|

JUKLAK GMMC 2010

PETUNJUK PELAKSANAAN
GADJAH MADA MARCHING BAND COMPETITION 2010
Kejuaraan Drum Band Tingkat TK dan SD se – Jawa
A. KETENTUAN UMUM
• Nama Kegiatan
Gadjah Mada Marching Band Competition (GMMC) 2010.

• Bentuk Kegiatan
Lomba Unjuk Gelar (Display) tingkat TK dan SD.

• Penyelenggara
Marching Band Universitas Gadjah Mada, up. Panitia Gadjah Mada Marching Band Competition (GMMC) 2010.

• Tema
”Under the sea”
Sebuah tema yang didedikasikan untuk anak – anak tidak asing dengan dunia laut yang diangkat lewat kartun – kartun atau film animasi seperti Spongebob Squarepants, Finding Nemo, Little Mermaid, Atlantis dll. Suasana alam bawah laut akan tercipta dengan adanya gelembung – gelembung balon dan lainnya yang akan menambah keceriaan dan kegembiraan anak – anak saat kompetisi nanti.

• Maksud dan Tujuan
a. Sebagai wadah untuk mengukir prestasi bagi Drum Band dan Marching Band se-Jawa.
b. Untuk memperkenalkan Drum Band dan Marching Band kepada masyarakat
c. Sebagai salah satu sarana aktivitas kegiatan anak-anak yang sehat, terarah dan bermanfaat bagi pendidikan dan perkembangan anak
d. Menumbuhkan kedisiplinan sedari dini dimulai dari tingkat TK dan SD setingkatnya
e. Mengasah potensi setiap unit Drum Band dan Marching Band se-Jawa.

• Waktu dan Tempat Pelaksanaan
GMMC 2010 akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai hari Sabtu tanggal 1 Mei 2010 hingga Minggu 2 Mei 2010, bertempat di Gedung GOR Sleman, Yogyakarta.
– Uji Coba Lapangan
Hari : Sabtu, 1 Mei 2010
Waktu : 08.00 – 21.00 WIB
Tempat : GOR Pangukan, Sleman
– Lomba unjuk gelar
Hari : Minggu, 2 Mei 2010
Waktu : 07.00 – selesai
Tempat : GOR Pangukan, Sleman
– Technical Meeting
o Technical Meeting I (Audiensi)
Tanggal : Jumat, 26 Februari 2010
Tempat : Ruang Sidang 2, Gelanggang Mahasiswa UGM
Waktu : 14.00 WIB
Acara : Penjelasan petunjuk pelaksanaan lomba.
o Technical Meeting II
Tanggal : Senin, 5 April 2010
Tempat : Ruang Sidang 2, Gelanggang Mahasiswa UGM
Waktu : 15.00 WIB
Acara : Detail penjurian dan pengambilan nomor peserta

• Pendaftaran
a. Pendaftaran dimulai tanggal 5 Februari 2010 dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,00 untuk Divisi Taman Kanak-kanak dan Rp. 325.000,00 untuk Divisi SD.
b. Pendaftaran bagi penilaian Drum Major/Majorette selain Drum Major/ Majorette Utama dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran Rp 40.000,00.
c. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 17 April 2010.
d. Bagi unit yang ingin melaksanakan Uji Coba Lapangan dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000 – per 30 menit atau Rp. 150.000 – per 1 jam (maksimal 2 jam).
e. Pengembalian formulir dan kelengkapan administrasi paling lambat dilakukan pada tanggal 17 April 2010 di Sekretariat Marching Band UGM yang bertempat di Gelanggang Mahasiswa UGM. Keterlambatan pengembalian formulir dan kelengkapan administrasi akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp. 50.000,00 atau unit yang bersangkutan akan ditempatkan pada nomor urut pertama (sesuai dengan kelompok divisi).

• Pengunduran Diri
Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

• Peserta
a. Yang bisa menjadi peserta GMMC 2010 adalah semua unit Drum Band / Marching Band TK dan yang setingkat, SD dan yang setingkat yang berdomisili di Pulau Jawa yang telah mendaftarkan diri dan bersedia menaati ketentuan dan peraturan GMMC 2010
b. Peserta akan dikelompokkan sebagai berikut:
Kelompok Drum Band atau Marching Band Taman Kanak-kanak dan yang setingkat yang selanjutnya disebut Divisi TK. Kelompok ini dibedakan menjadi 3 (tiga) klasemen :
– TK pemula
– TK lanjutan
– TK utama
yang akan tampil (berlomba) membawakan nama sekolah yang bersangkutan.
Kelompok Drum Band atau Marching Band Sekolah Dasar yang selanjutnya disebut Divisi SD. Kelompok ini tampil (berlomba) membawakan nama sekolah yang bersangkutan.

• Komposisi / Kekuatan Band Peserta
1. Divisi TK
– TK Pemula : Pemain musik minimal 20 orang.
Pemain bendera (guard) maksimal 40% dari pemain musik, dibulatkan ke atas.
Jenis alat musik statis tidak diwajibkan.
– TK Lanjutan : Pemain musik minimal 30 orang.
Pemain bendera (guard) maksimal 40% dari pemain musik, dibulatkan ke atas.
Penggunaan alat musik statis tidak dibatasi jumlahnya.
– TK Utama : Pemain musik minimal 40 orang
Penggunaan alat musik statis tidak dibatasi jumlahnya.
Pemain bendera (guard) maksimal 40% dari pemain musik, dibulatkan ke atas.
2. Divisi SD : Pemain musik minimal 40 orang
Pemain bendera (guard) maksimal 40% dari pemain musik, dibulatkan ke atas.
Penggunaan alat musik statis tidak dibatasi jumlahnya.
Pada masing – masing divisi, Official maksimal 15 orang dan dapat dibantu oleh Helper maksimal 15 orang.

• Persyaratan Untuk Pemain
a. Peserta GMMC dari Divisi TK dan Divisi SD dapat terdiri dari siswa/ siswi yang terdaftar di suatu sekolah terdaftar.
b. Alumni suatu Sekolah diperkenankan memperkuat band Sekolahnya (dengan catatan, para alumni merupakan siswa/siswi TK atau SD tersebut yang telah lulus selama 1 tahun). Kuota untuk para alumni ialah 5% dari total player.
c. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia GMMC Tahun 2010 harus disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersang¬kutan.
d. Pemain Divisi TK yang sudah masuk daftar pemain tidak dapat bermain sebagai anggota di Divisi SD dan sebaliknya (tidak boleh didaftarkan sebagai pemain ganda).
e. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa DISKUALIFIKASI dari kompetisi GMMC dan/atau pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya apabila baru diketahui setelah kejuaraan berakhir/ Pengumuman Pemenang/Pembagian Piala.

• Daftar Nama
1. Pada waktunya, baik peserta dari Divisi TK maupun dari Divisi SD akan menerima blangko data team peserta yang wajib diisi oleh peserta. Data team peserta tersebut memuat data pemain dan Official. Setelah blangko data team peserta ter¬se¬but diisi lengkap, harus disahkan oleh Kepala Sekolah, kemudian data team peserta tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat UKM Marching Band UGM atau Panitia GMMC Tahun 2010 selambat-lambatnya tanggal 17 April 2010.
2. Setelah data team peserta tersebut diterima kembali oleh Panitia GMMC Tahun 2010, maka kepada Official yang bersangkutan akan diberikan Kartu Tanda Pengenal untuk diisi dan ditempeli pas photo berukuran (2 x 3) cm. Kemudian setelah diperiksa dan distempel oleh Panitia GMMC tahun 2010, maka Kartu Tanda Pengenal dapat diambil sebelum pelaksanaan GMMC dimulai.
3. “Official” atau “helpers” dari band peserta wajib memakai seragam.

• Urutan Penampilan
1. Terlebih dahulu akan ditampilkan band peserta yang baru pertama kali ikut GMMC dan band peserta yang telah absen sebanyak 1 (satu) kali atau lebih pada GMMC sebelumnya, yang urutan penampilannya ditentukan melalui undian sebagai salah satu acara pada Technical Meeting II.
2. Penampil terakhir pada lomba unjuk gelar untuk masing-masing divisi adalah Juara Umum GMMC 2010 masing-masing divisi.
3. Pelaksanaan pertandingan akan diawali dengan peserta Divisi SD terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan peserta Divisi TK Pemula dan Divisi TK Utama.
4. Atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

• Peralatan
1. Dapat menggunakan peralatan tambahan lain seperti Tongkat, Payung, dan sebagainya.
2. Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen Background, Moving Wall, Gapura, Tenda dan sebagainya), tetapi dilarang menggunakan Property yang bersifat permanen dan atau yang dapat membahayakan keselamatan pemain/penonton. Ketinggian maksimum property ini (backdrop) adalah 2,75 meter dari lantai sudah termasuk penyangga dan panjang maksimum 2 meter, dan lebar maksimum adalah 2 meter.
3. Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (Pit instruments), dapat ditempatkan terlebih dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apa¬bila giliran penampilannya telah tiba dan sekali-kali tidak mengganggu peserta yang ter¬da¬hulu.
4. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan peralatan listrik atau baterai dan sega¬la jenis peralatan yang berbahaya ataupun mengotori arena lomba.
5. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan hewan dan binatang hidup lainnya (burung, ayam dan sebagainya) pada saat penampilan di dalam atau di sekitar arena lomba.
6. Peralatan yang termasuk dalam kriteria membahayakan keselamatan player dan sekitar ialah peralatan yang tajam, runcing, mudah terbakar, dan berlistrik yang mana semua alat tersebut sifatnya hanya sebagai assesoris dan bukan sebagai properti utama yang mendukung penampilan.
7. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.
8. Peserta tidak diperbolehkan membawa rostrum untuk field commander, karena panitia telah menyiapkan/menyediakannya.
9. Pelanggaran atas ketentuan peralatan ini akan dikenakan sangsi penalty.

• Permainan Solo dan Duet pada Penampilan Display
a. Dalam penampilannya, Peserta dapat menampilkan permainan Solo untuk pianika atau perkusi, serta permainan Duet untuk pianika, akan tetapi penampilan Solo atau Duet ini tidak akan diberikan penilaian perorangan.
b. Band peserta dapat menampilkan lebih dari 1 (satu) orang solist untuk permainan Solo dan lebih dari 1 (satu) pasang pemain untuk permainan duet.

B. TATA TERTIB PENAMPILAN
a. Seluruhnya peserta wajib hadir dan sudah menyelesaikan syarat administrasi serta daftar ulang sebelum penampilan.
b. Unit harus siap secara lengkap di tempat yang telah ditentukan 30 menit sebelum giliran penampilan. Setibanya peserta di tempat lomba, official harus segera melaporkan kedatangan bandnya kepada panitia penyelenggara (seksi Roll Call). Kemudian akan diberikan nomor urut yang wajib dipakai oleh Field Commander dan Drum Major.
c. Unit yang hadir terlambat akan tampil pada urutan terakhir di setiap divisi. Bila pada batas waktu yang diberikan unit yang terlambat belum juga hadir, maka unit tersebut akan didiskualifikasi.
d. Official dan Helpers diperbolehkan membantu memasukkan dan mengeluarkan alat pada tempat yang telah disediakan oleh panitia, namun hanya 15 orang Official yang nantinya akan mendapat co-card dari panitia yang boleh berada di arena Official perlombaan saat unit Drumbandnya tampil, sisanya dipersilahkan menunggu di luar arena penampilan.
e. March-in dan March-out
o Unit memasuki arena setelah dipersilakan dan keluar dari arena melalui pintu yang telah ditentukan.
o Selama unit mempersiapkan diri, MC akan membacakan data-data unit sesuai dengan apa yang tertulis pada formulir pendaftaran.
o Waktu yang disediakan untuk march in dan march out selama 3 menit, setting alat selama 5 menit.
f. Performance
Prosedur penampilan diawali dengan MC menanyakan kesiapan dewan juri, kemudian kesiapan band dengan bertanya kepada field commander, “sudah siapkah band anda?”. Kemudian field commander atau drum major menjawab dengan menyiapkan pasukan dilanjutkan dengan penghormatan awal setelah band memulai penampilan. Penampilan dilakukan dengan menghadap ke tribun utama dan berakhir pada saat field commander atau drum major melakukan penghormatan akhir.
g. Sehubungan dengan kenyamanan dan keamanan semua pihak, penonton/ crew/ official dilarang merekam dan mengambil gambar di arena penampilan saat penampilan berlangsung, hanya diperbolehkan merekam dan mengambil gambar dari tribun penonton.

C. KETENTUAN PENAMPILAN
a. Waktu Penampilan
• Penghitungan waktu dimulai sejak alat musik pertama dibunyikan dan berakhir saat field commander melakukan penghormatan akhir. Apabila tidak ada penghormatan terakhir maka penghitungan waktu masih berjalan hingga pemain terakhir keluar dari arena
• Penghitungan waktu penampilan unit juga ditandai dengan lampu hijau (menit ke 0 – batas minimal penampilan), kuning (menit batas minimal – batas maksimal penampilan), merah (melampaui batas waktu penampilan).
b. Pemasanasan (tidak wajib)
Setiap unit boleh melakukan pemanasan sebelum tampil terlebih dahulu, waktu maksimal 2 (dua) menit
c. Waktu Penampilan
• Waktu penampilan display :
1. Divisi TK Pemula 6 – 10 menit.
2. Divisi TK Lanjutan 8 – 10 menit.
3. Divisi TK Utama 8 – 10 menit.
4. Divisi SD 10 – 12 menit.
• Penghitungan waktu dimulai sejak alat musik pertama dibunyikan atau gerakan pertama yang dilakukan setelah penghormatan gitapati (Field Commander) dan paramananda/i (Drum Major). Penghitungan waktu berhenti saat gitapati (Field Commander) memberikan penghormatan terakhir.
• Penghitungan waktu akan terus berlanjut apabila gitapati (Field Commander) tidak melakukan penghormatan terakhir.
• Akan disediakan rambu lampu penanda waktu, dimana :
Untuk Divisi TK Pemula, lampu akan berwarna hijau seiring dimulainya penghitungan waktu penampilan. Akan berubah menjadi kuning setelah menit ke-6, dan berubah menjadi merah setelah menit ke-10, dalam pengertian waktu yang disediakan untuk penampilan telah habis.
Untuk Divisi TK Lanjutan dan Divisi TK Utama, lampu akan berwarna hijau seiring dimulainya penghitungan waktu penampilan. Akan berubah menjadi kuning setelah menit ke-8, dan berubah menjadi merah setelah menit ke-10, dalam pengertian waktu yang disediakan untuk penampilan telah habis.
Untuk Divisi SD, lampu akan berwarna hijau seiring dimulainya penghitungan waktu penampilan. Akan berubah menjadi kuning setelah menit ke-10, dan berubah menjadi merah setelah menit ke-12, dalam pengertian waktu yang disediakan untuk penampilan telah habis.
d. Selama penampilan display, peserta tidak diperkenankan melakukan pergantian pemain dan memasang segala sesuatu, baik yang bersifat permanen atau tidak, yang dapat mengganggu kelangsungan penampilan unit lain.

D. PELANGGARAN
1) Pelanggaran terhadap salah satu ketentuan pelaksanaan/ peraturan lomba dapat berakibat unit peserta bersangkutan dikenai sanksi paling ringan berupa hukuman/ penalty, paling berat diskualifikasi. Unsur-unsur yang dikenai hukuman pinalti :
No Kriteria Penalty
1 Paramananda/I atau Gitapati tidak hormat awal 5
2 Paramananda/I atau Gitapati tidak hormat akhir 5
3 Pelanggaran waktu penampilan 10
4 Pelanggaran penggunaan property penampilan/peralatan (per item) 0,5/ item
5 Pelanggaran komposisi/ kekuatan Band masing-masing divisi 0,5/ orang
2) Pelanggaran yang bersifat non teknis terhadap salah satu ketentuan/ peraturan lomba yang dilakukan unit peserta sebelum lomba berlangsung, dapat berakibat unit peserta yang bersangkutan ditempatkan pada urutan terakhir/ tidak diperkenankan mengikuti perlombaan.

E. DISKUALIFIKASI
Hal-hal yang dapat menyebabkan diskualifikasi adalah sebagai berikut:
a. Unit atau peserta belum mengembalikan/ menyelesaikan syarat-syarat pendaftaran.
b. Memakai pemain yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain dari peserta yang bersangkutan.
c. Peserta membawa alat komunikasi yang memungkinkan peserta bersangkutan berhubungan dengan official saat sedang melakukan pagelaran dan penampilan
d. Mengganggu penampilan unit lain/membuat kegaduhan diluar batas kewajaran dan atau kerusuhan di dalam maupun di luar arena
e. Band yang pemainnya bermain lebih dari 1 (satu) unit/peserta menggunakan pemain yang namanya juga terdaftar dalam data tim peserta dari peserta lain (pemain ganda).
f. Mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh dan melanggar etika/susila/sara, mengejek dan mencemooh dan bersikap menantang terhadap panitia, petugas dan/atau juri yang termasuk dalam jajaran kepanitiaan GMMC 2010.
F. PENILAIAN
1. Divisi TK Pemula dan Divisi TK Lanjutan
1. Penilaian Untuk Band
1. General Effect
– Repertoire……………………………………………………………………….100
– Visual dan Musik………………………………………………………………100
– Integrasi………………………………………………………………………….100
300 : 10 = 30
2. Display & Showmanship (DS) + Marching Manuvering (MM)
– Teknik dan Ragam Gerak……………………………………………………50
– Visual dan Artistik……………………………………………………………..50
– Kerapian dan Kesempurnaan Bentuk………………………………..50
– Timming / Ketepatan Gerak……………………………………………….50
-Integrasi…………………………………………………………………………….50
300 : 10 = 30
3. Analysis Music Melodis
– Musical Effect…………………………………………………………………100
– Teknik…………………………………………………………………………….100
200 : 10 = 20
4. Analysis Music Ritmis
– Musical Effect…………………………………………………………………..100
– Teknik………………………………………………………………………………..100
200 : 10 = 20
Total Nilai = 100

a. Penilaian Untuk Perorangan
1. Field Commander
– Coordination………………………………………………………………….20
– Musicianship…………………………………………………………………..50
– Showmanship…………………………………………………………………20
– Penghormatan………………………………………………………………..10

2. Drum Major
– Coordination…………………………………………………………………..20
– Teknik……………………………………………………………………………..50
– Showmanship……………………………………………………….. ……….20
– Penghormatan…………………………………………………………………10

2. Divisi TK Utama dan Divisi SD
a. Penilaian Untuk Band
1. General Effect
– Repertoire…………………………………………………………………….100
– Visual dan Musik…………………………………………………………….100
– Integrasi…………………………………………………………………………100
300 : 10 = 30
2. Display & Showmanship (DS) + Marching Manuvering (MM)
– Teknik dan Ragam Gerak……………………………………………………40
– Visual dan Artistik………………………………………………………………40
– Kerapian dan Kesempurnaan Bentuk………………………………..40
– Timming / Ketepatan Gerak……………………………………………….40
– Integrasi…………………………………………………………………………….40
200 : 10 = 20
3. Analysis Music Melodis
– Musical Effect…………………………………………………………………100
– Teknik…………………………………………………………………………….100
200 : 10 = 20
4. Analysis Music Ritmis
– Musical Effect…………………………………………………………………..100
– Teknik………………………………………………………………………………..100
200 : 10 = 20
5. Color Guard
– Teknik……………………………………………………………………………….30
– Konstruksi dan Penguasaan Materi……………………………………30
– Vocabullary…………………………………………………………………………20
– Integritas……………………………………………………………………………20
100 : 10 = 10

Total Nilai = 100
b. Penilaian Untuk Perorangan
1. Field Commander
• Coordination…………………………………………………………. 20
• Musicianship…………………………………………………………. 50
• Showmanship……………………………………………………….. 20
• Penghormatan……………………………………………………… 10
2. Drum Major
– Coordination…………………………………………………………. 20
– Teknik……………………………………………………………………. 50
– Showmanship……………………………………………………….. 20
– Penghormatan………………………………………………………. 10

G. KETENTUAN JUARA
1. Untuk penentuan nilai akhir masing-masing peserta pada semua babak, digunakan rumus sebagai berikut :
GE + AMM + AMR + DS & MM = NILAI AKHIR (bagi Divisi TK Pemula dan TK Lanjutan)
GE + AMM + AMR + DS & MM + CG = NILAI AKHIR (bagi Divisi TK Utama dan Divisi SD)
2. Juara I adalah peserta yang meraih nilai akhir tertinggi dengan rumus seperti yang sama.
3. Juara II adalah peserta yang meraih nilai akhir tertinggi sesudah nilai yang diraih oleh terbaik I dengan rumus yang sama.
4. Juara III adalah peserta yang meraih nilai akhir tertinggi sesudah nilai yang diraih oleh terbaik II dengan rumus yang sama.
5. Apabila terdapat persamaan pada nilai akhir atau terdapat suatu TIE (seimbang/ sama), maka cara menentukan pemenangnya adalah dengan membandingkan terlebih dahulu nilai unsur GE dari kedua peserta yang bersangkutan. Peserta yang nilainya untuk unsur GE lebih tinggi itulah pemenangnya.
6. Apabila masih terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur GE, maka untuk menentukan pemenangnya adalah dengan cara membandingkan nilai dari sub caption sesuai dengan urutan :
1. Repertoir
2. Visual dan Musik
3. Integrasi
7. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur Analisa Musik Ritmis, maka untuk menentukan pemenangnya dengan membandingkan nilai dari sub caption sesuai dengan urutan :
1. Penguasaan Permainan
2. Ensemble
3. Tingkat Kesulitan
4. Tempo Lagu
8. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur Analisa Musik Melodis, maka untuk menentukan pemenangnya dengan membandingkan nilai dari sub caption sesuai dengan urutan :
1. Penguasaan Permainan
2. Ensemble
3. Tingkat Kesulitan
4. Harmoni
5. Tempo Lagu
9. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur Color Guard, maka untuk menentukan pemenangnya dengan membandingkan nilai dari sub caption sesuai dengan urutan :
1. Teknik
2. Penguasaan Materi
3. Kekompakan
4. Perbendaharaan
10. Apabila terdapat persamaan nilai akhir pada penentuan pemenang untuk unsur Marching Manuvering dan Display and Showmanship, maka untuk menentukan pemenangnya, dengan membandingkan nilai dari sub unsur-sub unsur sesuai dengan urutan :
1. Teknik dan Ragam Gerak
2. Visual dan Artistik
3. Kerapian dan Kesempurnaan Jajar dan Bentuk
4. Timing/ Ketepatan gerak
5. Integrasi
11. Apabila dengan cara demikian ternyata keadaannya masih sama juga, maka lomba harus diulang kembali antara peserta yang memperoleh nilai TIE tersebut.
12. Yang berhak menjadi Juara Umum pada Divisi TK adalah Juara I Pada Divisi TK Utama.

H. PROTES
Secara keseluruhan hasil yang diperoleh peserta dari penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, walaupun perihal protes adalah hak setiap peserta khususnya pada penjumlahan angka/ nilai yang salah.
Bila peserta GMMC merasa dirugikan, maka hak protes itu dibuat secara tertulis, ditujukan kepada Ketua Panitia GMMC dan ditandatangani oleh Team Managernya dengan membayar biaya protes sebesar Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah), selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian.

I. DEWAN JURI
Setiap mata penilaian akan dinilai oleh 2 juri. Selain berupa angka, setiap juri akan memberikan komentar yang bersifat membangun dan mendukung upaya teknis band yang bersangkutan. Dewan juri terdiri dari tokoh, pengamat dan praktisi drum band/ marching band dari berbagai kalangan yang menguasai bidangnya masing-masing dan semuanya merupakan alumni Marching Band Universitas Gadjah Mada dan tidak terkait dengan kepelatihan sekolah manapun yang mengikuti kompetisi ini. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

J. DEWAN HAKIM
Dewan hakim terdiri dari :
a. 1 orang perwakilan dewan juri, yaitu Ketua Dewan Juri
b. 1 orang perwakilan panitia, yaitu ketua panitia
c. 4 orang perwakilan peserta, yaitu 1 orang perwakilan dari masing-masing divisi yang akan diundi pada saat Technical Meeting II.
Keputusan Dewan Hakim adalah mutlak adanya.

K. PENGHARGAAN
Pada kejuaraan ini, hadiah dan penghargaan yang akan diberikan :
1. Piala bergilir Rektor Universitas Gadjah Mada, untuk Juara Umum masing-masing divisi.
2. Piala untuk Juara I, II dan III masing-masing divisi.
3. Uang Pembinaan (masih dalam tahap konfirmasi) kepada :
a. Juara I divisi TK Pemula : Rp. 600.000,00
b. Juara II divisi TK Pemula : Rp 400.000,00
c. Juara III divisi TK Pemula : Rp 300.000,00
d. Juara I divisi TK Lanjutan : Rp 750.000,00
e. Juara II divisi TK Lanjutan : Rp 500.000,00
f. Juara III divisi TK Lanjutan : Rp 400.000,00
g. Juara I divisi TK Utama : Rp 1.000.000,00
h. Juara II divisi TK Utama : Rp 750.000,00
i. Juara III divisi TK Utama : Rp 500.000,00
j. Juara I divisi SD : Rp 1.250.000,00
k. Juara II divisi SD : Rp 1.000.000,00
l. Juara III divisi SD : Rp 750.000,00
4. Piala untuk Peringkat IV – X, masing-masing divisi.
5. Piala untuk masing-masing unsur penilaian unjuk gelar (display), untuk Juara I, II dan III masing-masing divisi.
6. Medali untuk penilaian perseorangan Drum Major dan Field Commander, bagi Juara I, II dan III masing-masing divisi.

L. PENUTUP
Demikian petunjuk pelaksanaan Gadjah Mada Marching Band Competition 2010. Semoga dapat dilaksanakan dan dipatuhi sebagaimana mestinya. Partisipasi Unit Drum Band Bapak/ Ibu sangat kami harapkan demi kelancaran dan kesuksesan acara ini, dan demi meraih prestasi dan kebanggaan yang tertinggi dari putra–putri Bapak/ Ibu. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 4 Februari 2010
Panitia Gadjah Mada
Marching Band Competition (GMMC) 2010

Pendaftaran dan Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Marching Band Universitas Gadjah Mada
Sekretariat : Gelanggang Mahasiswa UGM
Bulaksumur D-21 Yogyakarta 55281
Website : www.mbugm.org
Email : gmmc@mbugm.org

Contact Person :

Charir (08995055262)
Kiki (08179436663)
Ringga (08563676375)

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=1340

Posted by on Mar 21 2010. Filed under Dalam Negeri, Events, GMMC, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH