|

LIPUTAN HBCUP 2003

Saya tiba di Jogjakarta tanggal 9 juli pagi naik kereta api Taksaka dari Jakarta, langsung menuju ke Among Rogo karena sorenya sekitar pukul empat akan dilangsungkan pertandingan Color Guard Contest, ketika sampai disana tampak umbul-umbul dan spanduk menghiasi jalan dan sekitarnya, kemudian terlihat stand Pearl, stand Merchandise HBCUP, stand C59 dan lainnya,….saya sempat ke meja informasi panitia untuk menanyakan daftar urutan bermain peserta, setelah mendapatkan informasi tersebut saya makan siang di Ayam Goreng Suharti, enak juga ayam nya gurih dan kering, sekitar jam 3 sore saya kembali ke Among Rogo Hall dan membeli tiket VVIP dan masuk untuk menonton Guard Contest, saya memilih tempat duduk yang bisa melihat performance semua peserta. Pertandingan dimulai dengan masuknya Dewan Juri yang berjumlah empat orang yaitu Kiki Djayadiningrat, Sopuan, M Kadri, Joedhi Roemekso, tampak mereka mengenakan seragam kaos biru dan bertuliskan JUDGES di belakang. Sesudah itu dimulai penampilan peserta pertama yaitu DB UGM, THE XC’S CORPS Jakarta, MB UII, DELTA CORP SYMPONY, MB UI, GARUDA INDONESIA FLIGHT, MB ATMAJAYA, NAWALA POS INDONESIA, dan diakhiri MB UNWAMA, beberapa catatan saya dari penampilan performances semua guard terlihat memang menampilkan bentuk dan kreasi bentuk masing-masing sesuai tema yang dibawa band sendiri-sendiri, yang unik juga ketika guard MB UII sebelum memulai menampilkan “goyang Inul” yang dilakukan salah satu guard cowoknya, kocak memang, setelah penampilan semua guard band ditampilkan acara hiburan sembari menunggu hasil rapat dewan juri. Lebih dari satu jam rapat juri dan dihasilkan keputusan dan dibacakan oleh Panitia.

Besok pagi 10 Juli 2003 setelah sarapan pagi saya langsung berangkat ke Among Rogo Hall karena akan dilangsungkan Pearl Percussion Festival tampak didalam arena pertandingan dipenuhi spanduk pearl sebagai sponsor tunggal alat musik. Acara dimulai pukul 09:00 wib dengan masuknya Juri yaitu Mr Jim Casella, Ginanjar Kamil, Bacharuddin. Penampilan peserta dimulai dari MB LISTYA DWIJASWARA, MB UII, MB UPN VETERAN, THE XC’S CORP, MB UNWAMA. Yang berbeda dengan kejuaraan lainnya adalah setiap akhir penampilan peserta dilanjutkan dengan evaluasi 15 menit langsung oleh Mr Jim Casella untuk memberikan masukan-ilmu dan teknik bermain perkusi agar terlihat feedback pembinaan ke unit secara langsung. “So Nice” dan bagus untuk pengembangan perkusi di tanah air. Tampak band yang menunjukkan kelasnya adalah The XC Corps dan MB UPN yang bermain dengan roll-roll dan gerakan effect yg akrab kita lihat di DCI……keren dah ngelihatnya,…..Hasil juaranya dibacakan langsung Mr Jim Casella sebagai Ketua Dewan Juri.

Di akhir acara tampak The XC Corps sebagai Juara Umum Percussion Festival berfoto bersama Mr Jim Casella,…sungguh membanggakan bisa berfoto bersama Pelatih Perkusi Santa Clara Vanguard D & B C.
Menjelang maghrib tampak kesibukan semua panitia memindahkan peralatan dari Among Rogo Hall ke Stadiun Mandala Krida, dan kerja keras panitia patut dihargai karena dengan konsentrasi di dua titik event mereka bisa memberikan pelayanan yang baik. Kerja keras juga malam itu panitia harus menset juga tempat Coaching Clinic di Fak. Kedokteran UGM dan Set Stadion Mandala Krida untuk uji coba lapangan dan persiapan lomba display,…..dan besok siang(11/07) untuk Parade di Jl Malioboro,…kerja keras dub…..! Salut Panitia yang note bannya masih mahasiswa…….sementara kesibukan kuliahnya ditinggalkan…

Tanggal 11 Juli 2003 ada dua event kegiatan yaitu pagi Coaching Clinic, dan sorenya Parade di Jl Malioboro,…saya memilih ke Jl Malioboro untuk melihat Parade dan shopping hehehehehehehehee…:)
Pelaksanaan Parade kali ini tepat waktu dimulai 13:30 dengan penampilan DB TELKOM LANGSA, DB BINA REMAJA, DB PP AL MAWADAH, MB BAHANA PATRA PERTAMINA, DB GITA ARWANA, MB UPN VETERAN, MB GEMA NADA DARUSSALAM, DB GSP SD SURONATAN, MB CDB UNY dan konsentrasi juri terletak di 2 titik satu di podium khusus di Tourism Information Centre, dan satu lagi sekitar 50 meter di Juri PBB Asmoro dan Agus Trihadi terliat berdiri dan berjalan di tengah jalan tempat band akan melewatinya. Memang panas sekali siang itu dan belum lagi membludaknya penonton yang ingin menyaksikan penampilan setiap peserta. Di Finish line ada juga podium kehormatan Sri Sultan HB X sebagai Raja Jogjakarta dan setiap peserta memberikan penghormatan kepada beliau.
Capek juga jalan-jalan melihat penampilan setiap band tapi asik deh….jarang-jarang ada parade event di tanah air apalagi tema parade nya untuk memasyarakatkan Marching Band ke masyarakat. Hasil juaranya tidak diumumkan langsung karena diumumkan pada saat Penutupan acara di Stadion Mandala Krida….. malam-nya saya ke Stadion Mandala Krida dan makan nasi koboi disekitar stadion…..saya masuk ke ruang panitia ….wah masih sibuk semua susah menemui bos-bosnya….ada yang beresin ruangan, set berkas-berkas, dan di lapangan terlihat sedang finishing lapangan dari sound system, spanduk-spanduk, meja informasi, tempat rapat juri , ruang kamar hitung….wah rame dah………sekitar 100 an panitia terlihat kerja keras untuk mensukseskan event terakhir yaitu display………kapan tidurnya ini panitia, oke semangat…!!

Tanggal 12 Jul 2003 sekitar pukul 07:00 wib saya langsung ke stadion dan sempat menonton ujicoba lapangan MB Gema Nada Darusalam Gontor……dan nampak dalam finishing display-nya….kemudian sempat juga jalan jalan di luar stadion melihat-lihat stand-stand yang ada cukup banyak ada stand PT Citra Inti Rama(Pearl), Stand Merchandise HBCUP, stand C 59, stand makanan minuman….saya kembali ke meja informasi panitia dan mencatat jadwal urutan penampilan peserta babak kualifikasi,…saya ingin mewawancarai ketua bidang panitia saja sulit sekali ….lagi sibuk kali yachhhh….ya sutra lah….saya makan siang sembari menunggu pertandingan display kualifikasi……

Saya masuk setelah membeli tiket VVIP agar bisa lihat lebih fokus …..acara display dimulai dengan masuknya juri-juri yang diketuai oleh Singgih Sanjaya terlihat juga Mr Jim Casella yang kali ini menjadi juri General Effect. Dan Penampilan dimulai dengan DB TELKOM LANGSA, DB BINA REMAJA, DB PP AL MAWADAH, MB BAHANA PATRA PERTAMINA, DB GITA ARWANA, MB UPN VETERAN, MB GEMA NADA DARUSSALAM, DB GSP SD SURONATAN, MB CDB UNY.
Penampilan setiap band menunjukkan mulai menaiknya kualitas band-band menengah di tanah air dan pemahaman tentang style marching band juga sudah maju….hal ini tentu akan meningkatkan kualitas band-band di tanah air. Diakhir acara diberitahukan bahwa akan ada pertemuan antara dewan juri dengan manajer-manajer unit untuk mensosialisasikan hasil dan masuknya unit ke divisi I atau divisi II baik DB maupun MB. Acara selesai dan menunggu rapat juri kurang lebih satu jam …..kemudian manajer-manajer unit dipanggil……….
Saya sempat ikut masuk melihat proses sosialisasi hasil penilaian ini ke manajer-manajer unit dan terlihat juga juri-juri memberikan banyak input untuk setiap band guna membenahi bandnya untuk persiapan Final.

Hasil Display Kualifikasi adalah :
Marching Band :
Divisi I :
1. MB UPN Veteran JOGJAKARTA
2. MB GEMA NADA DARUSSALAM GONTOR
Divisi II :
1. MB.BAHANA PATRA PERTAMINA PLAJU PALEMBANG
2. MB.CITRA DERAP BAHANA UNY
Drum Band :
Divisi I :
1. DB.GITA ARWANA SMUN 3 GORONTALO
2. DB.BINA REMAJA TULUNGAGUNG
3. DB.GSP SD SURONATAN MUHAMMADIYAH
Divisi II :
1. DB.GITA SANDY PUTRA TELKOM LANGSA ACEH
2. DB.PP AL-MAWADDAH PONOROGO

Demikianlah hasil display kualifikasi dan semua peserta terlihat puas dengan hasil tersebut…..
Malamnya sekitar jam 2 an, terlihat Ketua panitia, Kabid Event, Kabid Penjurian, Kabid Produksi, bersama Korlap-Korlapnya lagi duduk melepas lelah dan gitaran….:) saya nimbrung aja sampe pagi…..
Paginya saya bangun karena sudah ada yang ujicoba lapangan ,…..nonton dah sambil kucek-kucek mata…..lalau mandi dan makan dikasih panitia trims ya,…..wah kelupaan nih beritahu kalo panitia juga memasang spanduk merah TRENDMARCHING dibawah backdrop Sampoerna…kerennnnnnnn habissssssssss…………..!!!!!

Display Final 13 Juli 2003 dimulai sore harinya dengan penampilan kelas Drum Band divisi II dan I dan dilanjutkan ke kelas Marching Band divisi II dan I, nampak perbedaan dari permainan mereka saat kualifikasi dan agak lebih bersih dan dinamis. Seru banget saat DB SD Suronatan Muhamadiyah baru masuk mendapat sambutan luar biasa dari penonton dan juga saat MB Gema Nada Darusalam Gontor tepuk riuh penonton bersahutan memberi semangat……merinding dah kalo saya yang main….:)

Setelah penampilan peserta dilanjutkan acara hiburan sembari menunggu rapat juri menentukan hasil juara. Pengumuman juara pun dibacakan oleh Panitia dan disambut deg-deg an semua peserta yang defile di tengah lapangan.

Yang jelas Predikat Juara Umum HB CUP itu kembali ke Jogjakarta setelah dari tahun 1999-2002 di pegang MB UI Jakarta. Dua kali disandang MB Madah Bahana UI Jakarta dan satu kali disandang MB UPN Veteran Jogjakarta.
Dan ini menunjukkan kebangkitan marching band di Jogjakarta dan merupakan pemacu keras untuk band-band di luar Jogjakarta untuk terus berpacu keras pada event HB CUP pada 2005. Maju terus berlatih keras karena setiap saat perkembangan marching band di tanah air terus meningkat.

Jogjakarta…“Peace in Jogja”


Baca juga :

Short URL: http://trendmarching.or.id/read/?p=81

Posted by on Jul 15 2003. Filed under Dalam Negeri, Events, HBCUP, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • Yelanda: Maaf apa ada yang tahu dimana bisa mendapatkan buku pengetahuan dasar marching band? Karena saya membutuhkan...
  • devi: slmt mlm.. sy salah satu peserta drumband bahana harapan kalo ga salah th 2004 sy kelas 2 SMP dulu ikut langgam...
  • Maman: Apakah buku ini masih terbit
  • Percussionimasta: Yang dimaksud Indonesia yang mana? Karena Indonesia sudah punya Induk Organisasi permarching...
  • armh: mantap tutorialnya salam kenal ARMH