|

Open Tournament 2009 “Sound and Soul”


Anjuran
Sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta, dianjurkan kepada calon peserta untuk membaca, mempelajari, dan memahami ketentuan dan aturan lomba yang tertulis dalam buku panduan ini, agar tidak timbul kekecewaan maupun salah paham.

Jadwal Kegiatan Open Tournament 2009 “Sound and Soul”

a) Technical Meeting 1
Hari/Tanggal : 15 Maret 2009
Pukul : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Ruang Seminar Aboesono Hardjanto, SH Fakultas Ekonomi
UPN “Veteran” Jawa Timur
Perihal : Penjelasan Juklak dan pendaftaran peserta

b) Technical Meeting 2
Hari/Tanggal : 07 Juni 2009
Pukul : 09.00 s/d 13.00 WIB
Tempat : Ruang Seminar Aboesono Hardjanto, SH Fakultas Ekonomi
UPN “Veteran” Jawa Timur
Perihal : Undian jadwal penampilan dan penyelesaian persyaratan

Peserta Open Tournament 2009

a. Peserta Open Tournament Kids (Divisi TK dan Divisi SD) dan Open Tournament Advance (Divisi Lanjutan) adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Crops atau bukan utusan (umum) yang berdomisili di Pulau Jawa dan telah mendaftarkan diri serta bersedia mentaati Ketentuan dan Peraturan Open Tournament “Sound and Soul” 2009.

b. Untuk Divisi Lanjutan pesertanya dapat berasal dari Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Umum, Perguruan Tinggi dan Umum dengan terbagi 2 klasemen yaitu : Drum Band dan Marching Band / Drum Corps.

Persyaratan Peserta

1) Mengisi dan menyerahkan formulir dan biaya pendaftaran terakhir sampai pada TM 2
2) Biaya pendaftaran Divisi TK sebesar Rp. 325.000,-
3) Biaya Pendaftaran Divisi SD sebesar Rp. 375.000,-
4) Biaya Pendaftaran OT Advance sebesar Rp. 475.000,-
5) Biaya Uji coba arena sebesar Rp. 400.000 per jam.
6) Mengisi data satuan dan susunan pemain dilengkapi 2 lembar foto 2×3, diserahkan terakhir pada TM2
7) Menyerahkan kaset kosong, untuk Divisi TK = 3 buah. Untuk Divisi SD dan OT Advanve = 5 buah. Selambat-lambatnya diserahkan terakhir pada TM2.
8) Mematuhi ketentuan yang diberlakukan, dan apabila ada peserta yang mengundurkan diri, wajib membuat keterangan tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

Persyaratan Pemain

1. OT Kids Divisi TK :
– Peserta Divisi TK Open Tournament 2009 “Sound and Soul” terdiri dari siswa/I yang terdaftar di suatu TK yang dikenal/ terdaftar.
– Menyerahkan fotokopi rapot dan masih berusia 4-5 tahun.
– Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
– Bagi peserta yang sudah alumni (terhitung maksimal 1 tahun setelah kelulusan) dapat mengikuti Open Tournament 2009 ”Sound and Soul”

2. OT Kids Divisi SD :
– Peserta Divisi SD Open Tournament 2009 “Sound and Soul” terdiri dari siswa/i yang terdaftar di suatu SD yang dikenal/ terdaftar.
– Menyerahkan fotokopi rapot dan masih berusia 6-13 tahun.
– Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
– Bagi peserta yang sudah alumni (terhitung maksimal 1 tahun setelah kelulusan) dapat mengikuti Open Tournament 2009 ”Sound and Soul”

3. OT Advance (Divisi lanjutan) :
– Peserta Divisi Lanjutan Open Tournament 2009 “Sound and Soul” terdiri dari siswa/iI atau mahasiswa/i yang masih aktif belajar di suatu sekolah atau Akademi/Universitas.
– Peserta Divisi Lanjutan Open Tournament 2009 “Sound and Soul” juga dapat dari alumni suatu sekolah dan perguruan tinggi atau karyawan suatu perusahaan swasta maupun BUMN dapat menjadi anggota dari unit Divisi Lanjutan sebagai pemain yang mengikutii kompetisi Open Tournament 2009 “Sound and Soul”, sepanjang yang bersangkutan tidak termasuk daftar pemain dari salah satu peserta divisi lainnya yang mengikutii Open Tournament 2009 “Sound and Soul”.

– Untuk anggota/pemain dari Divisi Lanjutan tidak dikenakan batasan usia maksimum.
– Daftar anggota/pemain yang dikirim ke panitia harus disahkan oleh pimpinan instansi/perusahaan, organisasi atau perkumpulan yang bersangkutan.

DAFTAR NAMA dan TANDA PENGENAL

a. Pada waktunya, seluruh peserta akan menerima blanko daftar pemain yang wajib diisi oleh peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data seluruh pemain dan official. Setelah blanko daftar nama pemain tersebut diisi dan ditempelkan foto berukuran 2×3, harus disyahkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan/pimpinan, Instansi/Perusahaan, Organisasi dan atau Perkumpulan yang bersangkutan. Kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke sekretariat panitia Open Tournament 2009 “Sound and Soul” selambat–lambatnya pada saat TM II.
b. Official Unit harus memakai kartu tanda pengenal (ID Card) yang diberikan panitia pada saat kejuaraan berlangsung sebagai identitas unit.
c. Kartu Tanda pengenal tidak berlaku sebagai tanda masuk. Bila ingin menonton pertandingan setiap pemain, Official dan Supporter harus membeli tiket masuk.
d. “Rodleis” atau ”helpers” dari Band peserta wajib memakai seragam.

Urutan Penampilan

– Ditentukan melalui undian yang dilaksanakan pada salah satu acara dalam TM 2
– Bagi Unit yang telah mengikuti Open Tournament 2006, disesuaikan dengan peringkat yang telah diperoleh.

Peralatan dan Perlengkapan
a. Semua peralatan perkusi/selaput membrane (drum) dan alat tabuh hanya seperti keyboard yang tidak menggunakan listrik untuk menghasilakan suaranya diperkenankan untuk dipergunakan.
b. Instrumen perkusi, keyboard diperbolehkan menggunakan tabung resonator. Suatu jenis motor DC ynag menggunakan baterai yang dipakai untuk Vibraphone. Motor tersebut bahan dipakai untuk memperbesar suara namun semata-mata untuk menghasilkan efek vibrasi dengan memutar sudu-sudu pada tabung resonator. Amplifier listrik atau alat elektronil lainnya sama sekali dilarang dipakai.
c. Peralatan besar dan berat serta sukar untuk dipandang (pit instrumen) dapat ditempatkan terlebih dahulu di arena lomba dengan catatan bahwa hal ini boleh dilaksanakan apabila giliran penampilannya telah tiba dan sama sekali tidak boleh mengganggu peserta terlebih dahulu tampil (harus menunggu selesainya march out peserta sebelumnya)
d. Alat tiup yang diperkenankan dipakai tidak dikenai pembatasan dalam hal jenis maupun jumlahnya. Penggunaan mutes tidak dilarang.

Repertoire
Setiap peserta diperkenankan untuk membawakan lagu-lagunya tanpa dibatasi jumlahnya, baik itu merupakan lagu-lagu yang terpisah atau berdiri sendiri maupun merupakan suatu rangkaian lagu-lagu yang biasanya disebut medley atau suatu rangkaian lagu-lagu dari suatu musical play.

Permainan Solo (Divisi SD dan lanjutan)
a. Peserta diberi kesempatan untuk menampilkan permainan solo untuk alat tiup dan perkusi yang akan dinilai tersendiri terlepas dari unit secara keseluruhan.
b. Panjang permainan solo tersebut ditentukan paling sedikit harus 1 (satu) kalimat lagu sesuai dengan metrum/sukat lagu tersebut.
c. Tiap peserta hanya diperbolehkan untuk menampilkan seorang soloist untuk permainan solo.

Tata Tertib Perlombaan

a) Peserta wajib hadir di tempat kegiatan, 1 (satu) jam sebelum waktu penampilan gilirannya tiba. Selama menunggu giliran, peserta tidak diperkenankan untuk membunyikan peralatan yang dibawanya disekitar arena perlombaan.
b) Penanggung jawab wajib melapor kepada bagian Roll Call segera setelah unitnya tiba, selanjutnya akan ditunjukkan tempat persiapan sesuai urutan penampilannya.
c) Bila waktunya tiba, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta untuk memasuki arena.
d) Cara memasuki/keluar arena (march in/off) diserahkan kepada peserta dengan alokasii waktu total 3 menit.
e) Keterlibatan official hanya sebatas/sampai formasi awal (penempatan alat tetap dan tambahan prelengkapan) dan akhir (pengambilan alat tetap dan tambahan perlengkapan).
f) Selama peserta mempersiapkan diri, announcer akan mengumumkan data-data dari peserta yang bersangkutan sesuai dengan apa yang ditulis oleh Team Penanggung jawab pada formulir yang diisinya disaat melapor pada seksi Tour Guide.
g) Unit peserta menempatkan diri pada posisi start yang dipilih sendiri dan untuk warming up alokasi waktu 90 (sembilan puluh) detik, mulai dihitung sejak posisi band membelakangi dewan juri sampai posisi band menghadap VIP box.
h) Setelah melihat unit peserta dalam keadaan siap, announcer bertanya kepada Dewan Juri : “Kepada juri yang terhomat, sudah siapkah anda?” semua juri akan mengangkat tangannya sebagai pertanda mereka sudah siap.
i) Selanjutnya announcer akan mengajukan pertanyaan kepada Field Commander sebagai berikut, “Kepada Field Commander, sudah siapkah unit anda?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Drum Major/Majorette dan Field Commander menyiapkan unitnya, kemudian memberi hormat ke arena Tribune Utama (VIP Box) dengan gaya dan caranya sendiri. Khusus untuk Drum Major/Majorette dan Field Commander, setelah announcer mengajukan pertanyaan seperti tersebut diatas, maka segala gerakan dan tindakannya sudah mulaii dinilai. Setelah Drum Major/Majorette dan Field Commander memberi hormat, announcer akan memberi isyarat kepada peserta yang bersangkutan sebagai berikut, “Silahkan anda mulai”.
j) Waktu dihitung mulai gerak/musik pertama dimainkan sampai musik/gerak pemain berhentii total.
k) Waktu penampilan Untuk OT KIDS Divisi SD dan OT Advance dan minimal 10 menit dan maksimal 12 menit. Untuk OT KIDS Divisi TK waktu penampilan minimal 8 menit dan maksimal 10 menit.
l) Pada akhir penampilan Drum Major/Majorette dan Field Commander wajib memberi hormat jepada Tribune Utama (VIP Box). Setelah memberi hormat Drum Major/Majorette dan Field Commander supaya ditempat dahulu, sampai seorang petugas panitia penyelenggara menyerahkan suatu Tanda Bukti Prestasi.
m) Penampilan Solo (tiup/perkusi) dinilai hanya pada orang pertama yang memberi tanda hormat.
n) Peserta, Official maupun supporer tidak diperkenankan untuk memasang sesuatu yang bersifat permanen dan atau berbahaya di dalam arena lomba selama penampilan yang dapat mengganggu peserta lainnya dan merusak lingkungan.

Pinalthy/Diskualifikasi

a. Field Commander dan Drum Major tidak memberi hormat awal maupun akhir = 0,5 poin
b. Untuk OT Kids SD dan OT Advance, waktu penampilan yang kurang dari 10 (sepuluh) menit dan atau yang lebih dari 12 (dua belas) menit dihitung kekurangannya untuk setiap kelipatannya 10 (sepuluh) detik = 0,1 poin
c. Untuk OT Kids TK, waktu penampilan yang kurang dari 8 dan atau lebih dari 10 menit, tiap 15 detik = 0,1 poin
d. Waktu berhenti total dalam waktu seluruh pagelaran/penampilan yang melebihi 1 (satu) menit, dihitung kelebihannya untuk setiap kelipatannya 10 (sepuluh) detik = 0,1 poin
e. Seorang atau lebih pemain keluar dari batas arena lomba selama penampilannya berlangsung, diperhitungkan pemainnya untuk setiap pemain yang melanggar ketentuan ini = 0,1 poin
f. Pemasangan sesuatu yang bersifat permanen diantara waktu berlomba, seperti tanda-tanda bantu khusus maupun hal ini yang dapat merubah keadaan, situasi lapangan yang talah disediakan panitia, yang bersifat mengganggu keberlangsungan penampilan berikutnya = 0,5 poin
g. Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikarenakan pinalthy setelah terdengar panggilan yang kedua (2), jarak antara panggilan pertama dan kedua (2) adalah 90 (sembilan puluh) detik = 0,5 poin
h. Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil diarena lomba dikarenakan pinalthy setelah terdengar panggilan ketiga (3) seperti butir ”g” = 0,5 poin
Namun setelah panggilan ketiga (3), dan ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik peserta yang bersangkutan belum juga tampil di arena lomba, maka peserta tersebut dapat dikenakan hukuman pinalthy.
i. March in dan march out peserta menggunakan alat tiup (bukan perkusi) = 0,3 poin

Pengaduan Protes

Penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali untuk salah penjumlahan angka/nilai yang akan diperbaiki sebagaimana mestinya. Bila peserta merasa dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Panitia Open Tournament 2008 “Sound and Soul” yang ditanda tangani oleh team manager serta membayar biaya protes sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu Rupiah) selambat–lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian yang kemudian akan ditangani oleh Dewan Juri.

Upacara Pembukaan dan Penutupan

a) Upacara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 26 Juni 2009, dimulai pukul 08.00 WIB yang wajib diikuti oleh semua band peserta dengan masing–masing mengirimkan min 7 dan max10 (sepuluh) orang anggota/personilnya.
b) Upacara penutupan akan dilaksanakan pada 28 Juni 2009 yang wajib diikuti oleh para perwakilan dari masing-masing peserta Open Tournament 2009 “Sound and Soul”.
c) Penjelasan lebih lanjut untuk Upacara pembukaan dan upacara penutupan akan diberikan oleh panitia pelaksana sebagai salah satu acara pada saat technical meeting.

Lain – Lain dan Penutup

Hal – hal lain yang belum termaksud dalam peraturan dan ketentuan Open Tournament 2009 “Sound and Soul” ini akan diatur lebih lanjut.

Sekretariat :
Marching band “Gita Widya Agni”
Pintu Timur GSG Giri loka UPN “VETERAN” Jawa Timur
Septri 08563454218, Nurma 08563093139;08385852325, Tigor 03160475070

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=1134

Posted by on Mar 28 2009. Filed under Dalam Negeri, Events, News, O T. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH