|

GPMB XXIX – 2013

GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB)  KE XXIX TAHUN 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Desember 2013 di Istora Senayan Jakarta

NOTULEN TECHNICAL MEETING
GPMB XXIX – 2013
MINGGU, 17 NOVEMBER 2013

Technical Meeting, dilaksanakan pada hari Minggu, 17 November 2013 bertempat di Rumah Makan Pondok Lagunas, Jakarta.

Acara Technical Meeting GPMB dibuka oleh Ketua GPMB, Ibu Lisa Ayodhia, dan dihadiri pula oleh :
1. Bapak Hari Cahyono
2. Bapak Benny Prasetyo
3. Bapak Eric Awuy
4. Bapak Lutfi BBA
5. Perwakilan dari peserta GPMB XXIX 2013

Susunan Acara : Pembukaan
Pembahasan Peraturan Lomba GPMB XXIX-2013 & dilanjutkan dengan tanya jawab
Pengundian jadwal penampilan peserta
Penutup

PEMBAHASAN PERATURAN LOMBA GPMB XXIX – 2013 & TANYA JAWAB
1. Point-point tentang Pendahuluan, Nama Kegiatan, Penyelenggara, Motto, Dasar Pemikiran, Maksud dan Tujuan, dan Sasaran dianggap sudah cukup jelas, sehingga tidak dibahas dalam technical meeting.
2. GPMB XXIX – 2013 diselenggarakan selama 3 hari :
– Babak Kualifikasi : Jum’at, 27 Desember 2013
– Babak Final Divisi Satu : Sabtu, 28 Desember 2013
– Babak Final Divisi Utama : Minggu, 29 Desember 2013
3. Tahun ini Individual Contest ditiadakan karena akan diselenggarakan secara terpisah pada Bulan Februari / Maret 2014 yang akan datang
4. Unit band peserta dapat diperkuat oleh Alumni dan tidak ada pembatasan usia pemain, serta tidak ada pembatasan jumlah minimum pemain baik pemain musik maupun colorguard.
5. Point-point tentang Peserta, Pendaftaran, dan Pengunduran Diri, dianggap sudah cukup jelas, sehingga tidak dibahas dalam technical meeting.
6. Waktu total penampilan setiap band peserta adalah 20 menit, dihitung sejak orang pertama (entah itu pemain/official/roadis) memasuki arena lomba, sudah termasuk Preparation Time, March In, Warm Up, Preshow, Performance Time, March Out dan Take Out Peralatan/Property.
7. Unit Band dapat langsung menyampaikan kepada MC pada saat march ini, untuk aba – aba dimulainya penampilan
8. Band peserta dapat menggunakan property sesuai keperluannya dengan ukuran yang ditentukan sendiri oleh peserta namun tetap perlu memperhatikan faktor keamanan pemain di lapangan.
9. Pemain dari Band peserta dapat masuk kedalam arena secara bersamaan untuk mempercepat penyiapan alat di dalam arena lomba.
10. Panitia menyediakan 1 (satu) buah sumber listrik dengan kekuatan 2000 watt yang ada di bagian depan arena lomba (posisi front ensemble) untuk peralatan elektronik.
11. Panitia GPMB 2013 membuat garis penanda warna hitam dari depan sampai belakang arena lomba sebagai garis bantu untuk keperluan display peserta, yang jarak antar garisnya adalah 4,5 m (5 yard). Pada setiap garisnya akan diberikan Cone dengan menggunakan huruf A, B, C dst. Band peserta tidak diperbolehkan menggunakan cone sendiri.
12. Panitia GPMB 2013 tidak menyediakan cube sound system untuk band peserta.
13. Komentar dewan juri dapat diambil di sekretariat panitia selambat-lambatnya 40 menit setelah penampilan. Komentar juri diberikan dalam bentuk flash disk dengan format mp3. Setelah komentar juri di copy oleh band peserta, Flash disk komentar babak kualifikasi agar segera dikembalikan ke Panitia GPMB untuk dipergunakan lagi di Babak Final Divisi Satu dan Final Divisi Utama GPMB XXIX – 2013.
14. Form Penjurian GPMB 2013 akan dikirim ke unit – unit agar dapat dipejari terlebih dahulu.
15. Seperti tahun 2012, yang lalu, dimana dilaksanakan Sesi Kritik untuk Peserta yang akan dilaksanakan pada Jum’at, 27 Desember 2013, setelah Hasil Babak Kualifikasi diumumkan. Sesi Kritik dilaksanakan paling lambat 30 menit setelah pengumuman hasil babak kualifikasi selesai dilaksanakan. Sesi Kritik akan dilaksanakan dengan ketentuan sbb :
a. Fungsi kritik ini adalah untuk pertukaran informasi antara pelatih dengan Juri dengan tujuan untuk membantu band peserta dalam meningkatkan penampilannya dan meningkatkan pemahaman band peserta tentang proses penilaian. Para pelatih pasti ingin tahu isu-isu tentang nilai yang diberikan oleh juri.
b. Sesi kritik adalah milik band peserta dan mereka harus memimpin, mengajukan pertanyaan, dan memandu dialog. Tapi juri harus siap untuk mendorong percakapan ini jika situasi ini tidak terjadi. Ingatlah bahwa partisipasi band peserta dalam sesi kritik adalah sebuah pilihan. Jika band peserta merasa nyaman dengan evaluasi juri dan nilainya, dan mereka tidak punya apa-apa untuk didiskusikan, maka mereka tidak memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dalam sesi kritik.
c. Band peserta wajib mendengarkan file komentar juri sebelum dimulainya sesi kritik, apabila band peserta belum mendengarkan komentar juri, Juri berhak untuk menghentikan sesi kritiknya untuk selanjutnya memanggil peserta berikutnya. File komentar juri dapat diperoleh paling lambat 30 menit setelah gilirannya tampil. Setiap band menyerahkan 1 (satu) buah flash disk yang diserahkan kepada panitia GPMB sebelum lomba dimulai.
d. Masing-masing Band peserta akan diberikan waktu selama 5 menit untuk sesi Kritik, untuk selanjutnya digantikan oleh band peserta yang lainnya.
e. Dalam ruangan sesi kritik terdapat 3 buah meja juri yaitu : 1 meja Juri Musik, 1 meja Juri Visual dan 1 meja Juri Effect.
f. Urutan giliran sesi kritik sesuai dengan urutan penampilan pada babak kualifikasi.
g. Setiap band peserta menyiapkan 3 orang pelatihnya untuk sesi kritik, 1 (satu) orang pelatih akan menemui 1 (satu) orang juri sesuai dengan bidangnya masing-masing.
h. Juri hanya akan melayani pertanyaan tentang band anda dan tidak akan melayani pertanyaan tentang band yang lainnya.
i. Juri hanya akan memberikan informasi tentang apa yang band anda sudah capai sekarang dan apa yang harus diperbaiki dan tidak akan memberikan saran tentang konsep penampilan band anda.
j. Sesi kritik dilaksanakan dalam suasana yang bersahabat, tetap sopan dan tidak ada kata-kata kasar/cacian/makian kepada dewan juri. Masing-masing pihak berusaha menghormati satu sama lainnya.
HASIL UNDIAN JADWAL PENAMPILAN PESERTA (terlampir)
SUSUNAN DEWAN JURI GPMB XXIX – 2013 (terlampir)
MATERI TECHNICAL MEETING DARI BAPAK BENNY PRASETYO (terlampir)
FORM LAGU YANG AKAN DIMAINKAN (terlampir) DIKIRIMKAN KEMBALI KE SEKRETARIAT GPMB MELALUI E-MAIL : heny.menik@yahoo.com PALING LAMBAT : JUM’AT, 20 DESEMBER 2013

Jakarta, 17 November 2013

 

Ketua Bidang Lomba,
BENNY PRASETYO

 

Related posts:

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=6748

Posted by on Nov 20 2013. Filed under Dalam Negeri, Events, GPMB GPJB, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Hanan: Video-video nya kalau ada boleh disertakan ^^ untuk mengenang Terimakasih
  • Rama Pramudya: Kak Yudha memang top membimbing MB Gema Kencana , SD Saraswati 4 Dps
  • jual alat marching band: keren gan eventnya
  • jual alat marching band: selamat bertanding, tampilan kemampuan terbaik kalian
  • syarif: Assalamualaikum Mohon informasi apakah masih ada dokumentasi MB GSWB/DepHut tahun 1997 – 2000