|

Kaleidoskop Marching Band Indonesia 2010

Dear All,
Members, Komunitas Drum Band, Marching Band, se Indonesia

Beberapa saat lagi kita akan meninggalkan tahun 2010. Kita akan membuka sebuah lembaran baru, tanpa melupakan perjalanan yang telah kita lalui sepanjang tahun 2010 ini. Saya mengajak seluruh komunitas marching band Indonesia untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkah dan karunia-Nya, semoga kita semua dapat menyaksikan terbitnya matahari yang mengantarkan datangnya tahun 2011 pada esok hari.

TRENDMARCHING sebagai media online terdepan yang memberikan akses informasi terbesar ke informasi marching band juga melihat tahun 2010 sebagai tahun yang penuh dengan perubahan dan peningkatan. Tahun kebangkitan marching band kita, dimana pencapaian kualitas dan kuantitas sebuah unit marching band mulai merata hampir di event-event yang digelar dalam satu tahun ini. Sudah 10 tahun TRENDMARCHING sebagai payung informasi memberikan banyak muatan informasi kepada khalayak masyarakat kita. Baik di kota besar sampai kota kecil yang memiliki akses internet telah merasakan kekuatan media TRENDMARCHING sebagai tempat yang memuat berbagai berita, ilmu yang applicable dan trend dalam marching band. TRENDMARCHING menjadi BANK DATA marching band Indonesia dengan arsip berita dan foto, database bands, info event, library, dsb selalu terupdate setiap hari. Penambahan feature baru terus diciptakan, diantaranya Library, Radio Online, Ranking Nasional, Review Alat.

Beberapa catatan penting marching band selama tahun 2010 adalah :

– UNIT-BANDS
Banyaknya kejuaraan yang bermunculan membuat grup drum band dan marching band kembali menggeliat dengan mempersiapkan unitnya masing-masing, harga alat-alat marching yang mulai terjangkau memudahkan mereka membeli dan menggunakan untuk latihan dan ikut kejuaraan. Positifnya atmosfir marching band Indonesia membuat band-band yang sudah lama tidak aktif kembali aktif dan mengumpulkan kekuatan pelan-pelan. Trendmarching mendukung unit-unit yang ingin berkembang dan jangan sungkan-sungkan meminta ke redaksi untuk membantu mempromosikan band Anda.

Trend ikut kejuaraan di Luar Negeri menjadi ramai di bicarakan dikarena band-band yang berangkat ke Malaysia sebagian sudah menjadi juara di event kejuaraan dalam negeri jadi mereka ingin mengukur kembali kemampuan mereka di luar negeri, semoga sukses.

– EVENTS
Kejuaraan marching band baik berskala daerah dan nasional tetap eksis meramaikan perkembangan marching band kita, tercatat beberapa kejuaraan seperti :

DMC, DMOF, FOMB, GMMC, BMBC, Drumband Cilik Indonesia, Langgam Indonesia, Jateng Drum Kids Competition, Marching CAT, Ciamis Drumband Festival, dan GPMB. Kejuaraan yang baru adalah Bandung Marching Band Competition BMBC yang berlangsung sukses dan bisa menjadi salah satu kejuaraan yang bermutu suatu saat ini, dan bisa menggantikan legenda BOMB yang dulu sangat diminati banyak band diluar Bandung. Semoga BMBC terus berkelanjutan. Redaksi sangat berharap agar event kejuaraan diatas teruslah aktif menyelenggarakan kejuaraan dan jangan pernah absen, karena manfaat setiap kejuaraan yang Anda buat sangat berguna bagi kelangsungan grup marching band yang diluar Jakarta.

GPMB sebagai salah satu kejuaraan tertua di tanah air sudah berbenah dari sisi penjurian, pra penyelenggaraan ke 25 kejuaraan ini berani merombak sistem penjurian dan penilaian lama yang selama ini selalu menjadi polemik tiada henti. Walau sempat terjaid friksi kecil pada penerapan sistem ini pasca GPMB 25, tapi hal itu tidak menghambat Bagian Penjurian GPMB untuk memakai konsep penilaian baru tersebut di tahun ini. Syukur Panitia GPMB mau mendengar Kolom Komentar GPMB yang sejak tahun 2002 di release Trendmarching. Yang pasti Kolom Komentar sudah membantu memperbaiki GPMB. Dan tentunya dukungan besar insan marching band yang mau memberikan sumbangsih ide pemikiran kritik terhadapat kejuaraan GPMB.

ORIGINAL MARCHING vs MARCHING SHOW
Artikel yang redaksi release ini merupakan bagian dari liputan GPMB 2010 sebagai gambaran nyata akan penampilan unit-unit marching band di GPMB 2010. Kedua konsep ini masih dipakai pada GPMB 2010 dan diterjemhakan masing-masing oleh pelatih dalam bentuk paket penampilan mereka. Banyak perbedaan yang muncul mengenai kedua konsep ini. Dampak non teknis dan teknis pasti ada dan merembet ke panitia penyelenggara, peserta, juri, penonton. Semoga gambaran yang redaksi uraikan dalam artikel ini dapat membuka mata insan marching band semua, bahwa seperti itulah kondisinya sudah terbentuk unit dengan konsep original marching dan unit dengan marching show band selalu menghiasi GPMB, dan untuk penjurian GPMB sudah menyiapkan sistem penilaian yang saat ini bisa diukur baik untuk menilai unit yang membawa original marching dan unit yang membawa marching show band.  Semoga semua pihak mau membuka diri dan saling mendengar dan memahami peraturan yang ada dan menjaga persatuan marching band Indonesia.

Saya mengajak seluruh rekan-rekan marching band untuk memulai tahun 2011 dengan semangat kebersamaan yang lebih kokoh, membangun rasa saling percaya, dengan hati yang lebih tegar, dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan dengan optimisme yang semakin kuat. Kita berharap dan tentunya berupaya dengan sungguh-sungguh, agar tahun 2011 lebih baik dari tahun 2010. Kita berupaya, tahun 2011 ini kita dapat mencapai keberhasilan yang lebih banyak dalam upaya memperbaiki kondisi marching band kita.

Semua efforts yang dilakukan sepanjang tahun 2010 bertujuan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi para pembaca/member untuk perkembangan berita marching band di Indonesia. Di tahun 2011 nanti, TRENDMARCHING berharap dapat memberikan kontribusi lebih besar dan lebih baik bagi para komunitas marching band se tanah air.

Terima kasih, Success for you !
Founder Trendmarching

redaksi@trendmarching.or.id

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=5243

Posted by on Dec 31 2010. Filed under Kaleidoskop, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

1 Comment for “Kaleidoskop Marching Band Indonesia 2010”

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH