|

Technical Meeting HBCUP 2011

Technical Meeting Pertama

Hari : Minggu, 29 Mei 2011  Waktu : Jam 13.00-selesai

Tempat & Pukul : NAGANLORD Studio, Jl. Nagan Lor No.4 Yogyakarta

Acara : Penjelasan Materi HB Cup 2011,  Pemilihan Dewan Hakim,  Pembahasan Teknis Lomba, Temu Juri,  Pelunasan Administrasi dan Pengambilan nomor undian.

 

 

PETUNJUK PELAKSANAAN

HAMENGKUBUWONO CUP 2011

 

1. Nama Kegiatan

Hamengku Buwono Cup 2011

Kejuaraan Nasional Drum/ Marching Band

 

2. Bentuk kegiatan

Lomba Beregu                    : Lomba Unjuk Gelar (TK/SD/SMP/SMA)

Lomba Perorangan : Lomba Paramananda/i (TK/SD/SMP/SMU)

dan Field Comander (SD,SMP,SMU)

Lomba Kostum                   : Kostum Paramananda/i (TK/SD), Field Comander (SD)

dan Kostum Player Drum Band (TK/SD)

 

3. Penyelenggara

Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta

 

4. Tema

”Dari Jogja Untuk Indonesia”.

 

5. Maksud dan Tujuan

  1. Sebagai salah satu sarana aktivitas kegiatan anak-anak,  terarah dan bermanfaat bagi pendidikan dan perkembangan anak.
  2. Meningkatkan hubungan kerjasama antar Institusi Pendidikan, Swasta dan Masyarakat dengan tujuan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
  3. Menjadi salah satu lomba drum band di Yogyakarta dan di Indonesia yang berkelanjutan sehingga dapat dipakai sebagai tolak ukur kegiatan drum band Taman Kanak Kanak ,SD, SMP, SMP

 

 

6. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kategori Unjuk Gelar (Display)

Hari             : 25 – 26 Juni  2011

Pukul          : 08.00 s/d selesai

Tempat        : Gelanggang Olah Raga Amongrogo Yogyakarta

 

7. Peserta

Seluruh Unit Drum Band TK/SD/SMP/SMA sederajat di wilayah Republik Indonesia yang bersedia mentaati  seluruh peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.

 

8. Pemain

  1. Seluruh pemain terdaftar sebagai anggota dari unit drum band yang bersangkutan dan tercantum dalam daftar pemain yang diserahkan kepada panitia.
  2. Setiap pemain tidak diperkenankan bermain lebih dari 1 (satu) unit
  3. Tidak diperkenankan menggunakan pemain yang berstatus alumni
  4. Setiap unit diperkenankan menggunakan pemain pendukung

9. Macam Lomba

Kategori Unjuk Gelar atau Display

Taman Kanak-kanak (TK)

  1. Klasemen Utama   :    unit drum band dengan jumlah pemain tidak dibatasi, waktu penampilan 8-12 menit.
  2. Klasemen Lanjutan : unit drum band dengan jumlah pemain tidak dibatasi dan   dengan pemain pendukung 40% dibulatkan keatas, waktu penampilan 6-10 menit.
  3. Klasemen Pemula  : unit drum band dengan jumlah pemain inti maksimal 34 orang , dengan pemain pendukung maksimal 40%, waktu penampilan 5-10 menit.
  4. Yang berhak mendapatkan juara umum hanya ada pada klasemen utama

Sekolah Dasar (SD)

  1. Klasemen A :  unit drum band dengan komposisi pemain menggunakan brass dengan waktu penampilan 10-12 menit.
  2. Klasemen B :  unit drum band dengan komposisi pemain tidak menggunakan  brass ( pianika) dengan waktu penampilan 10-12 menit.

Sekolah Menengah Pertama (SMP)

  1. Klasemen A :  unit drum band dengan komposisi pemain menggunakan brass dengan waktu penampilan 10-12 menit.
  2. Klasemen B :  unit drum band dengan komposisi pemain tidak menggunakan  brass ( pianika ) dengan waktu penampilan 10-12 menit.

Sekolah Menengah Atas (SMA)

  1. unit drum band dengan komposisi pemain menggunakan brass dengan waktu penampilan 10-12 menit.

 

Lomba perorangan

  1. TK

–                      Lomba paramananda/i

Penilaian paramananda/i dilakukan pada saat penampilan unit drum band. Paramananda/I yang dinilai hanya 1 pemain

 

  1. SD/SMP/SMA

–          Lomba Field Commender

Penilaian field commender dilakukan pada saat penampilan unit drum band yang dinilai hanya 1 per unit

–          Lomba paramananda/i

Penilaian paramananda/i dilakukan pada saat penampilan unit drum band yang dinilai hanya 1 per unit

 

10. Official

  1. Official dibatasi 10 orang official & 15 orang helper, semua tercantum dalam daftar nama official yang diserahkan kepada panitia *(kecuali helper).
  2. Seluruh official wajib mengenakan tanda pengenal official di lokasi arena lomba selama unitnya tampil dan hanya berlaku untuk memasuki arena lomba *(kecuali helper).
  3. Tanda pengenal official TIDAK BERLAKU sebagai tanda masuk helper & penonton.

11. Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan panitia, serta membayar biaya pendaftaran dengan rincian sebagai berikut:

Kategori Display

  1. TK       : Rp. 350.000,-
  2. SD       : Rp. 400.000,-
  3. SMP    : Rp. 450.000,-
  4. SMA   : Rp. 500.000,-

 

  1. Waktu pendaftaran

Tanggal           : s/d 29 Mei 2011

Jam                  : 10.00 s.d. 17.00 WIB

Tempat                        : Sekretariat HB Cup 2011

Alamat            : NAGANLORD Studio, Jl. Nagan Lor No.4 Yogyakarta.

CP                   : Bambang 085266465000

Shindu 081804444422

Hidayat 081804298204

  1. Biaya pendaftaran meliputi lomba unjuk gelar, lomba perorangan dan lomba           kostum.
  2. Waktu pendaftaran akan ditutup secara otomatis pada saat Technical Meeting. Batas waktu pengembalian formulir pendaftaran pada waktu Technical Meeting.

(Apabila belum mengembalikan formulir pendaftaran pada batas waktu yang telah ditentukan, maka panitia menganggap unit tersebut telah mengundurkan diri )

 

12. Technical Meeting

Technical Meeting Pertama

Hari                             : Minggu, 29 Mei 2011  Waktu : Jam 13.00-selesai

Tempat & Pukul          : NAGANLORD Studio, Jl. Nagan Lor No.4 Yogyakarta

Acara   :     Penjelasan Materi HB Cup 2011, Pemilihan Dewan  Hakim, Pembahasan Teknis Lomba, Temu Juri, Pelunasan Administrasi dan Pengambilan nomor undian.

 

13. Uji Coba Lapangan

Hari           : 24 – 25 Juni 2011

Pukul         : 08.00 s/d selesai

Tempat      : Gelanggang Olah Raga Amongrogo

Ketentuan : Unit Drum Band yang melakukan uji coba lapangan (GR) akan   dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000,-/ 30 menit.

 

14.  Tata Tertib Penampilan

Mata Lomba Konser & Lomba Unjuk Gelar

  1. Seluruh peserta wajib hadir dan sudah menyelesaikan syarat administrasi serta daftar ulang 1 (satu) jam sebelum penampilan. Daftar ulang meliputi : menyelesaikan administrasi, cek daftar pemain dan official,cek urutan lagu.
  2. Masing-masing unit drum band harus sudah siap secara lengkap di tempat yang ditentukan 30 menit sebelum penampilan dan siap di rollcall dalam posisi MI (march-in)15 menit sebelum penampilan.
  3. Unit drum band yang hadir terlambat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada panitia akan tampil pada urutan terakhir tiap klasemen
  4. Helper/crew hanya diperbolehkan membantu memasukkan dan mengeluarkan instrumen/properties dan berada pada tempat yang telah ditentukan panitia selama band melakukan penampilan, serta memakai identitas band masing-masing
  5. Masing-masing unit drum band diperbolehkan menggunakan aksesoris penampilan (backdrop, karpet dll). Apabila terjadi insiden didalam lapangan display pada saat penampilan berlangsung, maka penanganan pertolongan pertama oleh panitia.
  6. March in & march out band memasuki arena setelah dipersilahkan petugas dan keluar arena melalui pintu yang sudah ditentukan. Selama band mempersiapkan diri, mc akan membacakan data-data band yang bersangkutan sesuai dengan apa yang tertulis dalam form pendaftaran. Waktu untuk march in  menit dan march out 3 menit
  7. Performance
    Prosedur penampilan diawali dengan mc menanyakan kesiapan dewan juri, kemudian kesiapan band dengan bertanya kepada paramananda/i “sudah siapkah band anda????”. Paramananda/i atau gita pati menjawab dengan menyiapkan pasukan dilanjutkan dengan penghormatan awal setelah itu band memulai penampilan. penampilan dilakukan dengan menghadap ke tribun utama dan berakhir pada saat paramanada/i atau gita pati melakukan penghormatan akhir
  8. Penilaian dilakukan dengan sistem tapak lomba pada arena indoor ukuran 20 x 38 meter.
  9. Penghitungan waktu dimulai sejak alat musik pertama dibunyikan dan berakhir pada saat paramananda/i atau gita pati melakukan penghormatan akhir. Apabila tidak ada penghormatan akhi;r maka penghitungan waktu akan terus berlanjut sampai dengan pemain terakhir keluar dari arena
  10. Seluruh peserta HB CUP Junior Drum Band Championship 2011 tidak diperkenankan memakai peralatan elektronik dalam bentuk apapun kecuali Vibraphone

 

15. Penghargaan

  1. Kategori unjuk Gelar
    1. Setiap band peserta memperoleh suvenir, piagam dan hasil penilaian mata penilaian unsur utama
    2. Juara Umum TK klasemen Utama dan SD/SMP/SMA
    3. Juara I, II, III General Effect
    4. Juara I, II, III Musical Effect
    5. Juara I, II, III Visual Effect
    6. Juara I, II, III, IV, V, VI…. Total Nilai
    7. Juara I, II, III Color Guard
    8. Juara Field Commander I,II,III
    9. Juara paramananda/i I,II,III
    10. Kategori lomba Kostum :
      1. Kostum terbaik Field commander
      2. Kostum terbaik paramananda/i
      3. Kostum terbaik pemain
      4. Penghargaan Favorite team (diambil dari jumlah tiket yang terjual)

 

16. Diskualifikasi

  1. Band peserta belum mengembalikan / menyelesaikan syarat-syarat pendaftaran dan administrasi
  2. Menggunakan anggota yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain dan atau menggunakan alumni sebagai pemain
  3. Band yang pemainnya bermain lebih dari 1 (satu) unit
  4. Band peserta memakai peralatan elektronik.

 

17. PENALTY

Divisi SD/SMP/SMA

Unsur yang dipenalty :

–                   Paramananda/i atau field Commander tidak hormat awal : 5

–                   Paramananda/i atau field Commander tidak hormat akhir : 5

–                   Pelanggaran waktu penampilan : 1/10 detik

–                   Pemain pendukung lebih dari 40% : 10/pemain

–                   Pemain keluar dari tapak lomba : 5/pemain

–                   Pemain keluar dari tapak lomba tidak kembali lagi : 10/pemain

–                   Jumlah official dan helper yang mengiringi unit drum band di tapak lomba             lebih dari jumlah yang ditentukan : 5/orang

–                   Pemain alat statis yang melebihi batas yang ditentukan : 10/pemain

–                   Pemain inti melebihi batas yang ditentukan : 10/pemain

 

18. PENENTUAN JUARA

  1. Juara umum ditentukan dari perolehan total nilai unsur utama terbanyak
  2. Juara favorit ditentukan dari jumlah tiket masuk yang diterima panitia

 

19. DEWAN JURI

Setiap mata penilaian akan dinilai oleh 2 juri. Selain berupa angka, setiap juri akan memberikan komentar yang bersifat membangun dan mendukung upaya teknis band yang bersangkutan. Dewan juri terdiri dari tokoh, pengamat dan praktisi drum band/ marching band dari berbagai kalangan yang menguasai bidangnya masing-masing dan tidak terkait dengan kepelatihan sekolah manapun yang mengikuti kompetisi ini. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

20. PENGADUAN PROTES

Pengaduan protes diterima oleh panitia paling lambat 6 jam setelah pengumuman hasil lomba dengan biaya ganti rugi sebesar 1 juta rupiah.

 

21. DEWAN HAKIM

Dewan Hakim merupakan perwakilan dari juri, panitia dan peserta yang ditunjuk berdasarkan kesepakatan seluruh peserta pada saat pertemuan teknik  (TM ). Hasil penilaian lomba secara keseluruhan akan diumumkan setelah diperiksa dan disahkan oleh Dewan Hakim yang terdiri dari minimal 3 orang meliputi unsur juri, panitia dan peserta. Keputusan Dewan Hakim bersifat mutlak.

 

Yogyakarta, 1 Maret 2011

Mengetahui,

 

Bambang Srimulyono

Ketua HB Cup 2011

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=5594

Posted by on May 26 2011. Filed under Dalam Negeri, Events, HBCUP, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH