|

Catatan Akhir Tahun 2003 Marching Band Indonesia

Perjalanan dunia marching band di tahun 2003 boleh dikatakan berusaha berangkat maju, dibulan Maret 2003 digelar ajang Latihan Bersama III di Garuda FDC yang diikuti insan marching band di Tanah Air, acara ini berjalan sukses dan berguna bagi masyarakat marching band di tanah air baik yang baru belajar maupun yang sudah mahir.

Tahun 2003 dunia marching band Indonesia diramaikan dengan event kejuaraan berskala nasional. Dimulai :

  • JOGJA OPEN MARCHING KIDS 2003 tanggal 17 – 18 Mei 2003, Jogjakarta
  • BOROBUDUR MARCHING BAND COMPETITION tanggal 14 – 15 Juni 2003, Magelang
  • Kejuaraan Terbuka Marching Band 2003 Deli Serdang SUMUT 28-29 Juni 2003 di Lubuk Pakam.
  • DARUNNAJAH MARCHING BAND Ist COMPETITION (DMC) tanggal 02-03 Juli 2003, Jakarta
  • Langkah Gerak Generasi Muda Indonesia 2003 (LANGGAM) tanggal 5 – 6 Juli 2003, Bali
  • HAMENGKU BUWONO MARCHING BAND CHAMPIONSHIPS 2003 tanggal 9 – 13 Juli 2003. Jogjakarta
  • KOMPETISI MARCHING BAND/DRUM BAND TERBUKA (KOMBAT) 2003
  • MALANG OPEN BANDS 2003
  • GPMB 2003 tanggal 26-28 Desember 2003 Jakarta

Maap kalau ada yang salah dan yang kurang disebutkan kejuaraannya.

Bulan Mei Juni, dan Juli yang terlihat sangat padat dari tanggal 2 s/d 13 Juli 2003 semua berurutan menggelar kejuaraan drum band dan marching band dari skala TK, s/d Universitas bahkan Instansi atau Corporate. Setiap event mempublikasikan eventnya dengan gencar. Event yang baru muncul adalah DMC yang baru beberapa bulan lalu di launching yang merupakan bagian dari HUT nya Darunnajah. Satu lagi JOMIKS yang sudah selesai berlangsung di Jogjakarta. Langgam yang merupakan kejuaraan marching band rutin tahun ini kembali digelar dengan jumlah pesertanya dari konfirmasi sangatlah banyak untuk daerah timur. Tentu hal ini membawa manfaat bagi perkembangan drum band di daerah timur dan sekitarnya. Hal ini akan menumbuhkan minat dan gairah perkembangan Drum Band TK dan SD sampai jenjang SLTA untuk bisa menunjukkan kemampuannya dan maju. Dari Jogjakarta ada HB CUP yang merupakan kejuaraan dua tahun sekali, muncul dengan konsep menggabungkan Parade, Color Guard Contest, Percussion Festival, Display dalam satu rangkaian, yang membuat kejuaraan ini berbobot adalah turunnya salah satu Pelatih Perkusi Santa Clara Vanguard D & BC yaitu Mr Jim Casella yang menjadi juri tamu pada Perkusi dan Display, juga memberikan Coaching Clinic dibawah bendera PEARL. Hal ini akan membawa warna baru bagi perkembangan marching band di tanah air, dari panitia kami mendapatkan info bahwa Mr Jim Casella akan menilai dan turun langsung memberikan komentar dalam bentuk praktek sehingga ada manfaat langsung bagi band-band yang ikut Perkusi Festival. HB CUP juga kejuaraan terlama dari tgl 9-13 juli 2003 di Jogjakarta hampir satu minggu yang tentu sedikit mengganggu pendanaan band yang ikut jika ingin menikmati semua event di HB CUP. Event Kejuaraan lain di tahun 2003 juga tak kalah menariknya dan muncul juga kejuaraan baru seperti KOMBAT, Malang Open Bands.
Memasuki akhir tahun 2003 kejuaraan besar dan bergengsi yaitu GPMB digelar tanpa GPJB. Kejuaraan ini baru saja berakhir dengan sejuta kesan dan pesan yang masing-masing kita sendiri dapat melihatnya.

Beberapa catatan lainnya adalah kolaborasi beberapa marching band di Jogjakarta dalam rangka HUT Jogja ke 247. Kemudian Kantata Takwa grup fenomenal yang sempat lama lelap, itu menggelar konser gratis KESAKSIAN 2003 di Parkir Timur Senayan, 30 Agustus 2003 bersama MARCHING BAND ELFA SECIORIA.

Catatan penting lain dari organisasi PDBI;
PDBI Berjuang untuk Masuk PON Palembang 2004, dan berita mengenai sejumlah pembina Marching Band dan Drum Band Jakarta, Senin (18/8/03) mengimbau Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Inspektur Jenderal Timbul Silaen agar bersedia menyerahkan jabatan itu dalam Munas PDBI yang akan diselenggarakan Oktober mendatang di Jakarta.

Arsipnya dapat dilihat di https://trendmarching.or.id/read/2003/01/

Catatan bersama yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana perkembangan drum/marching band di tanah air selalu diwarnai sekelumit masalah dan itu sudah bukan menjadi rahasia umum tetapi harus kita cermati dan jadikan interopeksi bersama mengapa terjadi?, dari masalah organisasi, kredibiltas, penipuan alat mb, pendanaan, juri, kualitas event kejuaraan, dan yang sangat sedih dan sangat kontroversial adalah setelah sebuah kejuaraan besar selesai diadakan ada muncul ancaman yang menjurus kriminal seperti ingin membunuh terhadap seorang oknum pelatih, ini datanya redaksi sudah pegang. Kenapa ini terjadi dan ini jelas mencoreng tanjakan marching band Indonesia yang sedang beranjak naik. Semoga hal ini bisa teratasi dengan baik, jika sebuah masalah muncul yang dipikirkan adalah memperbaikinya di kemudian hari, mecoba berkarya baru dengan berani mengambil makna pengalaman dan terus membantu perkembangan marching band di tanah air.

Bagaimana tahun 2004 yang disebut tahun monyet? Tak ada kata lain selain optimis menyongsong tahun baru ini yang tinggal hitungan jam lagi. Mari bersama introspeksi diri , saling memaapkan, bekerja bersama menyambut tahun 2004 marching band yang penuh ceria dan tantangan baru.

Semangat tahun 2004 sudah terlihat di tanah air dengan sudah keluarnya jadwal beberapa event di tanah air seperti :
FEDI KE VII Tanggal 7-8 Februari 2004 GEDUNG TENNIS INDOOR SENAYAN, GORONTALO DRUM BAND CHAMPIONSHIP(GDBC) I TAHUN 2004, Delta Marching Open Festival (D’MOF) 06 Februari 2004 s/d 08 Februari 2004

Berpacu terus bersama membangun marching band Indonesia.

Redaksi Trendmarching juga berterima kasih atas dukungan semua insan marching band di tanah air dan reporter trendmarching yang ada di Jogjakarta, Medan, Palembang, Jakarta memohon maap jika ada kekurangan kami. Semua Feature yang ada di website Trendmarching.or.id seperti Buku Tamu, Forum Diskusi, Chatter Box, Kolom Komentar, Jajak Pendapat, Gallery Foto Unit, Database Alamat Unit, dsb, adalah ciri khas dan kerja keras redaksi untuk berusaha menjadi Portal Informasi dan Edukasi Marching Band Nasional.

Selamat Tahun Baru 2004
Founder Trendmarching

Short URL: https://trendmarching.or.id/read/?p=103

Posted by on Dec 31 2003. Filed under Kaleidoskop, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply


Recently Commented