|

Liputan : Semarak SOMC di Segiri

GEDUNG Olahraga (GOR) Segiri Samarinda sejak pukul 10.00 Wita kemarin hingga sore hari bergemuruh. Suara yang ditimbulkan dari alat musik mulai dari perkusi, drum, bras, horn ditambah gerak gemulai membuat suasana di dalam gedung semarak.

Suara tepuk tangan dari ribuan penonton terdengar bersahutan, menambah kemeriahan hari pertama pelaksanaan Samarinda Open Drum Band/Marching Band (SOMC) V-2008 yang digagas Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Indonesia (Pengprov PDBI) Kaltim bersama Yayasan Bina Cressendo Kaltim kemarin.

“Ini belum seberapa, karena yang tampil dari unit drum band SD dan SMP. Besok (hari ini) pasti lebih rame, karena yang berlomba dari kategori umum, pesertanya ada yang dari Nunukan,” kata Nurul Hasanah atau yang akrab disapa Yuyun, pengurus PDBI Kaltim yang juga panitia pelaksana kegiatan ini kepada Kaltim Post kemarin.

Drum Band Bahana Sevenna yang merupakan kumpulan murid SD 007 Anggana, Kutai Kartanegara memulai kemeriahan suasana GOR Segiri dengan suara musik yang membahana. Aplaus langsung diberikan penonton. Sebagian dari mereka ada yang mengeluarkan ucapan bernada bangga. “Ternyata di Anggana bisa membina unit drum band yang bagus seperti ini,” sebut Suwandi, salah seorang penonton.

SOMC V-2008 ini memang dijadikan ajang untuk mengembangkan kreativitas antarunit drum band di Kaltim yang selama ini lebih sering latihan untuk kegiatan ekstra kulikuler di sekolah mereka masing-masing sementara kesempatan untuk unjuk kemampuan di event resmi sangat jarang. “PDBI Kaltim terus eksis melakukan pemantauan kepada unit drum band di Kaltim. Diharapkan mereka bisa berprestasi dan tak berhenti melakukan pembinaan karena PDBI Kaltim memberikan kesempatan kepada mereka unjuk kemampuan,” kata Yuyun lagi.
Penampilan unit drum band SD dan SMP dilakukan berselang seling. SMP Patra Dharma 2 Balikpapan yang tampil membawakan instrumen musik D’Massiv berjudul Merindukanmu, Makhluk Tuhan yang Paling Seksi milik Mulan Jameela serta lagu Ari Lasso berjudul Arti Cinta tak kalah memukau penonton karena dibawakan dengan penghayatan tinggi.

Hari ini lomba kembali berlangsung dan seperti yang disebutkan Yuyun bakal berlangsung lebih seru, karena menampilkan unit drum band umum, diantaranya Drum Band Praja Putra Cemerlang milik Pemkab Kutai Timur yang akan jadi pembuka lomba. “Informasinya Pak Awang (Awang Faroek Ishak) mau datang untuk mendukung penampilan mereka (Praja Putra),” sebut Yuyun

Peserta terjauh lomba ini datang dari Nunukan, dimana Drum Band Gita Swara Sepadan dari SMAN 1 Nunukan akan tampil siang hari, sementara Marching Band Sangkakala milik Pemkab Kutai Barat jadi penutup lomba.

Yang menarik pada lomba kemarin adalah Drum Battle, dimana enam unit drum band dan marching band saling adu kemampuan. Jenis dan kategori yang dilombakan pada kegiatan yang selama dua hari ini adalah unjuk gelar atau display, guard contest dan battle atau kontes perkusi. (alv)

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=1032

Posted by on Dec 15 2008. Filed under Dalam Negeri, Events, News, SOMC. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH