|

Jember Marching Band


Sejarah Berdirinya Jember Marching Band :

Berawal dari pemikiran para orang tua murid alumni salah satu unit satuan Drum Band yang memiliki kepedulian dan kecintaan pada seni dan olah raga khususnya kegiatan Drum Band di Jember yang telah berhasil mencapai prestasi peringkat Runer Up pada event Grand Prix Junior Band 2006 di Jakarta, sangat menyayangkan bilamana putra-putrinya tidak dapat melanjutkan sekaligus mengembangkan bakat dan kompetensi anggota serta meningkatkan kepiawaiannya memainkan perangkat drum band, sehingga dengan berbekal semangat yang luar biasa serta pengalaman yang dimiliki dibentuklah satuan unit seni dan olah raga yang berskala besar yaitu Marching Band dengan harapan Jember memiliki satuan unit marching yang mampu lebih memperkenalkan dan mengharumkan Jember di tingkat Nasional maupun Internasional, mulai dari event non kompetisi sampai dengan event kompetisi.

JEMBER MARCHING BAND yang beranggotakan dari berbagai siswa-siswi mulai tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Jember ini dikelola oleh para Orang Tua/Wali anggota dari berbagai profesi yang sangat loyal pada kegiatan pendidikan diluar sekolah dengan satu tujuan mulia “Memberikan wadah dan kegiatan positif serta terarah bagi pelajar/mahasiswa penggemar sekaligus pecinta Marching Band mengingat di Jember belum ada Unit Marching Band berkualitas Nasional yang dapat menampung para siswa & mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi Jember”.

JEMBER MARCHING BAND secara resmi didirikan pada tanggal 19 Januari 2007. Pada awal berdirinya, Jember Marching Band belum memiliki satupun peralatan sendiri untuk latihan. Modal utama JMB hanyalah Semangat dan Kemauan yang sangat luar biasa dahsyatnya, sehingga berkat kerjasama dan komunikasi yang baik, Jember Marching Band mendapatkan pinjaman alat untuk latihan dari beberapa unit drum band/marching band yang aktif maupun yang sudah tidak aktif serta para anggota yang sengaja membeli alat sendiri khususnya terompet dan snare drum, maka latihan dapat berjalan lancar.

Seiring berjalannya waktu serta prestasi telah diraih pada berbagai event baik tingkat Kabupaten Jember maupun Tingkat Jawa Timur, maka seluruh pengurus dan anggota bertekad untuk meningkatkan kualitas Musik dan Tehnik Permainan dengan berupaya memiliki perangkat sendiri. Bermodalkan semangat, kemauan, kegigihan dan kerjasama dengan para donatur, serta sumbangsih para orang tua akhirnya didapatkanlah peralatan yang dibutuhkan yang berstandart nasional serta layak dipakai untuk kompetisi di tingkat Nasional, termasuk pada persiapan mengikuti Grand Prix Marching Band (GPMB) ke 25 di Jakarta sebagai jawaban tantangan yang diajukan kepada kami.


Training Centre di Secaba Jember 2007

Penggagas & Pendiri Jember Marching Band :

Drs.Albert Talapesy
Didik Hariyadi
Ir. Ari Bangun Susatyo
H. Sugeng Yoyok
Dra. Hj. Analis
Sungkono Hadi , SH
H. Pietono
Hery Kertolaksono, ST
Dr. Sunyoto
Edy Susanto, ST
Effendy
Hadrawi, SE
H. Yusuf
H. Sofyan
H. Tri Basuki

Kegiatan JMB selama 2007 – 2009
Tahun 2007 :

  1. Bintang tamu pada Jember Open Band II di Jember
  2. Unjuk gelar pada acara penurunan Sang Saka merah Putih di Alun – alun Jember pada tanggal 17 Agustus 2007.
  3. Unjuk Gelar pada acara Jember Carnival City I dalam rangka Bulan Berkunjung Ke Jember I pada tanggal 26 Agustus 2007.

Tahun 2008 :

  1. Parade Surya Senja di halaman Istana Grahadi pada tanggal 17 April 2008.
  2. Unjuk Gelar pada acaara Penutupan Jember Open Band III di Jember.
  3. Parade Surya Senja pada acara Penurunan Sang Saka Merah Putih di halaman Istana Grahadi Surabaya tanggal 17 Agustus 2008.
  4. Unjuk gelar pada acara Jember Carnival City II bersama MB Semen Gresik dalam rangka Bulan Berkunjung ke Jember II pada tanggal 30 Agustus 2008.

Tahun 2009 :

  1. Unjuk gelar pada acara Jember Carnival City III bersama MB. AKPOL dalam rangka Bulan berkunjung ke Jember III pada tanggal 4 Juli 2009.
  2. Persiapan Kejuaraan GPMB XXV di Istora Jakarta.


JMB dalam event Jember Carnival City III Tahun 2008

SEKRETARIAT :

JEMBER MARCHING BAND
Jl. Karimata 58 Jember – Jawa Timur
Telp : ( 0331 ) 322262, 322147, 3415700
Fax : ( 0331 ) 337923
Email : tribasuk70@yahoo.co.id

Related posts:

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=1513

Posted by on Nov 26 2009. Filed under Corps. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Hanan: Video-video nya kalau ada boleh disertakan ^^ untuk mengenang Terimakasih
  • Rama Pramudya: Kak Yudha memang top membimbing MB Gema Kencana , SD Saraswati 4 Dps
  • jual alat marching band: keren gan eventnya
  • jual alat marching band: selamat bertanding, tampilan kemampuan terbaik kalian
  • syarif: Assalamualaikum Mohon informasi apakah masih ada dokumentasi MB GSWB/DepHut tahun 1997 – 2000