– Waktu penampilan 10 – 12 menit
– Pemain pendukung (colour guard/ pemain bendera) maksimal 40% dari pemain intu
– Alat tiup masih menggunakan pianika
2. Klasemen Kompetisi SD/SMP
Dibagi menjadi 2 klasemen :
Klasemen A :
– Adalah unit yang berdomisili di wilayah Republik Indonesia
– Jumlah Pemain inti minimal 32 orang
– Waktu penampilan 10 – 12 menit
– Pemain pendukung (colour guard / pemain bendera) maksimal 40% dari pemain
inti
– Wajib membawakan percussion features (permainan perkusi) 96 ketukan
– Diperbolehkan ada solo horn atau solo perkusi panjang durasi max 8 bar
– Menggunakan alat tiup Pianika
Klasemen B :
– Adalah unit yang berdomisili di wilayah Republik Indonesia
– Jumlah Pemain inti minimal 32 orang
– Waktu penampilan 10 – 12 menit
– Pemain pendukung (colour guard / pemain bendera) maksimal 40% dari pemain
inti
– Wajib membawakan percussion features (permainan perkusi) 96 ketukan
– Diperbolehkan ada solo horn atau solo perkusi panjang durasi max 8 bar
– Menggunakan alat tiup logam trumpet, flugel horn, mellophone, trombone, baritone.
K. Tata Tertib Penampilan
– Seluruh peserta wajib hadir dan sudah menyelesaikan administrasi serta daftar
pemain 30 menit sebelum penampilan
– Daftar ulang meliputi penyelesaian administrasi, cek daftar pemain, official
dan cek urut lagu
– Unit drum band yang hadir terlambat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada
panitia akan tampil pada urutan terakhir pada masing-masing klasemen.
– Official/Helper/Crew hanya diperbolehkan membantu memasukkan dan mengeluarkan
instrument / propersties dan berada pada tempat yang telah ditentukan panita
selama band melakukan penampilan, serta memakai indentitas band masing-masing.
– Seluruh peserta tidak diperkenankan memakai peralatan elektronik dalam bentuk
apapun.
– Seluruh peserta tidak diperbolehkan menggunakan pemain yang berstatus alumni
atau siswa diluar sekolah peserta
– Pemain terdaftar sebagai anggota dari unit yang bersangkutan
– Setiap pemain tidak diperkenankan bermain lebih dari satu unit.
L. Penampilan
– Band memasuki arena setelah dipersilahkan panitia dan keluar melalui pintu
yang telah ditentukan
– Selama unit mempersiapkan diri MC akan membacakan data-data unit band yang
bersangkutan sesuai dengan nomor urut pendaftaran.
– Waktu untuk march in / March out (barisan masuk dan barisan keluar) selama
2 menit
– Setelah masuk arena lomba pasukan diistirahatkan menghadap Juri.
– Prosedur penampilan diawali dengan MC menanyatakan kesiapan dewan Juri kemudian
kesiapan unit band dengan bertanya pada paramanandi :
“FIELD COMMANDER APAKAH BAND ANDA SUDAH SIAP?”. Field Commander
menjawab dengan menyiapkan pasukan dilanjutkan dengan melakukan penghormatan
awal. Penampilan dilakukan dengan menghadap dewan Juri.
Penghormatan dilakukan dengan cara dan gaya masing-masing dan diakhiri dengan
sikap sempurna.
– Lomba dilakukan dengan system Band contes pada arena outdoor luas 20 x 30
meter
– Penilaian dimulai pada saat penghormatan awal sampai penghormatan akhir.
– Waktu penampilan dihitung mulai alat musik pertama dibunyikan dan diakhiri
pada saat paramanandi melakukan penghormatan akhir, apabila field commander
tidak melakukan penghormatan akhir waktu dihitung sampai pemain yang terakhir
keluar arena.
M. Diskualifikasi
– Peserta yang belum mengembalikan / menyelesaikan syarat-syarat pendaftaran
dan administrasi
– Menggunakan pemain yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain.
– Menggunakan pemain yang berstatus alumni
– Band yang pemainnya bermain lebih dari satu unit
– Menggunakan peralatan elektronik.
N. Dewan Juri
– Dewan juri terdiri dari tokoh, pengamat dan praktisi drum band dari berbagai
kalangan dan menguasai bidangnya masing-masing
– Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak diganggu gugat.
– Apabila terdapat satuan peserta yang mengajukan protes atas penilaian juri
maka wajib mengajukan surat protes tertulis ditujukan kepada dewan juri selambat-lambatnya
1 jam setelah pengumuman kejuaraan dengan membayar Rp. 1.000.000,-
O. Penilaian
1. General Effect (repertoire, Showmanship, Visual effect dan Ansmbel)
2. Analisa Musik (Perkusi melodis, perkusi ritmis, teknik permainan melodi,
teknik permainan ritmis dan keserasian)
3. Display & Marching Performance (Kerapian, Koordinasi, ragam gerakan,
kesempurnaan bentuk, variasi & artistik, timing, dan kesinambungan, teknik
berbaris, timing, dan kesinambungan tata gerak).
4. Paramanandi (Kepemimpinan, kewibawaan, penguasaan materi, teknik, kelincahan
dan ketrampilan cara dan sikap hormat)
5. Gitapati (teknik counducting, penguasaan materi)
6. Colour Gard (Teknik Penyajian, Interprestasi, sikap dan Showmanship, kekompakan
dan kerapian)
P. Penghargaan
1. Piala Juara I, II, III, General Effect Tiap Klasemen
2. Piala Juara I, II, III, Analisa Musik Tiap Klasemen
3. Piala Juara I, II, III, Display & Marching Perfoemance Tiap Klasemen
4. Piala Peringkat I, II, III, Marching & Manuvering Tiap Klasemen
5. Piala Juara Umum Klasemen Festival
6. Piala Juara I, II, III Colour Guard
7. Piala Percussion features terbaik
8. Piala Juara I, II, III Paramanandi
9. Piala Juara I, II, III Gitapati
10. Piala Juara Favorit
11. Piala Juara Umum Klasemen Kompetisi
12. Piala Kostum Terbaik
13. Piala Solo Perkusi Terbaik
14. Piala Solo Horn Terbaik
15. Piala Peringkat seluruh peserta susuai klasemen
16. Tiap Unit Peserta dan Juara Mendapat Piagam
I. Lain-lain
1. Panitia menyediakan gladi bersih dengan biaya Rp. 150.000,- tiap 30 menit
2. Panitia menyediakan dokumentasi video dan foto digital
3. Hal-hal lain yang belum diatur dalam petunjuk pelaksanaan akan diatur dalam
petunjuk teknis saat technical meeting.
4. Informasi dapat menghubungi panitia
Magelang, 17 Juni 2009
Panitia
Borobudur Open Drum/Marching Band Junior Championship
2009
Hasal Iskandar Hidayat
Event Director
Related posts:
Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=1188