|

Sejarah Piala Hamengku Buwono Marching Band Championships(HBCUP)

Tulisan ini redaksi dedikasikan untuk orang-orang(mahasiswa/i) yang pernah berjuang menyelenggarakan kejuaraan ini sejak tahun 1999 2001 2003 yaitu : Alfiansyah(Qyeng), Asyikin(kinkin), Gultom(gtoms), Syaiful Mustamin(ipul), M Nessekumaren(kumar), Budi Siregar(busmar), Aryo, Alamsyah(alam), Andri Kurniawan, Roy Windi, Kirun, Husein, Joni, Jaimy Azle(jaim), Faiz, Edi, Apri Sugiarto, Mhd Kadri dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu…….

Salah satu ciri khas Hamengku Buwono Marching Band Championships adalah piala. Piala tersebut sangat sakral dan khusus dari Sri Sultan Hamengku Buwono X. Piala tersebut merupakan mahkota dan lambang Kerajaan Ngayogyakarta. Piala tersebut juga diberikan Sri Sultan Hamengku Buwono sebagai cinderamata bagi tamu-tamu istimewa. Piala ini juga dilapisi emas, perak dan perunggu.

Tradisi menarik dalam HB CUP adalah prosesi penyerahan piala juara umum, dengan mendatangkan pasukan Drum Band Kraton dan pasukan pengusung Piala, Penghargaan tertinggi yang berhasil mendapatkan juara umum akan mendapat Piala langsung dari Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang merupakan suatu kehormatan tertinggi. Karena biasanya piala tersebut merupakan cindera mata kerajaan Ngayogyakarta bagi tamu-tamu penting Sri Sultan Hamengku Buwono.

Piala Bergilir Juara Umum Hamengku Buwono Marching Band Championships dengan katup penutup. Katup tersebut sangat berbau wangi khas kraton dan saat acara ditaburin bunga kembang khusus keraton.

Sebelah Kiri PIALA JUARA UMUM GKR HEMAS COLOR GUARD CONTEST , Sebelah Kanan PIALA BERGILIR JUARA UMUM DISPLAY SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO X.

Pasukan Pengusung Piala HBCUP dan diiringi oleh alunan musik Pasukan Drum Band Kraton disertai Pasukan Berkuda Kraton

Piala Bergilir dan Piala juara per-divisi, per-kategori, per-orangan, per-kelompok, sebagian piala lain tidak tampak dalam gambar. Sayang redaksi tidak mendapatkan file gambar piala per divisi/perorangan HBCUP 2003 yang dirancang sangat sportif dan artistik tinggi yang didesign khusus oleh Asyikin(kinkin panitia HBCUP 99,01,03)

Pada HBCUP Tahun 1999, 2001 piala ini dipegang MB Madah Bahana UI, dan HBCUP 2003 diambil alih pulang ke jogja oleh MB UPN Veteran Jogjakarta, bagaimana HBCUP 2005 apakah MB Madah Bahana UI berani bertarung dengan MB UPN Veteran? Redaksi berharap ‘duel’ ini bisa terjadi, atau band-band lain akan merampas piala ini……kita lihat nanti. Selamat berlatih dan bertanding peserta HB CUP 2005, informasi HBCUP 2005 dapat dilihat di http://www.hbcup2005.com

Selamat berjuang panitia HBCUP 2005 !!!

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=405

Posted by on May 16 2005. Filed under Dalam Negeri, Events, HBCUP, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

2 Comments for “Sejarah Piala Hamengku Buwono Marching Band Championships(HBCUP)”

  1. jd ingat jd panitia dlu.

  2. nama2 diatas aku masih ingat wajahnya

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH