|

Mengenal MARCHING BAND OF INDONESIA ( MBI )

MARCHING BAND OF INDONESIA ( ”MBI” )
DCE LICENSED PARTNER

Tentang Kami

  • MBI adalah organisasi nirlaba (non profit)  dengan tujuan untuk mempromosikan aktivitas musik marching band kepada generasi muda Indonesia
  • MBI adalah sebuah organisasi yang independen, terbebas dari berbagai macam kepentingan suatu corps/unit marching band ataupun dari kelompok tertentu
  • MBI adalah organisasi yang bekerjasama dengan berbagai kontes/kejuaraan marching band di Asia Tenggara dengan tujuan yang sama dengan Drum Corps Europe (DCE)
  • MBI berkomitmen untuk menginspirasi insan marching band dalam mencapai standar teknik dan standar penampilan yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.
  • MBI menganggap bahwa konsep standar artistik, estetika dan kreatif adalah penting, tetapi inspirasi juga harus seimbang dengan kebutuhan utamanya yaitu memberikan pengakuan dan martabat bagi semua insan marching band.
  • MBI telah memilih kompetisi sebagai alat untuk melaksanakan pembinaan dan pendidikan marching band, sedangkan hal-hal lain yang diperlukan dalam kompetisi semata-mata untuk melayani para insan marching band.
  • MBI memperlakukan setiap insan marching band sebagai individu yang memiliki martabat yang tak terpisahkan dari dirinya sendiri, semua insan marching band dianggap terhormat sebagai manusia, sama-sama berjasa mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga yang dimilikinya.
  • MBI Tidak melakukan diskriminasi dengan alasan ras, jenis kelamin, aliran, agama, orientasi seksual, asal kebangsaan atau latar belakang kebudayaan.
  • MBI mendukung aktivitas yang berdasarkan kepercayaan semua insan marching band dengan gaya programnya masing-masing untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam mencapai keberhasilan.

 

 

 

Visi MBI

Menjadikan MBI sebagai organisasi yang solid, yang dapat menghimpun para praktisi marching band di Indonesia demi mencapai kemajuan bersama dalam mengembangkan kegiatan marching band di Indonesia, dan mampu mengaktualisasikan diri secara profesional, kredibel dan terpercaya.

 

Misi MBI untuk Organisasi dan Anggota

  • Menghimpun para praktisi marching band yang memiliki integritas, attitude, kompetensi, profesionalitas, dan daya saing baik pada tingkat nasional maupun internasional, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika.
  • Membentuk sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menerapkan keilmuan marching band modern di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.
  • Merancang sistem pelatihan marching band yang standar untuk mencetak praktisi marching band yang handal di bidangnya masing-masing.
  • Menentukan standar kompetensi dan standar pengujian yang ketat demi menjaga kualitas setiap anggota MBI.
  • Memperjuangkan dan memelihara harkat dan martabat profesi marching band di Indonesia.
  • Melakukan pembinaan, pembimbingan, dan pengawasan terhadap anggota dalam melaksanakan kegiatan profesi dan keilmuan marching band.
  • Memelihara dan membina terlaksananya Kode Etik Marching Band of Indonesia.
  • Meningkatkan komunikasi, kerja sama, dan dukungan antar anggota.
  • Mengembangkan organisasi yang sehat, dan jaringan yang luas.
  • Mengupayakan perlindungan hukum dan kesejahteraan anggota.

 

Misi MBI untuk Indonesia

Melaksanakan Pendidikan Marching Band bagi Generasi Muda Indonesia untuk mencapai standar teknik dan standar penampilan yang baru.

 

Tujuan MBI

  • Memberikan dukungan teknis dan non teknis kepada organisasi/kontes/kejuaraan marching band di Indonesia khususnya dalam penerapan sistem penjurian DCE.
  • Melaksanakan upaya reformasi organisasi marching band baik sebagai organisasi pembinaan, organisasi pendidikan, maupun organisasi profesi.
  • Menata, mempertahankan, dan meningkatkan citra MBI sebagai organisasi yang mampu menjadi wadah tempat berhimpunnya para praktisi marching band di Indonesia.
  • Menyusun dan menetapkan langkah-langkah kebijakan organisasi dalam upaya peningkatan harkat, martabat, dan kesejahteraan praktisi marching band pada umumnya dan anggota MBI pada khususnya
  • Mewujudkan visi dan misi organisasi berlandaskan pertimbangan situasi dan kondisi di Indonesia

 

Sasaran MBI

  • Peningkatan fungsi dan peran MBI sebagai organisasi pembinaan, organisasi pendidikan,  dan organisasi profesi yang bersifat independen, unitaristik, dan non partisan.
  • Peningkatan kesadaran praktisi marching band tentang perlunya perubahan sikap, perilaku, wawasan dan rasa tanggung jawab organisasi/kontes/kejuaraan marching band melalui berbagai forum organisasi, kegiatan pelatihan, seminar, serta kaderisasi yang bertingkat dan berjenjang.
  • Peningkatan kinerja dan kebersamaan organisasi agar mampu mengakomodasikan serta memperjuangkan segenap aspirasi dan kepentingan anggota sehinga MBI dapat melaksanakan misi dan tugas dengan baik.
  • Peningkatan kemampuan, dedikasi, profesi dan kesejahteraan anggota serta mengusahakan adanya standarisasi, lisensi, sertifikasi dan akreditasi profesi marching band.
  • Peningkatan fungsi dan peran MBI dalam program pembinaan generasi muda di Kabupaten/Kota di Indonesia, dan menciptakan komunitas marching band yang sehat dan beretika.
  • Peningkatan secara optimal dan merata diseluruh Indonesia, fungsi dan peran MBI sebagai kekuatan pemikir yang menampilkan gagasan serta konsep peningkatan mutu kegiatan marching band sebagai pengontrol yang mengoreksi setiap kebijakan atau praktek-praktek yang menyimpang dari prinsip dasar pembinaan marching band dan sebagai penekan yang mengawasi dan mengontrol berbagai pihak yang melakukan perbuatan dan tindakan yang tidak sesuai dengan landasan kebijakan organisasi.

 

Produk MBI

1. DCE Licensed Event

DCE Licensed Event adalah kontes/kejuaraan marching band yang menggunakan sistem penilaian dan sistem penjurian DCE, yang didukung dan diakui oleh DCE sebagai DCE Licensed Event setelah mengajukan permohonan dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan DCE melalui MBI sebagai satu-satunya DCE Licensed Partner di Indonesia. Kepada kontes/kejuaraan marching band tersebut diberikan  hak untuk menggunakan logo DCE pada semua jenis komunikasi resmi dan tidak resmi di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kualitas, prestise dan kredibilitas kontes/kejuaraan marching band tersebut.

2. MBI Licensed Event

MBI Licensed Event adalah kontes/kejuaraan marching band yang menggunakan sistem penilaian dan sistem penjurian DCE, yang didukung dan diakui oleh MBI sebagai MBI Licensed Event setelah mengajukan permohonan dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh MBI. Kepada kontes/kejuaraan marching band tersebut diberikan  hak untuk menggunakan logo MBI pada semua jenis komunikasi resmi dan tidak resmi di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kualitas, prestise dan kredibilitas kontes/kejuaraan marching band tersebut.

3. DCE Judges College

DCE Judges College adalah program pelatihan dan sertifikasi juri marching band yang diselenggarakan oleh DCE bersama-sama dengan MBI sebagai DCE Licensed Partner di Indonesia. DCE Judges College ini hanya boleh diselenggarakan oleh organisasi yang sudah menjadi DCE Licensed Partner. Program pelatihan dan sertifikasi juri marching band ini terbagai kedalam 2 level, yaitu : Level 1 : International Level (seluruhnya menggunakan bahasa Inggris) dan Level 2 : National Level (menggunakan bahasa Indonesia).

 

DCE Judge Level

 

4.  Sertifikasi Pelatih Marching Band

MBI dan atau DCE dapat menyelenggarakan Sertifikasi Pelatih Marching Band di Indonesia. Kegiatan sertifikasi dapat dilaksanakan di daerah-daerah/propinsi di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah yang sudah memiliki organisasi/kontes/kejuaraan yang sudah menjadi DCE/MBI Licensed Event.

 

5. Lembaga Penjurian Marching Band yang Independen

MBI dan atau DCE dapat mendukung kontes/kejuaraan marching band di seluruh wilayah Indonesia sebagai Lembaga Penjurian yang Independen, dengan demikian Panitia/Event Organizer akan terbebas dari segala macam protes hasil penilaian dewan juri dari peserta, Semua protes dan keluhan hasil penilaian dewan juri dari peserta akan ditangani dan menjadi tanggung jawab MBI/DCE.

 

6.  Melaksanakan pelatihan-pelatihan teknis marching band

Dalam meningkatkan peran dan fungsi MBI dalam pembinaan dan pendidikan marching band di Indonesia, MBI secara berkala menyelenggarakan pelatihan-pelatihan teknis marching band (Workshop / Coaching Clinic) sehingga insan-insan marching band dapat meningkatkan wawasan dan kemampuannya di bidang marching band.

 

Struktur Organisasi MBI

Struktur Organisasi MBI terdiri dari :

 

CUSTOMER MBI

Bandung Marching Band Championship (BMBC) – GPMB Series

BMBC adalah kejuaraan marching band yang diselenggarakan setiap tahun (antara bulan September-Oktober) dalam rangka Hari Jadi Kota Bandung oleh Pengurus Wilayah GPMB Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Yayasan GPMB – Jakarta.

Pada penyelenggaraan BMBC–GPMB Series di Tahun 2012, BMBC–GPMB series ditingkatkan menjadi DCE Licensed Event, dengan demikian BMBC-GPMB Series akan menjadi salah satu event berskala Internasional. BMBC-GPMB Series menerapkan sistem penilaian dan sistem penjurian dari DCE.

 

Hormat kami,

Sekretaris Jenderal MBI,

BENNY PRASETYO

 

 

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=5983

Posted by on Jan 10 2012. Filed under News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

7 Comments for “Mengenal MARCHING BAND OF INDONESIA ( MBI )”

  1. Nah, bagus nih, kalo transparan kayak gini… GPMB?????

  2. GPMB?

    ya sudah lah ya.. 😀

  3. Sukses untuk MBI….

    semoga menjadi satu jalan dalam pengharapan kita semuainsan MB indonesia yakni kemajuan Marching band Indonesia.

  4. klo mau gabung bisa ga pak??? hehehe

  5. bali instructor of marching band

    Sukses utk MBI… semoga eksistensinya bisa menyatukan semua komitmen dan kreatifitas insan marching band Indonesia, salam kami Bali Instructor Marching Band (BIMB)

  6. Maju MBI semoga jaya di udara….
    Tunjukan prestasimu walau dengan produk lokal…..
    ; D ;D
    Thx’ ATHAYA GROUP

  7. SALAM BUAT MARCHING MANIA..
    numpang promosi ya…hehe
    saya cuman mau ngasih tau nh,kalo anda atau sekolah anda ada yg beminat untuk mengadakan MARCHING BAND /DRUM BAND,dapat menghubungi saya untuk pemesanan alatnya…
    bagi yg berminat hubungi saja ya..via E-mail maupun telefon

    ( roy.han32@yahoo.co.id ) untuk nomer HP bisa diliat di FACEBOOK saya..hehe

    dan maju terus ya buat MBI,semoga MBI dapat manjadi tim yg solid dan dikenal dimanapun,dan yg paling utama dapat memajukan trend MARCHING di INDONESIA…Amin

    MAKASIH YA….

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH