|

Kejuaraan Marching Band di Bukittinggi Berhadiah Rp60 Juta

Tekhnikal Meeting kejuaraan Marching Band Bukittinggi, Sabtu (29/02/2020). JON

Tekhnikal Meeting kejuaraan Marching Band Bukittinggi, Sabtu (29/02/2020). JON

JERNIHNEWS.COM– Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) bekerja sama dengan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Bukittinggi kembali akan mengelar kejuaraan Bukittinggi Open Marchingband Competition (BOMC) V tingkat Sumatera Terbuka yang akan digelar pada September 2020.

Sebagai langkah awal, Pemko dan PDBI Bukittinggi melakukan technical meeting (TM) dengan mengundang pimpinan unit drumband dan marchingband calon peserta BOMC V, baik yang berada di dalam maupun luar Bukittinggi di Sekretariat PDBI Kota Bukittinggi, Simpang Jirek Bukittinggi, Sabtu (29/2).

Pada acara TM awal tersebut, terhadap peserta dijelaskan bagaimana tata cara dan teknis lomba dan apa saja yang perlu disiapkan. “Tujuan kita TM memang untuk menjelaskan kepada peserta bagaimana nanti dia akan tampil, peraturan dan teknis acara nanti, agar teratur dan bisa dipahami oleh peserta,” kata Ketua PDBI Bukittinggi M. Nur Idris.

Pada acara techinical meeting itu pihak panitia menghadirkan konsultan lomba dari Indonesia Marching Arts Association (IMAA) yakni Presiden IMAA Indra Feri Satya Putra dan Sekjend IMAA Dian Pramanasari serta Pengurus PDBI Sumbar Reno Andiza. Sementara untuk juri panitia akan mendatangkan juri Internasional dari Thailand Kosin Soebprasitwong yang juga Presiden AMBC (Asian Marching Band Confederation) serta 4 juri AMBC lainnya yang ada di Indonesia.

“Untuk menjaga legalitas BOMC V panitia akan mendatangakan 5 orang juri dari AMBC salah satu dari Thailand Kosin Soebprasitwong yang sudah dikenal dikalangan lomba marchingband Indonesia dan Asia,” kata Nur Idris.

Sementara untuk mata lomba, akan diadakan 4 mata lomba yakni Display, Street Parade, Drumd Bettel, dan Contes Colouar Guade dengan tiga devisi lomba yaitu tingkat devisi Taman Kanak-Kanak, devisi Junior dan devisi Senior memperebutkan Piala Bergilir dari Walikota Bukittinggi untuk masing-masing juara umum devisi, dan Kemenpora RI untuk juara satu, serta piala dari Pemko dan PDBI Bukittinggi dengan memperebutkan total hadiah 60 juta rupiah.

“Untuk lomba BOMC V tahun ini ada yang spesial yakni adanya piala juara umum untuk masing-masing devisi dari Walikota Bukittinggi. Dulu belum ada piala juara umum dan piala Kemenpora. Untuk hadiah akan disiapkan sebesar 60 juta rupiah untuk masing-masing juara katagori,” jelasnya.

Sementara itu, konsultan lomba dari IMAA, Indra Feri Setya Putra yang kerap disapa Indra turut hadir pada acara tersebut. Ia mengatakan Technical meeting sangat penting bagi peserta untuk mengetahui teknis dan aturan lomba BOMC. “Dengan TM ini diharapkan unit drumband bisa dari awal mengetahui dan mempersiapkan timnya untuk mengikuti lomba” ujar Indra yang berjanji akan membantu persiapan lomba sekaligus mendatangkan Kosin Soebprasitwong juri internasional dari Thailand. (jon)

Sumber : https://www.jernihnews.com/berita/47/kejuaraan-marching-band-di-bukittinggi-berhadiah-rp60-juta.html

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=7161

Posted by on Mar 3 2020. Filed under Dalam Negeri, Events, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented