|

Kaleidoskop Marching Band Indonesia 2007

Tidak terasa sebentar lagi kita akan mengakhiri tahun 2007 dan memasuki tahun 2008. Begitu banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi mengenai marching band di tanah air kita. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya redaksi merangkum semua kejadian-kejadian yang terjadi dalam fitur Kaleidoskop(Kilas Balik). Berikut rangkuman dan ulasan kaleidoskop kalender marching band Indonesia sepanjang tahun 2007 yang diawali dengan GPMB XXII dan diakhiri dengan GPMB XXIII. Bulan januari 2007 diawali dengan pelaksanaan GPMB XXII (6-7 januari) yang juga merupakan GPMB 2006. Grand Prix Marching Band yang dilaksanakan oleh Yayasan GPMB ini dimenangkan oleh MB Bontang PKT pada divisi umum dan MB BCK Duri Riau pada divisi sekolah. Kedua band ini berhasil membawakan lagu dalam negeri yang diolah ke dalam aransemen marching. Gelar ini merupakan gelar ke-8 kali yang diraih berturut-turut oleh MB Bontang PKT, dan gelar ke-2 kali juara berturut-turut oleh MB BCK Duri Riau.

Dari sektor pendidikan formal, Music Education College SULING BAMBU sebuah lembaga pendidikan tinggi membuka MARCHING BAND COACHING COURSE (D3). Kuliah extension dalam kesetaraan 6 semester berbobot 80 SKS. Bagi anggota Marching Band tamatan SLTA berpengalaman 1-2 tahun di bidangnya, dengan pola intensif guna mendapatkan
Licenciate Diploma of Marching Band Coach (LMBC/D3). Lembaga ini mendapat afiliasi dari The International University (TIU) Missouri – USA; Laguna College of Business & Arts (LCBA) Calamba Philippines; dan The Royal Schools of Music London UK.

Akhir januari 2007 PDBI(Persatuan Drum Band Indonesia) menunjukkan geliatnya dalam program kerjanya, dengan mengadakan rapat koordinasi bidang pembinaan prestasi PDBI se-Indonesia dalam rangka mensosialisasikan satu visi dalam pelaksanaan PON 17 2008. Rapat ini juga membahas Petunjuk Pelaksanaan & Ketentuan Kejuaraan Nasional Kualifikasi PON XVII 2008 yang akan dilaksanakan Juni 2007 di Jakarta.
Banyak kalangan drum band masih melihat kekurangan PDBI dalam implementasi di lapangan dan hasil kejuaraan ini, sehingga menimbulkan protes dari peserta yang akan merebut tempat mewakili daerahnya ke PON XVII 2008. Kesulitan PDBI tentu juga berasal dari dalam tubuh sendiri karena masih mempertahankan standart kejuaraan menurut versi badan ini. Kita harapkan kedepan badan ini bisa berkembang dan menjadi salah satu motor pengembang drum band dan marching band di tanah air.

Memasuki bulan Februari 2007 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan-Jakarta Darunnajah Marching Band Competition mengadakan event kejuaraan Display Tingkat TK & Junior, Tingkat Senior & Open Class, Drum Battle, dan Guard Contest. Pada pelaksanaan yang ke empat kali ini pada divisi open class dimenangkan oleh MB Sinar Husni Medan, dan pada tingkat senior dimenangkan oleh MB Latansa Banten.
Panitia juga mendatangkan juri dari luar negeri yaitu Jonathan Fox yang merupakan Principal Percussionist dan Principal Timpanist Singapore Symphony Orchestra.
Jon Fox juga member juri WAMSB dan ikut menilai pada kejuaraan KLWMBC 2007 lalu. Sangat disayangkan DMC ke 4 ini sangat minim peserta. Mepetnya skedule kejuaraan ini dengan pelaksanaan GPJB V(Desember 2006) bisa menjadi salah satu penyebab sedikitnya peserta yang ikut. Perlu dipikirkan bersama sesama penyelenggara untuk reskeduling pelaksanaan kejuaraan marching band kalangan TK,SD,SMP agar didapat hasil yang optimal baik untuk band dan penyelenggara sendiri.

Pada bulan Maret 2007 redaksi menghadiri acara syukuran MB BCK Duri yang berhasil mempertahankan juara untuk kedua kalinya pada divisi sekolah GPMB XXII. Acara syukuran Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri tanggal 03 Maret 2007 berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan. Acara syukuran ini dihadiri oleh Management MB BCK Duri, Penasehat, Pembina, POTA, para pengurus staf organisasi keanggotaan MB BCK Duri, Tamu undangan, dan anak-anak MB BCK Duri. Redaksi juga memberikan piagam penghargaan Band Of The Year 2006 kepada band ini. Pertengahan maret 2007 diadakan kejuaraan Marching on Grow, kejuaraan marching band ini diadakan pada 17 dan 18 Maret 2007, bertempat di Tenis Indoor Senayan, Jakarta yang memperebutkan piala ‘’GROW dari ABBOT’ dengan mempertandingkan divisi Taman Kanak – Kanak dan Sekolah dasar yang berdomisili di JABODETABEK + 1 unit dari Bandung. Penyelenggaraan ini adalah kali ke 2 setelah sebelumnya diselenggarakan di Gelora Olah Raga Remaja Kuningan, Jakarta. Juara untuk Divisi B Taman Kanak – Kanak diraih DB. TK. Fedelis, juara divisi A TK DB. TK. Al Azhar BSD, juara untuk Divisi Sekolah Dasar DB. SD. ANNAJAH.

Sepanjang sejarah marching band di tanah air, belum ada band yang meraih juara umum dalam sepekan. Rekor ini dipecahkan oleh Marching Band Junior Badrika Gita Narantaka – SDN Gambiranom Yogyakarta. Band ini mengikuti Kejuaraan di Purawisata tgl 23 Maret 2007 diselenggarakan oleh DAI dan Kejuaraan di GOR AMPYKPN dengan penyelenggara Bahana Percussion Indonesia tanggal 25 Maret 2007. Band ini berhasil menyabet seluruh kelas dan jadilah Juara Umum di kedua event. Redaksi berharap band ini dapat meningkatkan terus prestasinya dan mencoba ikut ke event yang berskala nasional.

Tali silaturahmi sesama band lebih kuat di daerah dibandingkan Jakarta, ini terlihat dari Kegiatan “KBMB (Kumpul Bocah Marching Band)” yang diadakan di Jogja menampilkan unit-unit marching band universitas Yogyakarta dengan mengangkat tema “ Sak Swarna,sak warna, muni sidji, muni kabeh”. Kegiatan ini untuk meningkatkan tali persahabatan antar marching band se jogja.
Kejuaraan drum band TK se Kabupaten Sleman yang diselenggarakan PDBI Sleman 28-29 April 2007 di GOR KONI, Pangukan – Sleman menjadi penutup agenda marching band di bulan April yang sempat redaksi terima.

Ramainya kejuaraan marching di tanah air tidak hanya berpusat di Jakarta, di daerah juga aktif menyelenggarakan kejuaraan marching band dari Gadjah Mada Marching Kids Competition (GMMC) 2007 tanggal 20 Mei 2007, Kejuaraan PDBI Sleman tingkat SD,SMP,SMA 5-6 Mei 2007, Drum Band Cilik Indonesia (DCI) 26–27 Mei 2007 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Festival Open Marching Band Bogor VII 2-3 juni 2007 bertempat di GOR Pajajaran Bogor, Jogja Open Marching Kids ( Jomiks ) 2007 yang memperebutkan Trophy Bergilir Gubernur Daerah Istimewa
Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X 2-3 Juni 2007, Kejurnas SATCIL III/2007 PDBI di Banyuwangi, Jawa Timur, Tangerang Open Marching Band IV 2007 30 Juni & 1 Juli 2007.

Dalam rangka hari jadi Gita Teladan Drum and Brass Corps yang ke-25, Gita Teladan Alumni Association bekerjasama dengan Dewan Kesenian Jakarta menyelenggarakan pergelaran konser marching band yang diberi nama “Marching and in Concert” pada tanggal 30 Juni 2007 yang bertempat di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta. pergelaran ini melibatkan 5 (lima) unit marching band di Jakarta, yaitu Korps Putri Tarakanita, Madah Bahana Universitas Indonesia, Putri Santa Ursula Marching Brass, Garuda Flight Drum Corps dan Gita Teladan Drum and Brass
Corps. Pergelaran ini juga dimeriahkan oleh para musisi ternama, seperti Didiet Maruto dan Susanto “Sonyol” Hadi yang akan berkolaborasi dengan marching band.

Salah satu kejuaraan di daerah yang cukup bergengsi adalah Langgam yang pada pelaksanaan ke XX di Denpasar Bali tanggal 15 Juli 2007 menghasilkan juara umum divisi utama MB Suara Smansa Manggala Dara Denpasar dan juara umum divisi I MB Balagna (SD 1 Saraswati Denpasar).

Pada bulan September PT. BAHANNA kembali akan melaunching produk Marching Percussion Profesional yang diberi merk Cavaliers. Mungkin di dunia Marching Band Indonesia nama tersebut tidak asing lagi karena Cavaliers adalah jawara DCI. Untuk Produk Cavaliers Marching Percussion ini didesain khusus kombinasi antara Snare drum Yamaha Type Sfz & MTS dan Premier type HTS 484 semua alat tersebut dibuat disalah satu pabrik di China yang dimana pabrik tersebut merupakan satu-satunya yang Membuat produk Marching Percussion Profesional .

Di bulan September-Oktober-November masih terus diramaikan dengan kejuaraan marching KOMBAT di Tangerang, ISUZU CUP III di Manado, Blast Open Marching Competition(BOMC) di Malang, Banten Marching Band Competition II, Samarinda Open Marching Competiton IV.

Di pertengahan Desember 2007, Jawara GPMB MB Bontang PKT mencoba mengadu nasib dengan go international mengikuti salah satu kejuaraan WAMSB yaitu Kuala Lumpur World Marching Band Competition (KLWMBC). Band ini pulang kembali ke Bontang dengan membawa hasil juara ke 3. Prestasi ini untuk ukuran international sudah cukup baik, walau seharusnya bisa lebih baik ke urutan diatasnya. Tetapi karena adanya sistem penilaian yang ‘membingungkan & ajaib’ di KLWMBC, akhirnya band pujaan masyarakat Bontang ini harus puas di nomer tigakan oleh penilaian WAMSB.

Sejak September 2007, marching band nasional mulai fokus untuk ajang GPMB XXIII.
Redaksi menurunkan banyak berita baik dari panitia dan peserta kejuaraan ini.
Berikut update terbaru dari Ketua Dewan Juri GPMB XXIII yang disampaikan melalui email ke redaksi .

Lomba Grand Prix Marching Band Indonesia (GPMB) yang ke XXIII akan berlangsung mulai tanggal sebagai berikut:

Hari ke-1 : http://www.gpmb.org/berita-gpmb-lihat.php?id=97
Tanggal 28 Desember 2007 :
Individual Contest (Solo Horn – Duet Horn – Solo Percussion – Solo Tuned Percussion)
Waktu : 09.00 am ~ 03.00 pm

Hari ke-2 : http://www.gpmb.org/berita-gpmb-lihat.php?id=94
Tanggal 29 Desember 2007 :
Semi Final Divisi Sekolah (6 Marching Band)
Semi Final Divisi Umum/ Open Class (21 Marching Band)
Waktu : 09.00 am ~ 11.00 pm

Hari ke – 3 :
Tanggal 30 Desember 2007 :
Final Divisi Sekolah : 4 Marching Band dari Semi Final
Final Divisi Umum : 15 Marching Band dari Semi Final
Waktu : 09.00 am ~ selesai

Pada tahun penyelenggaraan GPMB yang ke XXIII ini, jumlah Peserta (Kontestan) Marching Band cukup banyak yaitu berjumlah keseluruhan 27 unit Marching Band dari seluruh Indonesia (6 MB Divisi Sekolah dan 21 MB Divisi umum/Open Class)
Pada tahun ini kami akan mendapatkan sponsor 2 orang Juri dari luar negeri yaitu :
1. Mr. Sven Parris (Premier Percussion, UK)
2. Mr. Jim Ancona (ADAMS Perscussion, USA) yang juga Caption Head Percussion dari The Cavaliers dari Drum Corps International, USA.)

Kejuaraan GPMB XXIII ini menutup kaleidoskop marching band Indonesia tahun 2007.

Redaksi juga mengupdate database alamat band setiap minggunya, profile band, profile pelatih, gallery foto. Masih banyak peristiwa penting lainnya yang terjadi sepanjang tahun 2007, untuk lebih lengkapnya bisa di baca di menu Arsip Berita.

Redaksi perlu menyampaikan bahwa jumlah kunjungan ke situs ini terus meningkat sepanjang tahun 2007. Dari 500-1000 user menjadi 1000-2000 user setiap hari, yang berasal dari kota-kota besar dan kabupaten di seluruh pelosok tanah air. Dan juga dari manca negara dengan urutan terbanyak dari Malaysia, Thailand, USA, Inggris.

Secara khusus redaksi Trendmarching mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada reporter jurnalis dan foto, kontributor tulisan dan foto, penulis, narasumber, sesepuh drum band/marching band, sahabat, rekan, teman-teman dari seluruh band di tanah air baik pemain, pelatih, alumni, pengurus, yayasan penyelenggara kejuaraan, dan distributor alat marching, atas partisipasinya mengembangkan Trendmarching menjadi situs yang terdepan dan tercepat dalam memberikan informasi.

Selamat tinggal 2007 dan selamat datang 2008. Semoga redaksi masih diberi nikmat kesehatan dan kekuatan dari yang Diatas untuk mewarnai perkembangan marching band di Indonesia melalui situs ini di tahun 2008 ini.

Selamat Hari Natal 25 Desember 2007 & Selamat Tahun Baru 1 Januari 2008

Medan, 27 Desember 2007

Salam Hangat,

Founder Trendmarching

redaksi@trendmarching.or.id

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=768

Posted by on Dec 27 2007. Filed under Kaleidoskop, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH