|

Ulasan dan Prediksi Divisi Umum GPMB 2010

12 peserta divisi umum sudah siap bertarung dalam GPMB 2010. Absennya juara GPMB 2009 MB Bhina Caraka dan juara GPMB 2008 MB Bontang PKT tidak mengurangi daya saing ketat peserta divisi umum. BC dan PKT  tertarik  berlaga di negeri tetangga daripada mempertahankan pialanya di tanah air. Banyaknya peserta GPMB yang ikut kejuaraan marching band di Malaysia patut menjadi sorotan bagaimana masa depan kualitas kejuaraan sebesar GPMB.

Dari 12 peserta divisi umum GPMB 2010 ada sekitar 6 band yang mempunyai kesempatan untuk menjadi juara 1, sisanya memperbaiki peringkat dari pencapaian tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana prediksi band-band tersebut, mari simak ulasan dari redaksi.

Marching band Gita Surosowan Banten
– Ranking Nasional Peringkat 34
Marching band ini belum lama terbentuk, dan mulai masuk ke ranah kompetisi nasional sejak tahun 2007,2008,2009 dalam kurun waktu 3 tahun terlihat grafik peringkat yang naik, dan pencapaian terakhir pada GPMB 2009 adalah peringkat 3 dengan permainan musik dan display yang banyak membuat penonton berdecak kagum dengan paket repertoir Zorronya. GPMB 2010 mereka membawakan ‘Indonesia’s Rising Stars” berisi lagu-lagu Pop Rock karya musisi lokal. Band ini sangat kreatif pada GPMB 2009, dan pasti banyak penonton ingin menyaksikan bagaimana paket mereka pada GPMB 2010 dikemas. Kalau GPMB 2009 mereka baru bisa peringkat 3 maka GPMB 2010 mungkin pelatihnya sudah menargetkan juara 1. Saya yakin band ini sudah ngebet juara 1, persiapan mereka sudah matang jauh-jauh hari dengan dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, pelatihnya juga tidak main-main semuanya berpengalaman. Kalau kita lihat kembali urutan peringkat final GPMB 2009 dan diambil band yang ikut GPMB 2010 maka saingan terkuat band ini datang dari Gita Teladan Corps dan MB Madah Bahana UI. Yang pasti Gita Surosowan sudah masuk band favorit juara dan sudah bisa menunjukkan jati dirinya sebagai band berkelas dan punya kemampuan membuat lapangan display Gelora Bung Karno menjadi tontonan menarik. Bisa juara tidak ya ?
Prediksi : Lolos ke babak final, peringkat 1,2,3

Marching band Semen Padang
– Ranking Nasional Peringkat 3
Band ini rutin ikut GPMB sejak tahun 2000, dan absen tahun 2003-2004 dan terakhir tahun 2009 karena bencana alam. Selama 10 tahun peringkat mereka selalu ada di top big four. 2 tahun terakhir pada GPMB 2007, 2008 band ini meraih peringkat 2. Ada rasa kangen ingin melihat band ini bermain kembali, dan tahun ini mereka kembali ke GPMB dengan semangat baru untuk naik peringkat. Niat band ini pasti sama dengan Gita Surosowan pingin juara 1, karena absen GPMB 2009 maka tidak terlalu diketahui bagaimana kekuatan band ini sekarang. Kenangan permainan mereka dengan paket Pandeka Minang pada GPMB 2008 masih teringat dan sangat berkelas dalam semua section alat musik. Potensi besar anak-anak Padang ini pasti ada, ditambah polesan pelatih dari Jakarta tentu membuat warna baru dalam permainan dan paket penampilan mereka. Kita tunggu kemampuan band ini bersaing dengan Gita Surosowan, Madah Bahana, Gita Teladan Corps.
Prediksi : Lolos ke babak final, peringkat 1,2,3

Gita Teladan Corps Jakarta
– Ranking Nasional Peringkat 10
Sejak tahun 2002 sampai 2007 band ini selalu berada pada papan tengah babak final GPMB, hal ini berubah pada GPMB 2009 dengan peringkat 5, ada kualitas bermain musik yang tinggi ditunjukkan pada GPMB 2009. Banyak kalangan marching band yang menonton band ini pada GPMB 2009 berharap band ini terus konsisten menunjukkan skill bermain musik marching yang berbeda dari band-band lain. Jumlah pemain boleh sedikit tapi musiknya OKE banget. Semoga band ini juga bisa menampilkan paket yang berkelas lagi pada GPMB 2010. Band ini bisa menjadi kandidat juara jika bisa menambal kekurangan pada materi-materi pagelaran yang mungkin sebagian juri menyukai sebuah paket marching band dengan banyak assessoris.
Prediksi : Lolos ke babak final, peringkat 2,3,4

MB  Madah Bahana Universitas Indonesia
– Ranking Nasional Peringkat 1
Madah Bahana UI merupakan band papan atas di tanah air, konsisten ikut GPMB sejak tahun 2000, dan hanya 2 kali juara 1 pada tahun 2002 dan 2005, setelah itu prestasinya mulai menurun sampai tahun 2009 peringkat ke 6, band ini sangat kreatif dan berani merubah ciri khasnya untuk bisa menampilkan paket marching band yang berbeda-beda.Tema mereka pada GPMB 2010 adalah Siluet ‘56 yang akan ditampilkan dengan tampilan harmonisasi antara musik, gerak tari, dan display yang dinamis dan menawarkan permainan efek warna juga teknik yang pas dalam suasana perang di Indonesia pada tahun 50-an. Ini pasti menarik untuk di tonton. Semoga konsepnya tidak sama dengan paket MB Semen Gresik pada GPMB 2009 yang sepertinya terlihat mirip.
Prediksi : Lolos ke babak final, peringkat 1,2,3

MB Universitas Gajah Mada Yogyakarta
– Ranking Nasional Peringkat 9
Marching band ini absen pada GPMB 2009, tahun 2004 dan 2005 UGM sempat masuk dalam 3 besar, kemudian turun dan bangkit kembali pada GPMB 2008 meraih peringkat 5. Tipikal band universitas terbatas dana dan SDM membuat perkembangan marching band di Jogajakarta biasa-biasa saja. Usaha pengurus untuk bisa berangkat ke Jakarta ikut GPMB harus dihargai , kerja keras pengurus dan pemain berangkat dengan biaya tidak sedikit dan pengorbanan lainnnya, tentu harus dilihat Panitia GPMB dengan menghadirkan kejuaraan yang berkelas khususnya mendatangkan juri yang berpengalaman. Peserta juga senang jika melihat semua jurinya berkompeten di bidang masing-masing.
Prediksi : Lolos ke babak final, peringkat 2,3,4

Garuda Indonesia Flight DC Jakarta
– Ranking Nasional Peringkat 4
Horee…Garuda FDC ikut GPMB, begitulah fans setia band ini mendengar band ini ikut GPMB 2010. Lama absen sebagai full tim dan terakhir pada GPMB 2007 berada pada peringkat 8 dan prestasinya juga meredup. Pengalaman juara di GPMB sudah band ini raih pada GPMB 2003. Semoga tahun ini band ini bangkit dan memberikan tontonan yang sangat menarik tentunya.
Prediksi : Lolos ke babak final, peringkat 3,4,5

Sadaluhung Padjdjaran De Corps Sumedang
– Ranking Nasional Peringkat 5
GPMB 2010 merupakan yang kedua kali bagi SPdC berlaga di divisi umum. Sebelumnya SPdC bermain bagus di divisi sekolah, pada GPMB 2003 menempati peringkat 2, GPMB 2006,2007 peringkat 3 . Kerasnya saingan di divisi umum pada GPMB 2009 membuat band ini terlempar ke peringkat 12. GPMB 2010 harus diperbaiki, jangan mau kalah sama band universitas lain seperti UI dan UGM, apalagi sama band anak SMA. Semoga band ini bisa bangkit dan mempelajari kekurangan pada GPMB 2009.
Prediksi : peringkat 6,7,8

MB Sebelas Maret Surakarta
– Ranking Nasional Peringkat 57
GPMB 2010 menjadi come back kedua selama kurun waktu 10 tahun MB Sebelas Maret di event level nasional. GPMB 2008 mereka meraih peringkat 7. Keseriusan band ini ikut GPMB 2010 terlihat dalam release tema lagu-lagu pilihan dari Queen yang ditampilkan dengan perpaduan brass section, percussion section, dan color guard yang apik. Perpaduan alat tiup yang harmonis dan enerjik, pukulan perkusi yang menghentak. Ritmis dan melodis akan membawa memori kita kepada masa kejayaan Queen. Koreografi dari penari dan color guard yang memanjakan mata dengan gerakan gemulai dan dinamis, dengan nuansa dan visualisasi tentang Queen, serta sentuhan-sentuhan hati dan cinta didalamnya. Kita berharap atmosfer Queen dapat cocok dengan musik marching band dan dapat meraih poiunt yang maksimal dari dewan juri.
Prediksi : peringkat 7,8,9

MB Waditra Ganesha Bandung
– Ranking Nasional Peringkat 50
MBWG ITB merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa di ITB yang bergerak di bidang marching band. MBWG berdiri sejak 1971, Sebagai marching band mahasiswa, MBWG ITB memiliki semangat, kreatifitas, dan karakter yang unik. Kami selalu memberikan yang terbaik dalam setiap penampilan yang kami berikan. Motto band ini adalah”organize discipline, to play music, to play jokes” Band ini masih mencari jati diri di GPMB, pada GPMB 2007 pringkat 10, GPMB 2008 peringkat 13. Masih belum bisa berbicara banyak dan menunjukkan band universitas berprestasi. Kita tunggu bagaimana perbaikan dan persiapan mereka yang akan ditunjukkan dalam penampilan mereka di GPMB 2010 nanti.
Prediksi : peringkat 9.10

The Crescendo Corps Jakarta
– Ranking Nasional Peringkat 24
6 tahun dibutuhkan band asal Jakarta ini untuk come back ke GPMB. Di era 90an The Crescendo Corps merupakan band Fenomal, penuh pemain bertalenta, penggebrak style baru bermain marching band. Tak boleh dilupakan nama besar keluarga Maskir ada dibelakang band ini. Pemainnya di era 90an sudah banyak bertebaran menjadi pelatih dan sukses. Grafik prestasi band ini cenderung menurun sampai tahun 2003 dan hilang tiada terdengar kabarnya kembali sampai ikut GPMB 2009 dan tidak masuk babak final. GPMB 2010 band ini masih harus bisa bersaing untuk masuk babak final.
Prediksi : peringkat 9,10,11

MB Istiqlal Jakarta
– Ranking Nasional Peringkat 49
Band pendatang baru asal Jakarta ini memulai debutnya di GPMB 2008, langsung berada di peringkat 15. Dengan persiapan setahun ini band ini harus bisa membaca kekurangan pada GPMB 2008, apa yang harus ditambah baik skill dan sebagainya. Pada GPMB 2009 band ini berada pada peringkat 20, menambah jam trbang ikut event dilakukan dengan mengikuti kejuaraan DMC 2010 dan hasil meraih peringkat 4. Modal prestasi pada DMC 2010 tentu sudah bisa menambah semangat pemainnya untuk bisa lolos babak final GPMB 2010.
Prediksi : peringkat 9,10,11

MB Swara Caruban Nagari Cirebon
– Ranking Nasional Peringkat n/a
Band pendatang baru ini didukung oleh DPRD kota Cirebon, belum ada informasi mendalam mengenai band ini. Selamat datang bagi band ini pada level kejuaraan GPMB, semoga bisa menghibur penonton dan memperkenalkan SCN ke komunitas marching band.
Prediksi : peringkat 12

Yang menarik disimak besok pada GPMB 2010 adalah persaingan ketat Marching band Gita Surosowan Banten, Marching band Semen Padang, Gita Teladan Corps Jakarta, MB. Madah Bahana Universitas Indonesia , MB Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan Garuda Indonesia Flight DC Jakarta dalam memperebutkan 3 besar.

Kita mendoakan bersama-sama agar semua band dapat bermain dengan semaksimal mungkin menunjukkan permainan yang terbaik, dan dewan juri diberi kejujuran dalam menilai.

Redaksi mengucapkan Selamat bertanding !

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=5082

Posted by on Dec 23 2010. Filed under Dalam Negeri, Events, GPMB GPJB, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

16 Comments for “Ulasan dan Prediksi Divisi Umum GPMB 2010”

  1. Sedikit kecewa liat GR jagoanku yg dr sumatra,,,menurun bgt dt thun 2008

  2. wow Gita Teladan masuk final hip hip huray…

  3. penurunan sepertinya dari tahun lalu.

    .

  4. Gilaaaaaaa MBUI peringkat pertama di penyisihan,… harus makin gokil

  5. yang lima besar siap ya?

  6. MBUI Bangggkiiitttt………kembali menjadi yg terbaik…..

  7. MBUI semangaaaat…semoga di Final tetap menjadu peringkat pertama…

  8. ayo GSB semangat..kalian pasti bisa..tunjukin rising stars kalian..

  9. Selamat buat MBUI.. 🙂 bangga banget bisa jadi salah satu bagian dari kalian.. 🙂

  10. alhmdulillah akhr’y jagoan qu mnjdi pemenang’y…
    cayyyooo MB UI..
    i luv u pull

  11. Pheye The Rifle Player

    Beda, kan. Beda 180 derajat, kan. Paket yg dibawain MBUI berbeda jauuuuuhhhhhh dng paket MBSG di th 2009. MBUI tetap membawakan ciri khasnya, yaitu Theatrical dan perpaduan Basic Marching Band. Hehe…

    VIVA MARCHING BAND UNIVERSITY. MBUI, BANGKIIITTTTT…!!!

  12. hm,, sepertinya saya kecewa dengan ulasan yg ad.. sepertinya ad yh kurang enak di dengar di salah satu ulasan yg ad

  13. ulasan buat MBUGM jangan gitu lah
    tapi untungnya mereka dapat membuktikan bahwa uang bukan segalanya
    hanya doa dan kreatifitas sajalah yang menentukan siapa the real champion
    meskipun band ini dilanda musibah merapi

  14. Congrats buat mbui..
    gpmb 2010 kurang seru coz para jawara” nya banyak yang ga ikut jd terkesan biasa” saja..
    Nothing special..

  15. baru baca ini,kayanya meng-under estimate-kan UGM bner nih…bisa donk minta maaf kepada pihak yang bersangkutan.gimana redaksi?

  16. “………..Usaha pengurus untuk bisa berangkat ke Jakarta ikut GPMB harus dihargai, kerja keras pengurus dan pemain berangkat dengan biaya tidak sedikit dan pengorbanan lainnnya………..”
    bacanya jangan sepotong2….ada titik komanya…biar tidak salah tangkep..dan bisa dimengerti…hehe

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH