|

Kompetisi Marching Band/ Drum Band Terbuka (Kombat) 2005

PETUNJUK PELAKSANAAN
KOMPETISI MARCHING BAND/ DRUM BAND TERBUKA ( KOMBAT ) 2005

I. NAMA KEGIATAN
“ KOMPETISI MARCHING BAND/ DRUM BAND TERBUKA (KOMBAT) 2005 “

II. PENYELENGGARA

Panitia Kompetisi Marching Band/ Drum Band Terbuka ( KOMBAT ) 2005 adalah Dal Signo Team, Event Organizer ( sebagai Marketing Agent ) dan Pemerintah Tangerang.

Sekretariat : Jl. Danau Panjai Raya No.2 Perumnas II Tangerang
Telepon : 021-5510252
Contact Person : Ibu Wildaningsih 0811-831062/SenoAjie 0816-1846381
E-Mail : KOMBAT_2005 @Plasa.Com

III. PESERTA

– Peserta adalah semua Unit Marching Band / Drum Band yang telah mendaftarkan diri dan bersedia untuk mentaati peraturan lomba serta ketentuan yang ditetapkan Panitia KOMBAT 2005.

– Peserta dibedakan dalam beberapa kategori berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan Panitia KOMBAT 2005, antara lain :

1. PERCUSSION COMPETITION : Untuk Unit Band Junior,Senior dan Umum

2. FLAG COMPETITION : Untuk Unit Band Junior,Senior dan (EXHEBITION) Umum

3. JUNIOR DISPLAY : Untuk Unit Drum Band SD

4. FULL BAND DISPLAY : Untuk Unit Band Senior dan Umum

IV. WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN

– Sabtu, 24 September 2005 (Gedung Olahraga Tangerang):

I. Upacara Pembukaan KOMBAT 2005 & Defile Peserta

2. Percussion Competiton
3. Junior Display

– Minggu, 25 September 2005 (Gedung Olahraga Tangerang):

1. Flag Competition
2. Full Band Display

II. Upacara Penutupan KOMBAT 2005 & Pengumuman Juara

V. PENDAFTARAN & TECHNICAL MEETING

A. Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran kemudian mengembalikannya pada Panitia Pelaksana dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 750.000,- untuk satu jenis kategori lomba. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BCA KCP Karawaci A/n Wildaningsih dengan No. Rekening 8830135295

B. Pada saat pendaftaran tiap peserta diwajibkan melampirkan / menyampaikan Pas Photo ukuran 3 x 2 cm untuk setiap pemain dan official masing-masing 3 lembar dan ditambah satu untuk setiap pemain solo/duet

C. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung atau via pos/fax dengan mencantumkan bukti pembayaran ( bila melalui pos/ fax )

D. Technical Meeting

Tanggal : 11 September 2005
Tempat : Gedung Nyi Mas Melati Tangerang
Waktu : Pukul 13.00 s/d 16.00 WIB
Materi : Pembahasan Teknis Petunjuk Pelaksanaan KOMBAT 2005
E. Batas waktu pendaftaran tanggal 22 September 2005

VI. PERATURAN LOMBA

A. Komposisi dan Kekuatan Unit
Percussion Competition

– Jumlah pasukan minimal 15 orang per unit peserta

– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal Flag Competition

– Jumlah pasukan minimal 15 orang per unit peserta

– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal

Junior Display

– Jumlah pasukan minimal 40 orang per unit peserta

– Official dan Roadies maksimal 20 orang per unit peserta dan harus memakai seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal

Full Band Dispaly

– Jumlah pasukan minimal 40 orang per unit peserta

– Official dan Roadies maximal 20 orang per unit peserta dan harus memakai seragam, untuk official diwajibkan menggunakan tanda pengenal

B. Peralatan

– Melody Horn (Junior Dispaly)

v Semua jenis alat tiup (pianika) boleh dipergunakan.

– Brass (Senior Display)

Semua jenis alat tiup boleh dipergunakan dan mutes (peredam) tidak dilarang

Jenis alat tiup minimal sampai dengan Marching Baritone

– Percussion (Percussion Competition / Junior dan Senior Display)

v Semua alat perkusi yang tidak menggunakan listrik diperbolehkan

– Color Guard (Junior / Senior Display / Flag Competition )

v Corak, ukuran, warna dan ragam bendera CG bebas

v Semua peripheral tambahan seperti riffles / sabers dan lain-lain diperbolehkan

v Corak dan warna bendera CG tidak dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan suatu negara.

– Pit (Percussion Competition / Junior / Senior Dispaly)

v Khusus untuk Vibraphone, diperbolehkan menggunakan tabung resonator, suatu jenis motor DC yang menggunakan baterai. Motor tersebut tidak dipakai untuk memperbesar suara, namun hanya untuk efek Vibrasi.

v Amplifier listrik dan alat elektronik lainnya sama sekali dilarang untuk dipakai.

– Alat Tradisional

v Diperbolehkan menggunakan alat tradisional / daerah baik yang disandang maupun statis (diletakan / berkaki) dengan batasan tidak menggunakan alat elektrik dan maximal 10 % dari alat pokok, juga diperbolehkan menggunakan perangkat drum set.

– Lain-lain

v Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang dapat ditempatkan terlebih dahulu dalam arena ( Pit Instrument ), dengan catatan boleh dilaksanakan bila giliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta terdahulu. Lokasi dan batasan tempat ditentukan kemudian.

v Segala peralatan yang berbahaya, penghasil panas, penghasil asap, tabung bertekanan kembang api, petasan serta benda lain yang mudah terbakar didalam dan sekitar arena lomba, tidak diperbolehkan.

v Roustrum telah disiapkan oleh panitia di bagian depan dan belakang arena lomba.

v Untuk peserta yang tidak mempunyai peralatan standard Marching Band disesuaikan dengan peserta lainnya berdasarkan rujukan diantara para pelatih unit masing-masing.

VII. PENAMPILAN

A. Percussion Competition / Flag Competition

Dalam KOMBAT 2005 ini peserta Percussion Competition dan Flag Competition menampilkan pertunjukan secara display atau bergerak, dengan jumlah gerakan yang tidak dibatasi. Visual atau gerakan yang ditujukan untuk menambah keindahan dari gerakan display itu sendiri. Peserta bebas berkreasi dalam menampilkan bentuk gerakan display dilapangan. Khusus untuk Flag Competition, Unit Color Guard yang tampil dipimpin oleh seorang Leader atau Captain.

B. Display Band

Peserta Display menampilkan pertunjukan secara display atau bergerak, dengan jumlah gerakan yang tidak dibatasi. Visual atau gerakan yang ditujukan untuk menambah keindahan dari gerakan display itu sendiri. Peserta bebas berkreasi dalam menampilkan bentuk gerakan display dilapangan. Dalam penampilan Display setiap peserta wajib membawakan minimal satu lagu Indonesia (Pop, Dangdut, Daerah, Perjuangan)

C. Komposisi Penampilan

Setiap peserta wajib mengisi lembar isian penampilan pada saat Technical Meeting. Lembar isian penampilan berisi daftar judul lagu yang akan dimainkan, lengkap dengan pengarang dan arranger, daftar pemain berikut photo, pengurus unit, sejarah unit, serta hal-hal lainnya yang berkenaan dengan unit.

D. Materi Lagu

– Senior / Junior Display : Dalam menentukan judul lagu yang akan dibawakan, diwajibkan minimal satu lagu Indonesia harus termasuk dalam penampilan. Lagu Indonesia yang dimaksud adalah lagu yang bernuansa / berbahasa Indonesia (Pop, Dangdut, Lagu daearah / perjuangan dll).

– Flag Competition : Lagu yang digunakan untuk mengiringi penampilan, bebas dan tidak dibatasi. Format lagu pengiring penampilan dalam bentuk pita Cassette atau CD.
E. Hukuman atau Penalti

Diberikan pada Unit yang melewati batas waktu yang ditentukan

– Percussion Competition :Minimal 4 menit dan maksimal 6 menit
– Flag Competition . :Minimal 4 menit dan maksimal 6 menit
– Display :Minimal 10 menit dan maksimal 12 menit

Pengurangan nilai diberikan sebesar 0,5 untuk setiap menit kekurangan atau kelebihan yang dibulatkan keatas.

F. Waktu

Waktu yang diberikan adalah maksimum keseluruhan 20 menit, keseluruhannya termasuk:

– Persiapan / penyusunan alat tambahan atau pendukung
– Saat masuk arena (March In)
– Pelaksanaan penampilan
– Saat keluar arena (March Out)
– Pengambilan alat tambahan atau pendukung

G. Arena

Acara kejuaraan akan dilaksanakan di lapangan tertutup / Indoor (GOR Tangerang). Bentuk dan ukuran arena pertandingan dapat dilihat pada saat Technical Meeting

VIII. TATA CARA PENILAIAN

A.March In (Band Masuk Arena)

– Saat Band March In tidak dinilai
– Sebelum masuk kedalam arena, dan selama unit sebelumnya masih bermain di arena maka unit berikutnya sudah bersiap-siap 15 menit sebelum gilirannya dan untuk sementara diam ditempat March in.
– Seluruh peralatan yang diperlukan harus disiapkan pada saat itu, tidak diperkenankan membawa masuk ke arena selama unit lain masih bermain.
– Penyusunan alat dilakukan dengan cepat dan secermat mungkin.
– Setelah menempati formasi awal display, band dalam keadaan istirahat sampai ada aba-aba dari Panitia Pelaksana.
– Total waktu dimulai saat alat dan orang pertama berseragam memasuki arena lomba.

B.Performance / Penampilan

– Setelah memasuki arena, Unit peserta dapat langsung membuat formasi konser atau formasi awal display. Formasi konser bebas, diserahkan kepada Unit bersangkutan.
– Setelah formasi konser atau formasi awal display terbentuk, Field Commander, Leader atau Guard Captain (untuk Flag Competition) langsung mengistirahatkan Unitnya.
– Pada saat formasi konser atau formasi awal display terbentuk dan setelah Unit dalam keadaan istirahat.Pembawa acara / Announcer akan bertanya ; “Apakah band anda sudah siap ?” dan Field Commander akan menjawab dengan menyiapkan Unitnya.
– Setelah Unit peserta dalam keadaan siap, maka Announcer akan mengatakan “Silahkan anda mulai !” Field Commander akan memberi hormat kearah VIP BOX dan memulai penampilan Unitnya.
– Penilaian dimulai sejak bunyi pertama yang dihasilkan, setelah Announcer memberikan tanda bahwa penampilan boleh dimulai.
– Penampilan yang akan dinilai ialah 4 s/d 6 menit untuk Flag dan Percussion Competition, dan 10 s/d 12 menit untuk Junior dan Senior Display. Penampilan yang kurang atau lebih dari batas waktu penampilan akan dikenakan pengurangan nilai 0,5 untuk setiap menit kekurangan atau kelebihan yang dibulatkan keatas.
– Setelah penampilan Unitnya selesai, Field Commander hormat kearah VIP BOX sebagai tanda Unitnya telah selesai tampil.

C. March Out (Band Keluar Arena)

– Saat Band march Out tidak dinilai.
– Tempat keluar arena adalah yang telah ditentukan Panitia.
– Seluruh peralatan yang digunakan saat penampilan harus dibawa pada saat keluar arena.
– Total waktu yang diberikan berakhir setelah alat dan orang berseragam terakhir meninggalkan arena.

IX. PENILAIAN DAN PENJURIAN

– Nilai akan diberikan oleh Dewan Juri yang ditunjuk oleh Panitia.

– Dewan Juri adalah orang-orang yang sangat berpengalaman dalam bidangnya dan memiliki pengetahuan luas mengenai dunia Marching Band / Drum Band.
– Setiap anggota Dewan Juri akan menilai penampilan setiap Band sesuai standar pada klasifikasinya.
– Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat, namun setiap band yang merasa keberatan dengan keputusan yang telah dibuat dapat mengajukan keberatan kepada Panitia dengan membayar Biaya Protes sebesar Rp. 500.000,- ( Lima ratus ribu rupiah ) dan dilampiri tandatangan Manager Team / Stempel Unit. Setiap keberatan yang diterima oleh Panitia akan dijadikan acuan untuk perbaikan bagi kegiatan yang akan datang.
– Dewan juri tidak bertanggung jawab atas hasil penilaian yang telah ditotal / digabungkan.
– Struk penilaian akan diberikan pada tiap-tiap Unit.

X. GELAR YANG DIPEREBUTKAN

– Piala bergilir dari Dal Signo Team
– Voucher / Produk dari Sponsor
– Trophy Kejuaraan dari Dal Signo Team

XI. KUALIFIKASI PENAMPILAN

– Band yang berhak tampil adalah mereka yang sudah melengkapi syarat-syarat tehnis dan adminstrasi.
– Penentuan waktu penampilan adalah berdasarkan undian penampilan pada saat Technical Meeting.
– Unit yang mendaftar setelah undian dilaksanakan secara otomatis menjadi urutan pertama tampil dan seterusnya bagi Unit yang mendaftar setelah dilaksanakannya undian.
– Setiap Unit wajib melapor 2 jam sebelum waktu penampilan.

XII. DISKUALIFIKASI

– Unit Band BELUM mengembalikan formulir sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
– Unit Band BELUM melunasi biaya pendaftaran / adminstrasi sampai dengan waktu yang ditentukan.
– Unit Band TIDAK HADIR / DATANG pada saat pelaksanaan lomba setelah dipanggil nama unitnya sampai 3 kali pemanggilan oleh Announcer (Pembawa Acara). Setelah itu Unit dianggap MENGUNDURKAN DIRI.
– Band yang telah didiskualifikasi dapat memberikan alasannya untuk mendapatkan KERINGANAN dan membayar biaya kompensasi sebesar Rp. 500.000,- ( Lima ratus ribu rupiah) agar dapat mengikuti Lomba bila alasannya dapat diterima oleh Panitia pelaksana.

XIII. PENGUNDURAN DIRI

– Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh Penanggung jawab Unit bersangkutan dan stempel Unit, sedang uang pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali.
– Alasan pengunduran diri harus jelas.
– Unit Peserta yang tidak mengembalikan data Unit pada saat Batas Akhir Pendaftaran dianggap telah mengundurkan diri.

Tangerang, Januari 2005

PANITIA PELAKSANA
KOMBAT 2005 by :Dal Signo Team @BADMAN
Jln.Danau Panjai Raya No.2 Perumnas Tangerang
Contact Person : Seno Ajie 0816-1846381

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=394

Posted by on Mar 18 2005. Filed under Dalam Negeri, Events, KOMBAT, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented