|

NOTULEN TECHNICAL MEETING BMBC III – 2012 GPMB SERIES

DOWNLOAD NOTULEN TM BMBC 2012 (pdf format)

DOWNLOAD Jadwal Penampilan BMBC 2012 (pdf format)

NOTULEN TECHNICAL MEETING
BANDUNG MARCHING BAND CHAMPIONSHIP III – 2012 GPMB SERIES
MINGGU, 16 SEPTEMBER 2012

Technical Meeting BMBC II, dilaksanakan pada hari Minggu, 16 September 2012 bertempat di Auditorium Rosada Balaikota Bandung. Dipimpin oleh Bapak Benny Prasetyo, selaku Sekretaris Panitia BMBC 2012, tepat Jam 11.00 WIB,dihadiri oleh perwakilan dari 34 unit peserta BMBC III Tahun 2012, dan berakhir pada pukul  14.00 WIB.

Susunan Acara :
Pembukaan
Laporan Ketua Panitia
Sambutan Walikota Bandung (Diwakili Kabid. Linmas)
Sambutan Perwakilan DCE Asia Tenggara
Pembahasan Peraturan Lomba BMBC II -2011 & Tanya Jawab
Pengundian jadwal penampilan peserta
Penutup

PEMBAHASAN PERATURAN LOMBA BMBC III TAHUN 2012 DAN TANYA JAWAB

1. Secara garis besar dijelaskan peraturan lomba untuk tiap-tiap mata lomba yaitu : Street Parade, Display,
Percussion Battle, Marching Percussion, Brass Ensemble, Brass Band Contest dan Color Guard Contest.
Point-point tentang Pendahuluan, Nama Kegiatan, Penyelenggara, Motto, Dasar Pemikiran, Maksud dan
Tujuan, dan Sasaran dianggap sudah cukup jelas, sehingga tidak dibahas dalam technical meeting.
2. Berdasarkan data pendaftaran peserta, Panitia BMBC III – 2012 memutuskan untuk membatalkan
penyelenggaraan mata lomba Display untuk Divisi Taman Kanak-Kanak karena tidak ada yang
mendaftarkan diri.
3. Point-point tentang Peserta, Pendaftaran, dan Pengunduran Diri, dianggap sudah cukup jelas, sehingga
tidak dibahas dalam technical meeting.
4. Daftar Nama dan Tanda Pengenal dapat dikirimkan dalam bentuk Hard Copy ataupun dalam bentuk digital,
Sedangkan untuk Pengecapan ID Card dapat dilaksanakan selambat-lambatnya Hari Jum’at tanggal 12
Oktober 2012 di GOR Pajajaran Bandung.
5. Mengingat Divisi Senior terdiri dari siswa SMP dan SMA yang berbeda usianya, berdasarkan usulan peserta
disepakati bahwa batas usia maksimum adalah 19 tahun.
6. Untuk Sistem Penilaian mata lomba display digunakan Sistem Penilaian dari Drum Corps Europe (DCE) yang
sudah disosialisasikan kepada komunitas marching band Indonesia sejak tahun 2011 di Bandung dan
Jakarta.
7. Band Peserta diharapkan bisa mengirimkan Data Band, Riwayat Singkat Band, Repertoar dan Sinopsis
Penampilan dan Foto Bandnya selambat-lambatnya pada tanggal 29 September 2012 kepada panitia
melalui email benprass@yahoo.com
8. Pada BMBC tahun 2012 ini, Total waktu penampilan bagi band peserta adalah sebagai berikut :
Mata Lomba Display Divisi Junior, Total waktunya adalah 15 menit.
Mata Lomba Display Divisi Drum Band/Senior dan Divisi Marching Band/Open adalah 20 menit.
Mata Lomba Brass Ensemble, Total waktunya adalah 10 menit
Mata Lomba Brass Band Contest/Mini Corps Concert, Total waktunya adalah 12 menit
Mata Lomba Marching Percussion Contest, Total Waktunya adalah 12 menit
Mata Lomba Color Guard Contest, Total waktunya adalah 12 menit.
Mata Lomba Percussion Battle, setiap peserta memainkan 1 set cadence (max 2 menit) secara dinamis
(bergerak) dihadapan dewan juri untuk kualifikasi peserta, dan 2 x 2 menit untuk battle secara bergantian
dengan peserta lainnya.

Total Waktu Penampilan sudah termasuk : Persiapan Alat, March In, Pre-Show (Warm Up), Penampilan,
March Out, dan Pengambilan Alat. Jeda antar lagu tidak dibatasi.
9. Jadwal Pelaksanaan Mata Lomba adalah sebagai berikut (Jadwal Lengkap Terlampir) :
Sabtu, 13 Oktober 2012 : Display Divisi Junior, Percussion Battle, Brass Ensemble, Brass Band Concert,  Marching Percussion Contest dan Color Guard Contest.
Minggu, 14 Oktober 2012 : Street Parade, Display Divisi Drum Band/Senior, dan Display Divisi Marching Band/Open.

10. ID Card Pemain/Offisial tidak berlaku sebagai tanda masuk untuk menonton pertandingan. Apabila ingin
menonton pertandingan wajib memiliki Ticket Masuk. Harga Ticket Tribun Depan (Timur) adalah Rp.
25.000,-dan Harga Ticket Tribun Belakang (Barat) adalah Rp. 15.000,11.
Bagi peserta yang memerlukan sertifikat kejuaraan dapat menghubungi panitia dengan biaya sebesar Rp.
25.000,-/orang.

MATA LOMBA DISPLAY

1. Band peserta dapat menggunakan alat elektronik untuk amplifikasi (penguatan suara) alat tertentu
(misalnya Vibraphone), untuk pemberian effect (misalnya suara burung, petir dll), Narasi, dan Rhytm
section. Peralatan elektronik diperkenankan sepanjang menggunakan real time music (bukan
rekaman/loop).
2. Penggunaan Loop atau materi-materi yang direkam terlebih dahulu tidak diperkenankan, apabila terjadi
pelanggaran akan dikenakan penalty.
3. Cube untuk peralatan elektronik disediakan oleh panitia BMBC III – 2012, Band peserta melaporkan
kebutuhannya kepada Panitia selambat-lambatnya pada tanggal 29 September 2012.
4. Band peserta dapat membawa/menggunakan rostrum sendiri untuk 2nd Field Commander yang ketinggian
dan ukurannya lebih kecil dari Rostrum utama yang disediakan oleh Panitia BMBC.
5. Field Commander wajib memberi hormat di Awal dan di akhir penampilannya.
6. Pemain yang melakukan Solo atau Duet wajib memberi tanda kepada dewan juri dengan cara hormat atau
mengacungkan tangannya.
7. Ukuran Arena Display adalah seluas lapangan basket, sekitar ± 28 m x 15 m.


8. Berdasarkan permintaan dari Perwakilan DCE Asia Tenggara, Panitia BMBC membuat garis penanda
lapangan dengan ukuran antara garis penanda adalah 8 step/5 yard (sesuai ketentuan DCE).
9. Sistem Penilaian mata lomba display digunakan Sistem Penilaian dari Drum Corps Europe (DCE) yang terdiri
dari caption-caption sbb : Field Visual, Field Percussion, Field Music, Ensemble Visual, Ensemble Music,
Color Guard, Music effect dan Visual effect.

MATA LOMBA STREET PARADE

1. Mata Lomba Street Parade akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012.
2. Penyelenggaraan mata lomba Street Parade bertepatan dengan pemberlakuan Car Free Day di sepanjang Jl.
Ir. H. Juanda (Dago) dan Jl. Merdeka Bandung.
3. Car Free Day diberlakukan mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB, dengan ketentuan semua
kendaraan bermotor dilarang melintasi jalan di sepanjang kawasan Car Free Day.
4. Band Peserta berkumpul di Jl. Sultan Agung Bandung mulai pukul 06.00 – 07.00 untuk Roll Call dan
pengaturan urutan penampilan sesuai hasil undian pada technical meeting. Peserta akan diberangkatkan
apabila sudah ada tanda pemberangkatan dari Panitia Start setelah segala sesuatunya siap dilaksanakan
(Pengaturan lalu lintas, penjagaan perempatan jalan, kehadiran tamu undangan VIP dll).
5. Interval keberangkatan antara satu peserta dengan peserta lainnya maksimal 3 menit.
6. Selambat-lambatnya peserta terakhir Street Parade sudah diberangkatkan dari tempat start sebelum jam
09.00 WIB.
7. Kendaraan peserta hanya diperkenankan untuk drop off di Jl. Sultan Agung untuk selanjutnya menuju
tempat parkir di sekitar Jl. Sumatera atau Jl. Wastukancana Bandung.
8. Band peserta menyusuri Jl. Sultan Agung, Jl. Ir. H. Juanda (Dago), Jl. Merdeka dan Finish di Balaikota
Bandung.
9. Tidak ada spesial stage di sepanjang rute Street Parade.
10. Band Peserta akan tampil konser dihadapan Walikota Bandung dan Muspida lainnya di Balaikota Bandung,
maksimal 3 menit atau 1 lagu saja, untuk selanjutnya membubarkan diri/beristirahat.

MATA LOMBA PERCUSSION BATTLE

1. Band peserta dibagi 2 divisi yaitu : Divisi Junior untuk peserta tingkat Sekolah Dasar, dan Divisi Open.
2. Mengingat Band peserta di Divisi Junior hanya ada 1 (satu) peserta, maka Band tersebut wajib
menampilkan 2 set Cadence @ 2 menit dihadapan dewan juri.
2. Percussion Battle terdiri dari 2 babak, yaitu : Babak Kualifikasi dan Babak Battle.
3. Pada babak kualifikasi, band peserta diberikan kesempatan tampil selama 2 menit (120 detik) untuk tampil
dihadapan dewan juri secara dinamis (bergerak). Hasil babak kualifikasi akan menentukan urutan
penampilan battle.
4. Pada babak kedua, band peserta akan berhadapan dengan band peserta lainnya, dan secara bergiliran
akan menampilkan cadence/percussion features masing masing 2 x 2 menit (120 detik).
5. Peserta berasal dari dalam dan luar negeri, Battle dilaksanakan secara campuran antara peserta dalam
negeri dan peserta luar negeri, akan tetapi untuk penentuan pemenang dipisahkan berdasarkan Divisi
Nasional dan Divisi Internasional.

MATA LOMBA BRASS ENSEMBLE

1. Maksimal Jumlah pemain adalah 12 orang pemain.
2. Band peserta hanya boleh menggunakan peralatan brass saja tanpa wind instrument ataupun peralatan
elektronik.
3. Total waktu penampilan yang diperkenankan adalah 10 menit (sudah termasuk March In, Warm Up dan
March Out)
4. Panitia BMBC menyediakan kursi untuk penampilan brass ensemble sebanyak-banyaknya 12 buah kursi.
5. Diperkenankan menggunakan stand partitur.
6. Urutan lagu yang ditampilkan dilaporkan kepada Panitia BMBC selambat-lambatnya pada tanggal 29
September 2012.

MATA LOMBA BRASS BAND CONTEST/MINI CORPS CONCERT

1. Maksimal jumlah pemain adalah 30 orang sudah termasuk 1 orang conductor.
2. Total waktu penampilan yang diperkenankan adalah 12 menit (sudah termasuk Persiapan Alat, March In,
Pre-show (Warm Up), March Out dan pengambilan peralatan)
3. Band peserta dapat menggunakan peralatan brass, wind/reed instrument, battery percussion, pit
instrument, dan rhythm section.
4. Band peserta dapat menggunakan alat elektronik untuk amplifikasi (penguatan suara) alat tertentu
(misalnya Vibraphone), untuk pemberian effect (misalnya suara burung, petir dll), Narasi, dan Rhytm
section. Peralatan elektronik diperkenankan sepanjang menggunakan real time music (bukan
rekaman/loop).
5. Penggunaan Loop atau materi-materi yang direkam terlebih dahulu tidak diperkenankan, apabila terjadi
pelanggaran akan dikenakan penalty.
6. Cube untuk peralatan elektronik disediakan oleh panitia BMBC III – 2012, Band peserta melaporkan
kebutuhannya kepada Panitia selambat-lambatnya pada tanggal 29 September 2012.
7. Pengaturan balancing suara alat elektronik menjadi tanggung jawab band peserta.
8. Diperkenankan menggunakan stand partitur.
9. Urutan lagu yang ditampilkan dilaporkan kepada Panitia BMBC selambat-lambatnya pada tanggal 29
September 2012.

MATA LOMBA MARCHING PERCUSSION CONTEST

1. Maksimal jumlah pemain adalah 30 orang sudah termasuk 1 orang Field Commander.
2. Total waktu penampilan yang diperkenankan adalah 12 menit (sudah termasuk Persiapan Alat, March In,
Pre-show (Warm Up), March Out dan pengambilan peralatan)
3. Band peserta menggunakan battery percussion, pit instrument, dan rhythm section.
4. Band peserta dapat menggunakan alat elektronik untuk amplifikasi (penguatan suara) alat tertentu
(misalnya Vibraphone), untuk pemberian effect (misalnya suara burung, petir dll), Narasi, dan Rhytm
section. Peralatan elektronik diperkenankan sepanjang menggunakan real time music (bukan
rekaman/loop).
5. Penggunaan Loop atau materi-materi yang direkam terlebih dahulu tidak diperkenankan, apabila terjadi
pelanggaran akan dikenakan penalty.
6. Cube untuk peralatan elektronik disediakan oleh panitia BMBC III – 2012, Band peserta melaporkan
kebutuhannya kepada Panitia selambat-lambatnya pada tanggal 29 September 2012.
7. Pengaturan balancing suara alat elektronik menjadi tanggung jawab band peserta.

MATA LOMBA COLOR GUARD CONTEST

1. Maksimal jumlah pemain adalah 30 orang.
2. Total waktu penampilan yang diperkenankan adalah 12 menit (sudah termasuk Persiapan Alat, March In,
Pre-show (Warm Up), March Out dan pengambilan peralatan)
3. Band peserta dibagi 2 divisi yaitu : Divisi Junior untuk peserta tingkat Sekolah Dasar, dan Divisi Open.
4. Peralatan Wajib : Bendera; Peralatan Tidak Wajib : Riffle (Senapan), Saber (Pedang) dll.
5. Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanen di arena lomba.
6. Tidak ada pembatasan Jumlah dan Jenis materi yang dibawakan oleh peserta, tetapi tetap mengacu kepada
batas waktu penampilan yang telah ditetapkan.
7. Penampilan tidak harus selalu menghadap Tribune kehormatan.
8. Materi penampilan dioperasikan oleh staff dari band yang bersangkutan (berupa kaset, CD, Laptop, Ipod),
Panitia menyediakan Jack Audio sesuai alat yang digunakan.

HASIL UNDIAN JADWAL PENAMPILAN PESERTA (terlampir)
SUSUNAN DEWAN JURI (terlampir).

Bandung, 16 September 2012

Sekretaris Panitia BMBC,
BENNY PRASETYO

DOWNLOAD NOTULEN TM BMBC 2012 (pdf format)

DOWNLOAD Jadwal Penampilan BMBC 2012 (pdf format)

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=6202

Posted by on Sep 21 2012. Filed under BMBC, Dalam Negeri, Events, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

1 Comment for “NOTULEN TECHNICAL MEETING BMBC III – 2012 GPMB SERIES”

  1. Maaf saya mau tanya kalau beli ticket nonton BMBC 2012 di mana ya pak? Apa bisa on line? Terima kasih atas jawabannya. Salam, Yudi

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH