|

Ulasan prediksi Divisi Sekolah GPMB 2010

Revisi(22/12/2010)

Peserta divisi sekolah GPMB 2010 hanya diikuti 6 peserta saja dan hampir semuanya band lama yaitu : Putri Santa Ursula Marching Brass Jakarta, MB Bahana Cendana Kartika Rumbai Riau, MB Nada Syiar Daar Qolam Tangerang, MB Gema Snada Budiniyah Bogor, MB Suara Smansa Manggala Dara Denpasar, dan STTD Drum Corps Bekasi.

Jumlah peserta divisi sekolah GPMB 2010 menurun dari GPMB 2009, hal ini tentu tidak menyurutkan panitia GPMB untuk tetap membuat divisi sekolah eksis dalam bagian pembagian divisi yang bagi sebagian kalangan masih diperdebatkan. Keenam band akan berlaga pada babak penyisihan 26 Desember 2010, lalu dipilih 4 band untuk masuk Babak Final 27 Desember 2010, jadi 2 band dijatah pulang kampung menurut peraturan GPMB 70% x jumlah peserta. Bagaimana prediksi band-band tersebut, mari simak ulasan dari redaksi.

Putri Santa Ursula Marching Brass Jakarta (PSUMB)
– Ranking Nasional Peringkat 17
Marching band putri dengan disiplin tinggi ini sejak 2004 selalu konsisten ikut GPMB per 2 tahun sekali, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir PSUMB selalu berada pada peringkat 3 besar. Tahun 2000 peringkat 1, Tahun 2004 peringkat 2, Tahun 2006 peringkat 2, dan tahun 2008 peringkat 1. Dengan track pengalaman sebagai band juara, wajib bagi kelima band lain waspada, dan khususnya bagi MB Suara Smansa Manggala Dara Denpasar dan MB BCK Rumbai. Redaksi membaca saingan terkuat band ini adalah pada Suara Manggala, karena Suara Manggala juga pernah juara 1 divisi sekolah dan juara Langgam 2010 lalu.  Jika BCK Rumbai dan band lain tidak tampil maksimal bisa-bisa PSUMB menjadi juara divisi sekolah tahun ini. PSUMB harus pintar-pintar mempelajari keunggulan band-band lain di babak penyisihan. Band ini juga memiliki pelatih yang berpengalaman di level nasional. Pasti sangat menarik menonton PSUMB setelah 2 tahun absen di GPMB.
Prediksi : Peringkat 1,2 Divisi Sekolah

MB Bahana Cendana Kartika Rumbai (BCK)
– Ranking Nasional Peringkat 23
Band asal Riau ini saudara kandung MB BCK Duri, dan jika BCK Duri  ikut GPMB divisi sekolah selalu menang, dan masih belum ada band sekolah lain yang bisa mengotak-atik singgasananya, juri-juri GPMB mungkin sudah tahu kalau BCK Duri ikut GPMB pasti menang, semoga tidak…karena fair play harus di jungjung tinggi, juri harus bisa melihat secara detail dan mendalami kembali materi penilaian yang ada tanpa ditambahin faktor psikologis dan non teknis sebuah marching band.  GPMB 2010 MB BCK Rumbai yang ikut divisi sekolah dan prestasi terakhirnya ikut GPMB 2008 adalah meraih peringkat kedua.  Kurangnya pengalaman bermain yang minim di GPMB pasti menjadi titik lemah dalam mempertahankan supremasi juara divisi sekolah dengan nama besar BCK.  Secara teori  PSUMB berada diatas angin terhadap BCK Rumbai. Disini dibutuhkan juri yang teliti, berpengalaman dan tidak berat sebelah.
Prediksi : Peringkat 2,3,4 Divisi Sekolah

MB Suara Smansa Manggala Dara Denpasar
– Ranking Nasional Peringkat 33
Marching band asal SMAN 1 Denpasar Bali ini terakhir ikut GPMB tahun 2004 dan mendapat peringkat 1. Setelah itu band ini banyak bermain di event LANGGAM, dan terakhir LANGGAM 2010 mendapat peringkat 1. Melihat prestasi terakhir mereka di LANGGAM menjadi juara 1, bukan tidak mungkin kesiapan mereka akan semakin matang ke GPMB 2010 ini. Dan ini yang patut diwaspadai BCK dan PSUMB. Bukan tidak mungkin PSUMB dan BCK main jelek dan akhirnya Suara Manggala Dara menjadi juara 1. Yang pasti tugas band ini berat juga karena ada PSUMB yang sudah menjadi langganan juara 1 di divisi sekolah.
Prediksi : Peringkat 1,2 Divisi Sekolah

MB Nada Syiar Daar Qolam Tangerang
– Ranking Nasional Peringkat 25
Marching Band ini berada pada naungan PESANTREN DAAR EL-QOLAM Gintung Tangerang. Dukungan kuat Pengurus Pondok ini pada aktifitas marching band patut kita hargai, membantu remaja-remaja kita belajar agama sekaligus mengenal dunia seni melalui marching band. MB Nada Syiar Daar Qolam terakhir bermain di divisi sekolah GPMB adalah tahun 2008 dengan peringkat 3, sebelumnya band ini aktif mengikuti kejuaraan seperti DMC dan JMC dan selalu pada peringkat 4 besar. Absen 4 tahun di GPMB tentu sedikit banyak membuat perubahan pada band ini, ditangan pelatih yang baik redaksi harapkan band ini dapat berbicara banyak di GPMB 2010. Band ini
Prediksi : Peringkat 4,5 Divisi Sekolah

MB Gema Snada Budiniyah Bogor
– Ranking Nasional Peringkat 22
Sejak tahun 2007 band ini aktif ikut GPMB, tetapi belum pernah meraih 3 besar, perbaikan – perbaikan tentu sudah dilakukan pengurus dan pelatih, hal ini terlihat saat DMC 2010 berhasil meraih peringkat 3. Modal prestasi ini tentu menambah semangat bertanding pemain untuk bisa bersaing dengan MB Suara Smansa Manggala Denpasar dan MB Nada Syiar Daar Qolam dan yang paling pnting untuk lolos ke babak final.
Prediksi : Peringkat 5,6 Divisi Sekolah

STTD Drum Corps Bekasi

– Ranking Nasional Peringkat 77
Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) berada di Bekasi, tepatnya di Jl. Raya Setu Km 3,5 Cibuntu Cibitung Bekasi Jawa Barat. Pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Ir. Sukarno pada tanggal 08 September 1951, dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan/tidak melakukan kegiatan. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali ALL. Pada tanggal 05 Desember 1980, ALL diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR) namun masih disebut-sebut dengan nama ALL. BPL – ALLAJR hanya menyelenggarakan Program Diploma III Ahli LLAJR. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kualifikasi tenaga ahli yang lebih tinggi serta perkembangan sistem pendidikan yang ada maka pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dimana berkedudukan di bawah Departemen Perhubungan. GPMB 2010 merupakan tahun kedua bagi band ini ikut GPMB. Keikutsertaan STTD pada GPMB 2009 meraih hasil peringkat 6. Dengan pengalaman yang belum banyak di GPMB agak sulit bagi band ini untuk bersaing dengan kelima band peserta lainnya. Saingan terberatnya untuk meraih kursi Final ada pada MB Gema Snada Budiniyah dan MB Nada Syiar Daar Qolam.
Prediksi : Peringkat 5,6 Divisi Sekolah

Namanya prediksi bisa juga meleset, tapi ulasan prediksi redaksi pada GPMB 2009 80% akurat, dan yang pasti kita mendoakan bersama-sama agar semua band dapat bermain dengan semaksimal mungkin menunjukkan kualitas band masing-masing, dan dewan juri diberi kejujuran dalam menilai.

Selamat bertanding !

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=5053

Posted by on Dec 21 2010. Filed under Dalam Negeri, Events, GPMB GPJB, News, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

16 Comments for “Ulasan prediksi Divisi Sekolah GPMB 2010”

  1. prediksi divisi umum ada gak?

  2. halo, maaf sebelumnya, mungkin karena penulisannya yang terburu-buru jadi mungkin bisa di koreksi lagi untuk pemilihan katanya yang lebih tepat! tapi prediksi nya oke juga, semoga menggambarkan!

  3. itu peringkat nasional MB Gema Snada Budiniyah Bogor dan STTD Drum Corps Bekasi sama2 22??

  4. Maaf mas admin, saya cuma mau ralat sedikit. Yang ikut tahun ini BCK RUMBAI, bukanlah BCK DURI. Tetapi kenapa yang di bahas BCK DURI?? Mohon di koreksi kembali.. THX..!!

  5. bukannya BCK yg ikut GPMB tahun ini BCK Rumbai? bukan BCK Duri yg selama ini juara divisi sekolah. lain lho Duri sama Rumbai….mohon dikoreksi. Trimakasih

  6. viva MBSSMD!
    get our victory back….

  7. wah maksudnya jng di banding2in mungkin trimakasih

  8. bukannya psumb rangking nasional peringkat 17 ya? mohon dikoreksi, thx

  9. gandhi gentolet...

    huih SMANSA Dpsr di target 1 ma 2 ker…
    mantap jaya….
    hahahaha
    one band
    one heart
    one soul
    SMANSA…

    -gentolet-

  10. terima kasih ralatnya, sudah redaksi edit.

  11. VIVA MB SMANSAA..
    get back our victory..
    TAK GENTAR MENGHADAPAI SEGALA TANTANGAN!!!!

  12. Sanur tetap idolaku…..

  13. ya smoga aja keputusan juri berdasarkan dengan pa yang da tanpa mnambah2 dan mengurang2……

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH